"Gala Yuzawa" My Ideal Japanese Winter Vacation with JR East (Tokyo Rail Days)

Banyak alasan mengapa saya ingin ke Jepang. Negara yang terkenal dengan bunga sakuranya dan dijuluki negara matahari terbit. Saya ingin merasakan sensasi ketika bunga sakura jatuh mengenai kepala saya dan saya ingin berbaring menikmati bunga sakura-sakura itu sambil terus memandanginya. Selain karena terobsesi dengan bunga sakura, saya ingin sekali merasakan 4 musim yang ada di Jepang dan yang paling saya tunggu adalah musim dingin di Jepang sambil memegang butiran salju di jemari saat akan jatuh ke bumi.


MUSIM DINGIN DI JEPANG

Jepang mengalami empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Musim dingin (Winter) adalah musim keempat di Jepang. Musim dingin ini dimulai pada bulan  Desember sampai Februari.

Saat musim dingin, tempat-tempat yang ingin saya kunjungi adalah Festival musim dingin yang melibatkan salju dan es yang diadakan di kota-kota di seluruh wilayah yang kaya salju di Jepang. 


  1. Biasanya di Jepang bagian utara seperti Hokaiddo akan terjadi salju, begitu juga daerah-daerah pegunungan disekitarnya terutama di Sapporo. Selain itu disana juga ada berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan, misalnya saja skating. Selain itu melihat Sapporo Snow Festival yang merupakan salah satu festival musim dingin terbesar di Jepang. Setiap musim dingin, sekita 2 juta orang datang ke Sapporo untuk melihat salju yang sangat indah dan pahatan es yang berjejeran sepanjang Odori Park. Selama 7 hari pada bulan Februari, Sapporo berubah menjadi taman impian musim dingin dengan saljunya.
  2. Otaru Snow Light Path. Festival ini diadakan selama sepuluh hari setiap bulan Februari di Otaru, di mana kota didekorasi dengan lampu dan patung salju kecil. Kombinasi dari kota bersalju dan lentera berkilauan menciptakan suasana yang sangat menyenangkan dan romantis.
  3. Asahikawa Winter Festival berlangsung lebih dari seminggu di awal Februari, memamerkan patung salju terbesar di Jepang. Tempat-tempat menarik lain yang ditemukan di festival ini termasuk sebuah kompetisi patung es, salju dan slide snowmobile rides.
  4. Tokamachi Snow Festival diadakan setiap tahun yang berlangsung selama tiga hari di sekitar hari Sabtu minggu  ketiga Februari di Tokamachi, sebuah kota yang mengalami salah satu tingkat hujan salju tertinggi di Jepang. Pengunjung dapat menikmati banyak patung salju, slide salju dan festival stalls. 
  5. Yokote Kamakura Festival adalah salah satu festival musim dingin di daerah Tohoku yang mulai diadakan lebih dari 400 tahun yang lalu. Malam Festival Kamakura ini diadakan di kota Yokote, Akita.


Sedangkan di Jepang bagian selatan akan merasakan cuaca yang nyaman dan hangat, di Jepang daerah Tengah seperti Tokyo cuacanya sangat nyaman dengan hawa dingin dengan sinar matahari yang menghangatkan. 



Selain festival salju, di Jepang banyak sekali tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi, antara lain :


WISATA SALJU ONSEN

Onsen (air panas) adalah tempat yang bagus untuk menghabiskan waktu santai saat musim dingin, yaitu berendam dengan air hangat alami. Sambil mencelupkan badan di perairan, mandi di udara terbuka dan menikmati pemandangan salju yang sungguh luar biasa. Beberapa onsen yang bisa menjadi pilihan kita antara lain :


  1. Nyuto Onsen berlokasi di pegunungan timur prefektur Akita, yang menawarkan pemandian air panas di pedesaan. Banyak ryokan memiliki onsen yang terbuka dan menawarkan pemandangan salju di musim dingin.
  2. Kusatsu Onsen memiliki volume mata air panas yang besar dan secara konsisten mampu bertahan sebagai tujuan onsen terbaik bagi wisatawan. 
  3. Minakami Onsen yang memiliki pemandian outdoors terluar dan terbesar di Jepang. 
  4. Okukinu Onsen adalah kumpulan empat ryokan panas di sebuah lembah terpencil di pegunungan Prefektur Tochigi.
  5. Manza Onsen merupakan pusat air panas yang terletak 1800 meter di atas permukaan laut, di lereng Gunung Shirane.
  6. Tokachidake Onsen merupakan sekelompok air panas ryokan yang terletak di Gunung Tokachidake, sebuah gunung berapi aktif di Daisetsuzan National Park. 

Sebenarnya dari tempat-tempat wisata yang telah disebutkan di atas, masih ada tempat wisata yang paling recomended banget untuk para turis yaitu Gala Yuzawa. Karena selain letaknya 200 km dari arah utara Tokyo atau yang hanya ditempuh selama 77 menit dengan kereta Shinkansen dari Stasiun Tokyo pun kita bisa menikmati liburan musim dingin yang pastinya sangat seru karena daerah ini terkenal dengan hujan salju yang sangat mengesankan.




Cukup dengan harga USD 224 kalian sudah bisa menikmati tiket kereta Shinkansen, menaiki Gondola, main skating dengan papan seluncur dan baju hangat. Selain itu, kalian bisa memesan tiket kereta di Travel Agent yang ada di Indonesia yaitu di Tokyo Rail Days, jadi saat kita berada di Jepang tak perlu repot-repot lagi untuk membeli tiket kereta.


Tokyo Rail Days sendiri dikelola oleh JR East yang tergabung dalam Japan Rail Group yang memiliki cabang di Indonesia, jadi tak perlu repot lagi jika kita ingin pergi ke Jepang karena di Indonesia sendiri sudah ada Travel Agent nya.

Kereta Shinkansen yang berhenti di stasiun Yuzawa.


Suasana di dalam kereta Shinkansen, bersih dan bikin betah duduk berlama-lama dikursi ini.



Nantinya saat mencapai “snowy wonderland” ini kita tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. 

Pada musim dingin, warga Jepang memiliki cara untuk menghangatkan tubuh mereka, antara lain :




  • Memakai baju hangat. Hal yang paling umum dilakukan tentu saja dengan menggunakan baju hangat.Untuk trend fashion baju musim dingin di Jepang biasanya menggunakan warna-warna berfariasi dari warna gelap hingga terang dan dengan menggunakan berbagai macam aksesoris. Tidak cukup hanya pakai jaket saja karena pastinya kita akan tetap menggigil kedinginan. Ada beberapa lapis pakaian musim dingin di Jepang, yang pertama adalah lapisan dalam yang terdiri dari baju lengan panjang dan celana panjang. Bahan yang biasanya dipakai adalah kain heattech. Meskipun tipis tapi bahan ini dapat menghangatkan badan. Untuk pria, biasanya baju pelapis namanya long john. Setelah memakai pakaian pelapis bisa memakai baju biasa. Tapi jangan memakai baju dengan bahan katun karena malah akan membuat makin dingin. Disarankan memakai pakaian dari bahan Kashmir atau wool. 
  • Duduk dengan kaki dimasukkan ke bawah kotatsu. Kotatsu adalah sebuah meja kopi yang terdapat selimut dibawahnya. Meja ini bukan merupakan meja biasa karena didalam selimutnya, tepat dibawah meja, terdapat alat penghangat. 
  • Memasang penghangat ruangan. Orang Jepang biasanya menggunakan penghangat ruangan untuk menghangatkan suhu didalam rumah. Pembakar yang digunakan menggunakan bahan dasar minyak tanah. 
  • Menempelkan stiker penghangat dengan cukup menaruhnya didalam baju dalam kalian dapat membuat badan terasa lebih hangat lagi selama berjam- jam. 
  • Berendam di Onsen. 
  • Memakai selimut elektronik. Tidak nyaman sekali rasanya jika tidur diatas kasur yang dingin. Oleh karena itu kalian bisa menggunakan selimut elektronik. Selimut yang dapat dialiri listrik ini dapat mengeluarkan panas. Selimut ini bisa digunakan sebagai alas kasur atau sebagai selimut seperti biasa.
  • Menyantap makanan yang berkuah dan hangat. Makanan juga dapat membantu menghangatkan badan kalian. Ada beberapa makanan favorit pada musim dingin di Jepang, contohnya adalah oden.


MAKANAN HALAL DI JEPANG

Ke Jepang selain mencari tempat wisata yang nyaman juga paling penting adalah mendapatkan makanan yang halal. Banyak sekali rumah makan di Jepang yang sudah mendapatkan label halal, antara lain :


1. TOKYO 

Merah Putih Cafe (Indonesia) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim.
Stasiun Kereta Terdekat: Shinokubo 
Shin Okubo Initial House 304, 2-10-9 Hyakunincho, Shinjuku-ku Tokyo 
Telepon: 03-6279-2399 

Bosphorus Hasan (Turki)
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim.
Stasiun Kereta Terdekat: Shinjuku
Dai Ichi Tamaya Bldg., 2F, 3-6-11, Shinjuku, Shinjuku-ku Tokyo
Telepon: 03-3354-7947  

Rasa Malaysia (Malaysia) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Ginza 
4F, Hashimoto Bldg., 1-6-6, Kabukicho, Shinjuku-ku, Tokyo 
Telepon: 03-3209-9315 



2. KYOTO 

Istanbur Saray (Turki)
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Kyoto Shiyakusho-mae 
Matsuki Building 3F, 534-28 Ebisu-cho, North of kawaramachi Sanjo st, Nakagyo-ku, Kyoto 
Telepon: 075-213-2995 

KERALA (India)
Restoran ini menggunakan daging halal.
Stasiun Kereta Terdekat: Kyoto Shiyakusho-mae 
KUS BLD, 2F, Kawaramachi Sanjo agaru, Nakagyo-ku, Kyoto 
Telepon: 075-251-0141 

La Baraka (Moroko)
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Kawaramachi 
Sakura Building B1, 365 Tominaga-cho Bukkoji Kudaru, Kawaramachi st, Shimogyo-ku, Kyoto 
Telepon: 075-352-8208 





3. NAGOYA 

CASABLANCA (Moroko) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Takaoka 
Takaoka Resience 1F, 1-9-14 Izumi, Higashi-ku Nagoya 
Telepon: 052-953-7774 

Turkish Taste (Turki) 
Restoran ini menggunakan daging halal, sang pemilik atau koki adalah Muslim, dan tidak ada alkohol.
Stasiun Kereta Terdekat: Honjin 
2-30-1 Torii-dori, Nakamura-ku, Nagoya 
Telepon: 052-482-8999 

Bunga Raya (Malaysia) 
Restoran ini menggunakan daging halal, sang pemilik atau koki adalah Muslim, dan tidak ada alkohol.
Stasiun Kereta Terdekat: Yabacho 
Asia Tairiku Academy B1F, 4-1-11 Osu, Naka-ku, Nagoya 
Telepon: 052-263-5152 


4. OSAKA 

NazaR (Turki) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Shinsaibashi 
Matsumura building 2F, 1-16-13 Shinsaibashi, Chuo-ku, Osaka 
Telepon: 06-6282-0630 

MUGHAL (Pakistan) 
Restoran ini menggunakan daging halal.
Stasiun Kereta Terdekat: Honmachi 
2F 1-6-7 Nishihonmachi, Nishi-ku Osaka 
Telepon: 06-6110-7371 

SINASOS (Turki) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Umeda 
16-12, Doyama-cho, Kitaku, Osaka 
Telepon: 06-6885-5139 



5. KOBE 

AARTI (India)
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Sannomiya 
Hunter Bldg. 1F, 2-14-13, Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kobe-shi, Hyogo-ken 
Telepon: 078-222-8665 


MURAT (Turki) 
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Sannomiya 
Subway side building 8F, 1-4-5Nakayamatedori, Chuou-ku, Kobe 
Telepon: 078-392-3515 


Cafe Chameau (Tunisia)
Restoran ini menggunakan daging halal dan sang pemilik atau koki adalah Muslim. 
Stasiun Kereta Terdekat: Sannnomiya 
Eru Yamate Building 104, 2-13-9 Chuou-ku Nakayamatedori, Kobe 
Telepon: 078-242-0907 



TEMPAT IBADAH UMAT MUSLIM DI JEPANG

Bagi umat muslim tidak perlu khawatir untuk tidak menemukan tempat ibadah di Jepang. Banyak sekali tempat ibadah yang tersebar disana. Dan belum puas rasanya jika kita sebagai umat Muslim belum ke Masjid terbesar yang ada di Jepang. Dua masjid yang cukup besar dan terkenal di Jepang adalah Masjid Camii Tokyo yang berlokasi di dekat stasiun Yoyogi Uehara, Tokyo dan Masjid Kobe di kota Kobe.


Masjid Camii Tokyo merupakan masjid terbesar di Jepang yang berdiri di atas tanah seluas 734 m2 dengan total luas bangunan 1477m2. Ornamen arsitektural masjid ini sangat indah sehingga orang Jepang non-muslim pun banyak yang berkunjung untuk melihat keindahannya. Masjid ini juga merangkap sebagai pusat kebudayaan Turki.


Masjid Kobe adalah masjid tertua di Jepang, yang dibangun pada Oktober 1935. Masjid ini terletak di Kitano-cho, Kobe. Walaupun pada tahun 1995 kota Kobe dilanda gempa besar yang menewaskan ribuan jiwa tetapi bangungan masjid ini tidak mengalami kerusakan berarti.

Selain dua masjid besar di atas, di Tokyo juga terdapat beberapa masjid/musholla antara lain Masjid Otsuka yang terletak di dekat Ikebukuro, Masjid Dar-el Arqam di Asakusa, Masjid As-Salam di Okachimachi, juga di dalam Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) , Meguro.

Untuk daerah Jepang Tengah, terdapat Masjid Nagoya. Masjid yang berdiri pada tahun 1998 ini terletak di Nakamura-ku, Nagoya dan dapat ditempuh dengan jalan kaki dari stasiun subway Honjin. Masjid ini terdiri atas empat lantai. Lantai satu adalah pusat kebudayaan Islam, lantai 2 adalah tempat sholat untuk wanita, lantai 3 dan 4 adalah tempat sholat pria.

Sementara di pulau Kyushu yang terletak di selatan Jepang, terdapat masjid Fukuoka yang terletak di Higashi-ku, Fukuoka dan dapat dicapai dengan berjalan kaki 1 menit dari stasiun JR Hakozaki.


Upacara Minum Teh di Jepang

Jepang terdapat upacara khusus minum teh yang sudah terkenal kepenjuru dunia. Upacara ini dinamakan cha-no-yu/ chado/ sadou. Dalam upacara ini, jarang terjadi percakapan. Mereka lebih banyak berdiam. Para tamu bersantai dan menikmati suasana tenang yang tercipta dari suara air dan api, aroma dupa dan teh, dan keindahan serta kesederhanaan dari rumah teh dan dekorai musiman yang sesuai.


Mangkuk kemudian disajikan kepada tamu kehormatan (shokyaku, tamu pertama), baik oleh tuan rumah atau asisten. Mangkuk ini diberikan kepada tamu pertama sambil membungkuk. Kemudian tamu pertama ini membungkuk kepada tamu kedua sebagai tanda hormat pada tuan rumah. Mangkuk tersebut diputar untuk menghindari meminum dari bagian depan mangkuk. Kemudian mencicipi teh (1x teguk), setelah itu membisiskan ungkapan yang telah ditentukan, kemudian meminum lagi teh tersebut 2-3 kali, setelahnya tamu tersebut menyeka bagian pinggir mangkuk itu. Kemudian mangkuk diputar kembali ke posisi awal dan diserahkan pada tamu kedua dengan membungkuk. Proses ini terus dilakukan hingga semua tamu sudah meminum teh dari mangkuk yang sama dan posisi mangkuk kembali ke tuan rumah. Di beberapa upacara, setiap tamu akan meminum teh dari mangkuk masing-masing tetapi urutan minum tehnya sama saja.

SISTEM TRANSPORTASI DI JEPANG

Jepang memiliki sistem transportasi yang menjadi salah satu yang paling maju di dunia. Negeri Sakura ini begitu terkenal sebagai sebuah negara dengan sistem transportasi yang sangat nyaman, canggih, aman, dan teratur. Transportasi di Jepang sama seperti di negara-negara lainnya, ada transportasi darat, laut, dan udara. Jasa perkeretaapiannya saja sudah mencakup hampir semua tempat tujuan yang memungkinkan. Selain itu, terdapat sistem jalan bebas hambatan nasional dan juga jasa penerbangan domestik yang maju. Bus dan taksi tersedia setiap saat di kota-kota, sedangkan kapal ferry menghubungkan Tokyo, Osaka dan Kobe dengan pelabuhan-pelabuhan utama di Hokkaido dan Kyushu. Selain itu, Jepang menawarkan jasa penerbangan internasional yang komprehensif melalui 2 perusahaan penerbangannya, yaitu Japan Airlines dan All Nippon Airways serta menjadi tuan rumah bagi pesawat penumpang asing yang terbang ke seluruh dunia.



Tertarik pergi ke Jepang juga untuk menikmati musim dingin disana, atau hanya sekedar ingin menikmati kereta Shinkansen dengan kecepatan 300 km/jam? Atau menikmati keindahan bunga sakura sambil menikmati Udon atau Yudofu. Buruan wujudkan mimpimu sekarang :)


Untuk lebih lengkapnya mengenai Gala Yuzawa, kalian bisa langsung mengunjungi :
Website : http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
Fanpage FB : https://www.facebook.com/id.jprail 





Referensi :
  1. http://j-cul.com/tempat-terbaik-menemukan-salju-di-jepang-part-1/ 
  2. http://pengenliburan.com/tips-seputar-pakaian-musim-dingin-di-jepang.html 
  3. http://halojepang.blogspot.com/2012/12/menghangatkan-diri-pada-musim-dingin-di.html 
  4. http://nihongojepang.blogspot.com/2013/08/kereta-tercepat-shinkansen.html 
  5. http://traveliburan.blogspot.com/2014/07/tokyo-camii-masjid-terbesar-tokyo.html 
  6. http://www.jepang.net/2013/10/daftar-restoran-halal-di-jepang.html 
  7. http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/

150 comments:

  1. Jepang itu salah satu destinasi impian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, salah satu impianku juga :)

      Delete
    2. Assalamualaikum wr wb, Mba Dwie'x Someo. Teirma kasih sudah kirim Twitterkesaya. Sebelumnya saya mohon mangap eh maaf karena sudah beberapa hari terakhir belum sempat posting artikel baru, kunjungan blogwalking dan mampir ke blog mba Dwie'x Someo ini.

      Saya dan istri saat ini sedang ada keperluan di Jogjakarta. Sudah di Jogja sejak tanggal 16 Februari 2015 yang lalu. Belum sempat posting baru,BW atau pun kemana mana. Agak susah akses WIFI di Hotel tempat saya tinggal sekarang ini. Posisi kami sekarang di areal Sosrowidjayan-Malioboro. Jogjakarta. Jadi mohon sampaikan salam saya buat sahabat blogger KPK, dan semua semuanya deh

      Insya Allah jika sudah ada waktu luang, langsung saya BW BW lagi.

      Delete
    3. waalaikumsalam kang asep..wah enak ya yg lagi jalan2 ke jogja...mampir donk ke surabaya kang...tengokin aku ini...hehehe..oke kang asep ntar jangan lupa kita saling bewe ya utk menjaga silaturahmi ini...

      Delete
    4. Semoga menang. Impian anakku iki Mbak bisa ke Jepang. Kalau aku penginnya umroh atau pergi haji :)

      Delete
    5. Amiien Ya Allah....aku juga pengen sekali mbak Umroh dan Haji..semoga semua impian kita tercapai :) amiien

      Delete
  2. Negara Jepang itu hampir mirip dengan Indonesia...banyak ragam budaya dan tempat-tempat wisata yang indah utk dikunjungi.. Menariknya nih, orang Jepang itu menjunjung tinggi adat istiadat mereka...hal ini terlihat dari beragamnya festival budaya yang kerap diraayakan warganya.. Jamannya aku SMA dulu aku punya sahabat pena orang Jepang, namanya Yoko Murayama tinggalnya di Okinawa... Entah apa kabarnya dia sekarang krn sejak menamatkan SMA kami hilang kontak... Pengen juga nih jalan2 ke Jepang siapa tahu bisa menncari jejak dan menemukan kembali sahabat penaku ini... Btw, artikelnya kompil banget ttg Jepang... sukses ya dgn GA-nya semoga berjaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Rita bener banget...Jepang masih memegang adat istiadat mereka...makanya aku pengen sekali kesana.. :)

      Delete
  3. ternyata banyak sekali ya tempat berlibur di jepang ... kalau saya gak bisa main esketengan mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bukan eskatengan tapi eskating hehehe

      Delete
  4. Waah... jadi pengen ke Jepang ^o^ Ayo mbak ke sana :D:D

    ReplyDelete
  5. Wah, ini judulnya wisata muslim saat winter di Jepang ya.... Itu foto yang pertama menggiurkan, camping di bawah pohon sakura. Duhh... good luck mbakku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 sofia :) tulisanmu kern banget loh...

      Delete
  6. aku belum pernah ke jepang dan pengeeen bangeeet hehehehe...banyak tempat cantik ya :). Good luck with the competition..

    ReplyDelete
  7. seru artikelnya...
    jd kepingin ke jepang jg :D

    ReplyDelete
  8. aku suka salju dan makanan hangat berkuahnya Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh itu mah aku demen juga, yuk kita ke Jepag bareng2 :)

      Delete
  9. Komplit banget!

    Beberapa masuk list aku hehehe
    good luck ya mbak!

    ReplyDelete
  10. festival festivalnya seru yaaa.. tempatnya juga cantik-cantik...
    Semoga segera ke sana, mak! :D

    ReplyDelete
  11. Lengkap banget mbak.. jadi tambah pengen ke sana. Gut lak ngontes nya ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiien makasih ya mbak..yuk kita sama2 ke Jepang :)

      Delete
  12. semoga suatu saat bisa ke jepang ..aaamiin..

    ReplyDelete
  13. Jepang adalah di antara negara tujuan saya. Pakai jasa Tokyo Rail Days asyik kayaknya. Makasih banyak ya, Mbak.

    ReplyDelete
  14. Huhu ayoo Mbak ke Jepanggg~
    Sukses untuk kita semuaaa

    ReplyDelete
  15. Komplet bangeet mak....semoga menang yaaa

    ReplyDelete
  16. Semoga sukses ngotesnya mbak, waspadai kontes blog versi Bblog berdasarkan uniq klik ke posting ini, jadi sebar sebanyak-banyaknya link posting ini ke semua blogger... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak Yuni...Ya Allah...alhamdulillah ada yg ngasih saran :)

      Delete
  17. Aku pengin juga ke Jepang liat bunga sakura yang imut itu. Smoga menang ya :)

    ReplyDelete
  18. Kangen Jepang.
    Komplit banget Mba ulasannya.

    ReplyDelete
  19. Jepang ? main di salju ? ajak-ajak ya....Mba.
    jangan lupa oleh-olehnya nanti.... sukses untuk lombanya mba

    ReplyDelete
  20. Semoga menang ya, Mbaaaak.. :D Aku pun pengen banget ke Jepang. Hihihi.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kita berangkat banreng aja mbak zach :)

      Delete
  21. Komplit banget mak infonya...! Pengen juga jalan2 ke Jepang, tp belum memungkinkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, ayo mak kita berangkat bareng ajak suami kita juga :)

      Delete
  22. ah selalu mendayu2 gini kalao liat postingan ttg jepun heheheh....
    sukses lombanya ya Mba, mampir jg yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pastinya, jepang salah satu destinasi impian juga :)

      Delete
  23. panjang banget postingannya. saya mulai baca darimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha mulai dari tengah juga gpp hehehe :)

      Delete
    2. musti dari awal dong
      ntar saya setrap nie...

      Delete
    3. hahaha..mas marnes main sentrap2an nih :)

      Delete
  24. Bagus bnget ni tulisan
    kalah ni saya haha
    saya juga ikutan kontes ini
    salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga..yuk ah kita ke Jepang bareng :)

      Delete
  25. yang paling populer dan banyak diminati wisatawan adalah saat musim salju tiba ya mbak, dan kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa dengan banyaknya bagunan dan miniatur yang terbuat langsung dari es :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saljunya ituloh yg bikin kita klepek2..duh kapan ya bisa lihat salju beneran :)

      Delete
  26. Setelah baca ulasan Mbak Dwiex'z Someo diatas tentang Gala Yuzawa yang sangat lengkap, saya jadi pingin untuk pergi ke Negeri Sakura Jepang dan ingin melihat Tokamachi Snow Festival lebih dekat. Apalagi sudah cukup banyak makanan halal yang tersebar di setiap kota di Jepang. Hal ini tentu membuat kaum muslim tidak ragu lagi untuk menikmati liburan musim dingin di Jepang. Segera meluncur ke jp-rail-id.com mbak untuk mendapatkan informasi selengkapnya jika ingin berlibur ke Jepang. Terima kasih informasi nya Mbak Dwiex'z Someo. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mas Dory, mas Dory kalau mau ke Jepang gpp kok ngajak saya, saya bersedia..hahaha

      Delete
  27. One of my dream destination nih mak. Kayanya si musim apapun ke Jepang akan selalu menyenangkan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, itu mah salah satu impianku juga kok..hehehe

      Delete
  28. Walaupun jauh, jalan2 ke jpg msh bs nemu mknn halal.... Smoga sukses ngontesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih ada makanan halal ternyata..makasih ya :)

      Delete
  29. Keren banget , sugoiiiiii Dewi San, apalagi bisa jalan2 di Jepang lagi mah sebuah impian yang terpampang nyata sekali, semoga menang ya, good luck Dewi san *ganbatte ne* Yosh menyemangati diri sendiri

    www.salmanbiroe.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..oke2 makasih ya mas Faris udah mampir kesini..semoga ntar beneran bisa megang salju :)

      Delete
  30. maigat!
    banyak bangetttt festival musim dingin di jepanggg.
    jadi pengen ke sanaaa dan lebih dari sekedar main saljuuu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak pastinya, apalgi berfoto didepan bunga sakura ya :)

      Delete
  31. Postingannya lengkap banget mbak, lagi ikutan kontes lagi kah?

    ReplyDelete
  32. Dibandingin Korea, lebih suka masakan Jepang. Korea itu rasanya nggak jelas, kebanyakan saos. Tak doain berangkat ke Jepang ya :))

    ReplyDelete
  33. Sukses ya mak... ikut-ikutan panggil emak

    ReplyDelete
  34. aku ingin ke Tokamachi Snow, mumpung festivalnya masih berlangsung, nonton sambil berdingin dingin ria, sangat menyenangkan.. (mimpi)

    ReplyDelete
  35. wooow lengkap bingiitt.. aku juga pengen ke jepang. main saljuuuu...
    good luck ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak winda..salju pengen banget deh...

      Delete
  36. Cakep artikelnya
    Semoga bisa berangkat ke Jepang
    Saya pernah ke Tokyo selama 4 hari, sayangnya belum jadi blogger kala itu sehingga tak banyak catatan yang saya buat
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih pakde, amiien makasih banyak pakde...wah 4 hari ya..senangnya deh bisa ke Jepang dan keliling dunia :)

      Delete
  37. gimana kalao ke Jepangnya bedua saja?

    ReplyDelete
  38. aku juga mimpi pingin ke Jepang
    wih lengkap tempat dan yang mereka lakukan
    semoga mimpi terwujud
    oh ya gambarnya ada yg g ada sumbernya tuu

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk kita ke Jepang rame2 yuk lihat bunga sakura ama salju...keren paling ya...hehehe..oke makasih mas, dah ngasih tau :)

      Delete
  39. Minum teh di bawah pohon sakura :D
    Mantap ituh mbak.. btw ini blog competition toh. Wah pengen ikutan klo hadiahnya beneran ke Jepang :o
    Tp udh liat content blog mbak ky gini, haduuh merasa ga bakal bisa ngalahin blognya mba -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap banget ya pastinya, asik juga donk...mau liburan ke Jepang juga nggak...hehehe :)

      Delete
  40. Mak dwi, baca ulasanmu daku jd tambah pengen ke jepang nih mak. Tanggung jawab hayo...hihihi.
    Tfs infonya ya mak. Lengkap bin kumplit bin mantab jaya. Sukses buat mak dwi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...ayo wes kita ke Jepang bareng2 aja...mau kan..hehehe ikutan juga yuk :)

      Delete
  41. Jepang itu termasuk salah satu negara yang kaya akan budaya

    ReplyDelete
  42. ngliat peta saljunya, baru tau kalo gk semua daratan Jepang ini bersalju yah.....infonya lengkap banget mbak tjantiiik.....gd luck yah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak bumil, semoga cepet nular ke aku ya :)

      Delete
  43. Wah jepang emang tempting banget ya buat dikunjungin, tapi ya budgetnya itu mbak gak nahaaaannn. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nggak nahan banget kalo bayar sendiri :)

      Delete
  44. wow pemandangan jepang ternyata tidak seperti dalam pikiranku, selama ini saya memiokirkan jepang adalah negara yang maju dan canggih penuh dengan mesin dan gedung pencakar langit. ternyata disana ada tempat tempat wisata alam yang keren keren habis. luar biasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Jepang luar biasa ya untuk tempat wisatanya...kamu nggak pengen ke Jepang mas?

      Delete
  45. Woow! super komplit! Semoga, Mbaklah juaranya yaa, dan semoga terwujud impiannya.
    Jadi nggak ragu deh, memilih jepang sebagai tujuan wisata. Masjid dan makanan adalah utama. Thanks banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak, makasih sudah berkunjung... :)

      Delete
  46. Destinasi lanjut kuliah wilayah Asia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..keren amiien ya..ntar aku ikutan :)

      Delete
  47. Teman saya, satu kantor, baru aja pulang dari Jepang. Dia baru saja mengikuti Konferensi Wartawan Scientific dan Investigasi di Prefekture FUKUSHIMA di Jepang. Lokasi tempat dia konferensi adalah lokasi SIAGA SATU saat terjadi musibah Bencana Kebocoran reaktor Nuklir.pada tahun 2011 yang lalu.

    Dia bilang bahkan sampai sekarang Tahun 2015 pun se wilayah FUkushima Jepang masih mengandung Reside RADIO AKTIP walau kadarnya sudah sangat aman. Dia makan Mie rebus di sebuah kedai di Fukushima pun masih mengandung Radio Aktif namun dalam batas yang sangat aman untuk dikonsumsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kang asep,,,makasih atas infonya ya...bermanfaat banget kang...ini berguna sekali. kang asep emang cihuy deh pokoknya..makasih buat kang asep :)

      Delete
  48. Really appreciate your inspiring blog <3

    xoxo
    http://singingthumbelina.blogspot.com

    ReplyDelete
  49. Saya kira Mbak sendiri yang ngadain kontes, he-he. Semoga sukses GA-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiien makasih..nggak mas..malah saya ug lagi ikutan kontes ini :)

      Delete
  50. Mupeng asli liat semua foto dan keterangan artikel ini. Aku jadi inget conan dan naruto. Apalagi pas bagian yg mandi di pemandian air panas itu...ihh..penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pengen mak bermain kesini..ke Jepang maksudnya hehehe

      Delete
  51. Sukses dengan kompetisinya ya Mak, supaya nggak penasaran sama si Salju

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya mak...amiiien atas do'anya :)

      Delete
  52. Lengkap semua yg serba dingin2 di Jepang.... Mungkinkah ada penjual es cendol disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha semoga aja ada ya...cendol asli indonesia emang super uenak :)

      Delete
  53. Waduh lengkapnya :). Pengen juga suatu saat ke sana. Good luck Mak :)

    ReplyDelete
  54. Wah, pasti seru ya winter di Jepun. Hehe...sukses ya mak lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pasti seru abiz..makasih banyak ya :)

      Delete
  55. Pengen keJepang. Menikmati tradisi minum teh yg terkenal khidmat juga shalat di masjidnya yg beraksitektur khas timur tengah :) makasih sharingnya komplit nih mbak

    ReplyDelete
  56. waahhhh dahsyat mak, informasinya lengkap bgt , semoga menang ya mak

    ReplyDelete
  57. Komplit plit pake telor mba infonya, sukses ya mba lombanya n salam kenal :)

    ReplyDelete
  58. uwaaa komplit bangett,salah satu destinasi impian nih Jepang,semoga kita bisa kesana,gratis aamiin hahaha....
    pingin banget berendam di onsen,^^
    gutlak ya mbak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak mbak hanna...aku pengen juga mbak nyelup di onsen :)

      Delete
  59. Adududuh...itu foto2 makanannyaaaa.... slrupppp...nyam-nyam-nyam.....
    Btw, kalo mo jalan2 gitu emang penting banget ya ngantongin info tentang tempat2 yang ngejual makanan halal. :) Semoga menang ya, Mbak. Kalau ke sana, pulangnya bawain Doraemon untukku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiien hahahaha..doraemon pasti senang bisa bertemu dengan para fans nya :)

      Delete
  60. Wuah lengkap bangeeet, jadi pengen kesanaa :3
    mampir juga ya mak ke sini http://daridan.blogspot.com/2015/03/tidur-di-musim-hujan-bermimpi-di-musim.html lagi sepi alien -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke..segera mampir makasih banyak ya semoga kita bisa kesana bareng2 :)

      Delete
  61. ngiler banget sama postingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...ayuk kita pergi kesana :)

      Delete
  62. Suka dengan referensi masjid dan makanan halalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak Fenny sebagai umat muslim paling nggak kita memikirkan hal itu :)

      Delete
  63. Aku ngga tahan dingin makanya ngga ikutan apalagi yg ikut blogger keren2semua pesimis duluan hihihi...kalopun boleh menghayal ke Jepang lg pengennya di bulan April saat sakura bermekaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku juga pengen banget loh lihat bunga sakura :)

      Delete

Yuk berkomentar :)