Thursday, July 24, 2014

Ketapang Gilimanuk

Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk, inilah pertama kalinya aku melewati Selat Bali dalam sejarah hidup. Walau pernah ke Banyuwangi dan singgah di Pantai Cacalan Banyuwangi dengan air lautnya yang jernih jika di bandingkan dengan Pantai Kenjeran Surabaya ataupun Pantai Camplong di Sampang, aku belum pernah sekalipun bermain-main dan menikmati udara di Selat Bali ini.

Pertama kali mata memandang di Selat Bali adalah air laut yang jernih, itupun jika aku bandingkan dengan air laut yang ada di Selat Madura. Kalian tahu mengapa air laut di Selat Bali lebih jernih jika dibandingkan dengan Selat Madura? Salah satu faktornya adalah kedalaman dari perairan laut tersebut, jadi perairan laut di Selat Bali lebih dalam jika dibandingkan dengan perairan laut di Selat Madura.

Jarak tempuh antara pelabuhan Ketapang - Gilimanuk lebih lama 30 menit jika dibandingkan dengan jarak tempuh antara pelabuhan Tanjung Perak - Kamal. Hal ini membuat aku berlama-lama di kapal feri dan menikmati indahnya laut antara Pulau Jawa dan Pulau Bali dengan mengambil beberapa view.

Pulau Jawa di lihat di tengah laut


Pemandangan indah di Selat Bali

Saking jernihnya perairan laut di Selat Bali, tak jarang aku melihat tontonan anak-anak yang berenang di lautan tersebut. Lah, gimana nggak mau renang, warna lautnya yang biru dan kadang bercampur hijau membuat mata takjub akan keindahan lautnya. Aku aja mau menceburkan diri, sudah kalap mata ini dengan keindahan yang ada didepan mata secara langsung.

Sampah-sampah pun tak aku jumpai di perairan laut Selat Bali ini. Beda dengan pemandangan di perairan laut Selat Madura, kebanyakan sampah plastik yang menghiasi keruhnya perairan tersebut.

Di pelabuhan Gilimanuk penjagaannya cukup ketat, kita harus menunjukkan identitas diri kita berupa KTP kalau nggak (lupa nggak bawa) bersiaplah untuk kembali lagi dan dadah good bay untuk melihat keindahan pulau Bali. Jadi, siapkan identitas diri kemanapun kalian berada ya, inipun penting sebagai alat jikalau terjadi apa-apa.


Related Posts

Ketapang Gilimanuk
4/ 5
Oleh

44 komentar

Airnya jernih banget, beda banget sama Surabaya! Hahaha..

Aku baru sekali naik feri Banyuwangi-Bali, pas SMP. Nggak lagi deh hahaha numpak pesawat ae :D

keren banget gan pemandangannya :D
kapan2 kao ada rezeki ane kesana deh haha :D

wah indahnya, pantainya bersih airnya biru ... tapi sayang saya belum pernah ke Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk

kalau saya sama sekali belum pernah tu mbak heehee

jauh banget kalo dibandingkan Surabaya,,,ini jernih banget :)

aku baru nyebrang sekali saja juga mbak,,,semoga selanjutnya pesawat aja ya,,,lebih cepat,,, :)

iya,,,boleh,,,semoga rezekinya cepet juga ya,,,biar cepet kesana,,

ayooo,,,bagi cerita mbak,,,

hooh,,,bersih banget mang,,,ayo,,,segera direalisasikan,,kan udah dapat THR,,,

ayo mas,,,ntr kalo ada rezeki ajak anak istri liburan,,,

eya ampun. Terakhir menyeberangi selat itu pas kuliah. Lama nian ya :))) pengin travelling lagiiiii...

kalau nyebrang laut, saya suka rada deg2an :D

indah sekali mba :) jadi pengen kesana :) .

Ahaaaa ini masih ada kaitan sama Bali. Heihiehie Pokoknya semua yang berbau "BALI" langsung disikat sampai tuntas. Kami, waktu itu, para perwakilan KangGuru Indonesia pernah melakukan Studi Banding terhadap Sekolah sekolah AIBEP di Banyuwangi,. AIBEP singkatan dari Australia Indonesia Basic Education program. Yakni SMA SMA atau sekolah yang dibangun dan dibiayai oleh Pemerintah Australia. Kami menyeberang ke Banyuwangi juga melalui pelabuhan Ketapang.

itu kapal fery-nya kecil ya mbak.. beda sama yang di merak-bakauheni

waaa,,lama banget itu atuh,,,ayoooo kita traveling lagi,,,

hahahaha,,,pasti takut karam nih mak chi,,,

makasih,,,ayo kesana rame2,,, :)

waaaa...keren,,,habis garuda,,naik feri,,,ckckckckck,,enak ya jadi kang asep,,jalan2 gratis pula,,,udah dapat ilmu,,waduh,,,nie harus dilestarikan kang,,,mumpung masih semangat nih,,,boleh ah niru semangat kang asep,,,hehehehe,,,boleh ya kang,,,,????

hooh,,beda banget,,kan tergantung jaraknya juga,,jarak merak bakauheni kan lumayan jauh,,dan penumpangnya juga lumayan banyak,,,

Q dlu nyebrangnya malam mbk jd g klihtn hehe

Baru tahu kedalaman laut bisa mempengaruhi kejerniham air ya.
Bener Selat Madura tuh nggak bersih :(

Lho kemarin aku sudha komen di postingan ini kok belum muncul ya mbak?

Oh ya sekalian mau bilang mbak jika kamu termasuk yang dapat kiriman kartu pos cantik dari Austria , besok sore mulai pukul 16.00 WIB, akan dipajang kartu posnya di Dunia Ely , silahkan milih postcard yang kamu suka ya, makasih :)

Mau nambahin, maksudnya besok hari Jum'at sore mbak , karena di Jerman sekarang masih hari kamis :)

wah,,,eman ya,,padahal indah banget,,,

iya mak,,kedalaman juga berpengaruh buat kejernihan air laut,,,makanya selat Bali jernih banget,,,jika dibandingkan selat Madura

nggak ada mbak el,,,nggak ada komen dari mbak Ely kemarinnya :"(

Alhamdulillah Ya Allah,,akhirnya dapat juga kartu pos idamanku dari luar negeri,,,,#seneng nggak ketulungan dasar orang ndeso,,,,hehehehe,,,makasih mbak Ely,,,

Oke,,,siap,,,segera meluncur hari Jum'at,,,

eh iya sih. Aku belum pernah nyeberang ke Bali soalnya mbak :D

O boleee. Hiehiheie Di Banyuwangi, kami dari Tim KangGuru Indonesia mengunjungi SMP Bustanul Makmur Banyuwangi. Urusan kuliner tentu saja tidak dilewatkan selama di Banyuwangi, termasuk diantaranya adalah Nasi Rawon. Hiehiheiheiheiheiheiehiee. Bole bole semangadssssssss

makasih kangggg,,,kang boleh juga tuh kulinernya diceritakan di blog,,siapa tahu kuliner yang kang asep singgahi bisa disinggahi juga kalo kita2 kesana,,,

Lho aku khan ornag ndeso mbak hihihih ... ndeso dongeng :)

Enak ya Mbak, deket dari Jawa Timur.. :D

iya deket banget,,,butuh 8 jam kalo dari Surabaya ke tempat itu,,

kerenan ndeso dongeng mbak....aku mah mau juga kalo desanya seperti mbak Ely,,,

Berarti semakin dalam semakin jernih begitu, ya, Mbak?

Aaamiinn.. lebih pengen ke Lombok, sebenernya.. ^_^

saya juga pengen kesana mas,,, :)

Yuk berkomentar :)