Ketapang Gilimanuk

Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk, inilah pertama kalinya aku melewati Selat Bali dalam sejarah hidup. Walau pernah ke Banyuwangi dan singgah di Pantai Cacalan Banyuwangi dengan air lautnya yang jernih jika di bandingkan dengan Pantai Ria Kenjeran Surabaya ataupun Pantai Camplong di Sampang, aku belum pernah sekalipun bermain-main dan menikmati udara di Selat Bali ini.

Pertama kali mata memandang di Selat Bali adalah air laut yang jernih, itupun jika aku bandingkan dengan air laut yang ada di Selat Madura. Kalian tahu mengapa air laut di Selat Bali lebih jernih jika dibandingkan dengan Selat Madura? Salah satu faktornya adalah kedalaman dari perairan laut tersebut, jadi perairan laut di Selat Bali lebih dalam jika dibandingkan dengan perairan laut di Selat Madura.


Jarak tempuh antara pelabuhan Ketapang - Gilimanuk lebih lama 30 menit jika dibandingkan dengan jarak tempuh antara pelabuhan Tanjung Perak - Kamal. Hal ini membuat aku berlama-lama di kapal feri dan menikmati indahnya laut antara Pulau Jawa dan Pulau Bali dengan mengambil beberapa view.


Saking jernihnya perairan laut di Selat Bali, tak jarang aku melihat tontonan anak-anak yang berenang di lautan tersebut. Lah, gimana nggak mau renang, warna lautnya yang biru dan kadang bercampur hijau membuat mata takjub akan keindahan lautnya. Aku aja mau menceburkan diri, sudah kalap mata ini dengan keindahan yang ada didepan mata secara langsung.

Sampah-sampah pun tak aku jumpai di perairan laut Selat Bali ini. Beda dengan pemandangan di perairan laut Selat Madura, kebanyakan sampah plastik yang menghiasi keruhnya perairan tersebut.

Di pelabuhan Gilimanuk penjagaannya cukup ketat, kita harus menunjukkan identitas diri kita berupa KTP kalau nggak (lupa nggak bawa) bersiaplah untuk kembali lagi dan dadah good bay untuk melihat keindahan pulau Bali. Jadi, siapkan identitas diri kemanapun kalian berada ya, inipun penting sebagai alat jikalau terjadi apa-apa.


42 comments:

  1. Airnya jernih banget, beda banget sama Surabaya! Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jauh banget kalo dibandingkan Surabaya,,,ini jernih banget :)

      Delete
  2. Aku baru sekali naik feri Banyuwangi-Bali, pas SMP. Nggak lagi deh hahaha numpak pesawat ae :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru nyebrang sekali saja juga mbak,,,semoga selanjutnya pesawat aja ya,,,lebih cepat,,, :)

      Delete
  3. keren banget gan pemandangannya :D
    kapan2 kao ada rezeki ane kesana deh haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,,,boleh,,,semoga rezekinya cepet juga ya,,,biar cepet kesana,,

      Delete
  4. wah indahnya, pantainya bersih airnya biru ... tapi sayang saya belum pernah ke Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh,,,bersih banget mang,,,ayo,,,segera direalisasikan,,kan udah dapat THR,,,

      Delete
  5. kalau saya sama sekali belum pernah tu mbak heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas,,,ntr kalo ada rezeki ajak anak istri liburan,,,

      Delete
  6. eya ampun. Terakhir menyeberangi selat itu pas kuliah. Lama nian ya :))) pengin travelling lagiiiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa,,lama banget itu atuh,,,ayoooo kita traveling lagi,,,

      Delete
  7. kalau nyebrang laut, saya suka rada deg2an :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha,,,pasti takut karam nih mak chi,,,

      Delete
  8. indah sekali mba :) jadi pengen kesana :) .

    ReplyDelete
  9. Ahaaaa ini masih ada kaitan sama Bali. Heihiehie Pokoknya semua yang berbau "BALI" langsung disikat sampai tuntas. Kami, waktu itu, para perwakilan KangGuru Indonesia pernah melakukan Studi Banding terhadap Sekolah sekolah AIBEP di Banyuwangi,. AIBEP singkatan dari Australia Indonesia Basic Education program. Yakni SMA SMA atau sekolah yang dibangun dan dibiayai oleh Pemerintah Australia. Kami menyeberang ke Banyuwangi juga melalui pelabuhan Ketapang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa...keren,,,habis garuda,,naik feri,,,ckckckckck,,enak ya jadi kang asep,,jalan2 gratis pula,,,udah dapat ilmu,,waduh,,,nie harus dilestarikan kang,,,mumpung masih semangat nih,,,boleh ah niru semangat kang asep,,,hehehehe,,,boleh ya kang,,,,????

      Delete
    2. O boleee. Hiehiheie Di Banyuwangi, kami dari Tim KangGuru Indonesia mengunjungi SMP Bustanul Makmur Banyuwangi. Urusan kuliner tentu saja tidak dilewatkan selama di Banyuwangi, termasuk diantaranya adalah Nasi Rawon. Hiehiheiheiheiheiheiehiee. Bole bole semangadssssssss

      Delete
    3. makasih kangggg,,,kang boleh juga tuh kulinernya diceritakan di blog,,siapa tahu kuliner yang kang asep singgahi bisa disinggahi juga kalo kita2 kesana,,,

      Delete
  10. itu kapal fery-nya kecil ya mbak.. beda sama yang di merak-bakauheni

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh,,beda banget,,kan tergantung jaraknya juga,,jarak merak bakauheni kan lumayan jauh,,dan penumpangnya juga lumayan banyak,,,

      Delete
    2. eh iya sih. Aku belum pernah nyeberang ke Bali soalnya mbak :D

      Delete
    3. Aaamiinn.. lebih pengen ke Lombok, sebenernya.. ^_^

      Delete
    4. saya juga pengen kesana mas,,, :)

      Delete
  11. Q dlu nyebrangnya malam mbk jd g klihtn hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,,,eman ya,,padahal indah banget,,,

      Delete
  12. Baru tahu kedalaman laut bisa mempengaruhi kejerniham air ya.
    Bener Selat Madura tuh nggak bersih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,,kedalaman juga berpengaruh buat kejernihan air laut,,,makanya selat Bali jernih banget,,,jika dibandingkan selat Madura

      Delete
  13. Lho kemarin aku sudha komen di postingan ini kok belum muncul ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada mbak el,,,nggak ada komen dari mbak Ely kemarinnya :"(

      Delete
  14. Oh ya sekalian mau bilang mbak jika kamu termasuk yang dapat kiriman kartu pos cantik dari Austria , besok sore mulai pukul 16.00 WIB, akan dipajang kartu posnya di Dunia Ely , silahkan milih postcard yang kamu suka ya, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Ya Allah,,akhirnya dapat juga kartu pos idamanku dari luar negeri,,,,#seneng nggak ketulungan dasar orang ndeso,,,,hehehehe,,,makasih mbak Ely,,,

      Delete
    2. Lho aku khan ornag ndeso mbak hihihih ... ndeso dongeng :)

      Delete
    3. kerenan ndeso dongeng mbak....aku mah mau juga kalo desanya seperti mbak Ely,,,

      Delete
  15. Mau nambahin, maksudnya besok hari Jum'at sore mbak , karena di Jerman sekarang masih hari kamis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke,,,siap,,,segera meluncur hari Jum'at,,,

      Delete
  16. Enak ya Mbak, deket dari Jawa Timur.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya deket banget,,,butuh 8 jam kalo dari Surabaya ke tempat itu,,

      Delete
  17. Berarti semakin dalam semakin jernih begitu, ya, Mbak?

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)