Taman Ekpresi Surabaya Tempat Nyaman Untuk Membuang Penat

Taman Ekspresi merupakan salah satu taman yang ada di Kota Surabaya. Taman Ekspresi ini terletak di Jalan Genteng Kali, disebelah SPBU Genteng Kali dan berada persis di depan Dinas Pendidikan Jawa Timur.


Taman Ekspesi yang berada di samping Sungai Kalimas ini diresmikan oleh Walikota Surabaya yakni Ibu Tri Rismaharini pada tanggal 7 Mei 2011. 


Pantas saja jika diberi nama Taman Ekspresi, karena pada saat aku menginjakkan kaki ditempat ini banyak sekali karya seni yang bisa aku lihat. 



 Menurut yang aku baca dari berbagai sumber, karya seni itu adalah buatan anak jalanan dengan cara mengekspresikan barang-barang rongsokan/bekas yang menjadi karya seni luar biasa. 



Alat-alat dapur seperti panci, dandang, wajan dihias dan dimodel sedemikian rupa hingga menjadi bentuk robot.



Selain itu knalpot-knalpot bekas dengan bermacam-macam ukuranpun dan bentuk tak kalah serunya diubah menjadi bentuk robot yang keren. Benar-benar karya seni yang harus dilestarikan. 



Nggak hanya itu masih ada vespa-vespa tua yang sudah rusak dengan hiasan baut-baut yang menghiasi bagian vespa tersebut sehingga menyerupai bentuk yang sangat unik dan funky.


Mungkin sebagian orang belum tau atau belum pernah mendengar nama Taman Ekspresi ini. Dari luar memang terlihat sempit namun jangan salah jika sudah memasuki taman ini, karena ternyata taman ini cukup luas juga untuk para warga yang ingin mencari kesejukan dan kenyamanan di tengah kota dengan padatnya kendaraan. 


Rasa panas, sumpek, dan polusi dimana-mana akan hilang jika telah memasuki kawasan Taman Ekspresi ini, beraneka ragam tanaman akan menambah sejuknya tempat dan pikiran siapa saja yang berada di taman ini.



Pohon besar dan sangat menyejukkan sangat bermanfaat bagi para pelajar dan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kelompok dengan teman-temannya. Taman bermain untuk keluarga, dimana kita bisa menikmati ayunan dan mainan lainnya.


Disinilah para keluarga berkumpul dan bermain, membuang penat dirumah dan mencari tempat yang nyaman di tengah hiruk pikuk Kota Surabaya.



Tempat duduk yang lumayan banyak, dan unik dengan bentuk huruf-hurufnya menambah ekspresi taman ini menjadi indah.




Adanya perpustakaan dengan macam-macam buku ilmu pengetahuan, buku agama, hingga buku cerita sangat membantu sekali bagi para pengunjung untuk menghilangkan jenuh sembari membaca buku dibawah rindangnya pohon. 



Diperpustakaan ini juga disediakan wifi dimana kita bisa berselancar didunia maya untuk mencari apa saja yang kita mau.




Atau bagi kalian yang suntuk bisa juga bermain ayunan yang ada persis di pinggir jalan dan sungai Kalimas ini. Sesekali melihat kendaraan yang berlalu lalang dan orang-orang yang lagi memancing. 


Biasanya keluarga yang membawa serta anak mereka pasti tujuan utamanya adalah bermain ayunan dan plosotan. Dimana lagi ada tempat bermain yang sejuk dan gratis selain di taman-taman Surabaya ini.



Ada Hewan Apa Saja Di Taman Ekspresi?
Nggak hanya itu, jika kalian termasuk pecinta hewan khususnya kucing disini ada 7 kucing ras dan 1 kucing kampung. 



Dimana pada saat aku bermain ke Taman Ekspresi untuk menghilangkan penat aku bisa melihat dan bermain dengan hewan kesayanganku ini.



6 kucing ras sedang berada didalam kandangnya, 1 kucing ras bermain dengan lincahnya kesana kemari, sedangkan 1 kucing kampung memang sengaja dibiarkan hidup bebas di Taman Ekspresi ini. 


Nggak hanya kucing, ayam kate yang kecil dan imut-imut juga menambah keakraban antara kucing dengan ayam. Benar-benar suasana yang begitu bersahabat, melihat hewan-hewan itu hidup bersama.






Larangan di Taman Ekspresi

1. Tidak boleh menginjak rumput dan tanaman



2. Tidak boleh memetik bunga



3. Tidak boleh membuang sampah sembarangan, buanglah pada tempat yang telah disediakan


4. Tidak boleh membuang sampah ke Kali



Salam,
Dwi Puspita



No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)