Serunya Festival Bunda Generasi Maju Bersama SGM Bunda Di Surabaya

Assalamualaikum sahabat Dwipita...


Seperti tahun-tahun sebelumnya, SGM Bunda mengadakan acara untuk ibu hamil loh. Acara tahunan dari SGM Bunda ini patut diapresiasi karena sangat membantu sekali buat para ibu hamil untuk mendapatkan ilmu seputar kehamilan dan pastinya ilmu masa kehamilan yang penting untuk Bunda dan janinnya.




Saya pun menghadiri acara ini dengan sangat antusias untuk mendapatkan berbagai ilmu seputar kehamilan pastinya. Bertempat di Lapangan Parkir Grand City Surabaya saya pun dan para Bunda lainnya datang untuk seru-seruan di acaranya #FestivalBundaGenerasiMaju dan pastinya seperti yang sudah saya jelaskan bahwa kami datang ke acara ini untuk mendapatkan ilmu tentang kehamilan. Festival Bunda Generasi Maju merupakan acara yang diperuntukkan untuk ibu hamil dengan beragam kegiatan edukatif dan menyenangkan.



Penasaran kan kegiatan seru apa saja yang ada di acara Festival Bunda Generasi Maju. 

Talkshow dengan dokter kandungan seputar nutrisi penting kehamilan

Saya mendapatkan ilmu tentang masa kehamilan dan nutrisi apa saja sih yang dibutuhkan oleh ibu hamil agar janin yang di dalam kandungan mendapatkan kebutuhan nutrisi yang pas dan tepat. 1000 hari pertama kehidupan sangat penting sekali loh sehingga nutrisi di masa kehamilan penting sekali untuk diperhatikan demi si kecil oleh para ibu hamil. Masa kehamilan adalah periode awal dari 1000 hari pertama si kecil yang penting untuk kualitas masa depannya.



Bunda dan Ayah harus mengetahui akan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan ini. 1000 hari pertama kehidupan rentang waktunya sangat terbatas, karena itu disebut juga dengan periode kritis. Apabila ada nutrisi dan stimulasi yang tidak terpenuhi, akan menyebabkan kerusakan permanen di masa mendatang dan tidak bisa diperbaiki.

Di Minggu ke 4 kehamilan, tabung saraf (Neural Tube) juga sudah selesai terbentuk. Perkembangan otak tercepat terjadi pada periode ini, bahkan mencapai 80% ukuran otak orang dewasa. Tidak hanya genetik saja, namun nutrisi dan stimulasi yang optimal selama 1000 hari pertama kehidupan akan menentukan kemampuan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.


Apabila nutrisi dan stimulasi selama 1000 hari pertama kehidupan tidak terpenuhi maka tumbuh kembang anak akan terganggu. Tinggi dan berat badan rendah, kognitif atau kecerdasan rendah, dan meningkatnya resiko penyakit tidak menular. Oleh sebab itu nutrisi pendukung selama 1000 hari pertama kehidupan sangat penting dengan kualitas nutrisi yang diberikan sejak masa pra kehamilan, kehamilan, dan menyusui.

Asupan nutrisi harus diperhatikan pada masa ini, karena pada masa inilah berlangsung perkembangan optimal untuk menjadi anak generasi maju dengan 5 potensi prestasi : cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel, percaya diri.



Selama masa kehamilan, kebutuhan nutrisi makro dan mikro meningkat untuk itu ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Karena menurut survey, 1 dari 2 ibu hamil di Indonesia mengalami anemia dan kekurangan mikronutrisi seperti zat besi dan asam folat.



Beberapa dampak anemia pada ibu hamil :
1. Bayi lahir prematur
2. Berat badan bayi lahir rendah
3. Kematian bayi dalam kandungan

Anemia pada ibu hamil disebabkan karena kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan mencakup zat gizi makro dan mikro tidak mencukupi. Untuk itu ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Yang merupakan zat gizi makro yang dibutuhkan ibu hamil antara lain karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan zat gizi mikro yang dibutuhkan ibu hamil : zat besi, asam folat, kalsium, dan vitamin D.



Makanan harian ibu hamil belum tentu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Untuk itu peran susu formula pada ibu hamil sangat penting, karena :

1. Membantu mencukupi asupan nutrisi makro atau mikro, khususnya formula yang tinggi kandungan zat besi dan tinggi asam folat.

2. Melengkapi konsumsi makanan bergizi dan seimbang agar ibu hamil tetap sehat

3. Gizi si ibu optimal, dengan begitu artinya Bunda mendukung anak generasi maju untuk capai potensi prestasinya yaitu cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel, dan percaya diri.

SGM Bunda dengan formula Complinutri membantu penuhi kebutuhan nutrisi Bunda di masa kehamilan dan menyusui, karena :

1. Mengandung minyak ikan yang dapat mendukung perkembangan saraf dan otak janin

2. Tinggi zat besi yang dapat mendukung pencegahan anemia pada ibu hamil

3. Tinggi asam folat yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin

4. Tinggi Kalsium dan vitamin D yang dapat membantu pembentukan tulang dan janin


Nah, di Festival Bunda Generasi Maju ini ada booth selling, buat para Bunda yang ingin transaksi SGM Bunda. Para Bunda bisa beli produk SGM Bunda dengan berbagai pilihan rasa disini.


Di #FestivalBundaGenerasiMaju ada banyak booth yang bisa Bunda kunjungi. Salah satunya adalah Photo booth buat Bunda foto-foto yang suka foto dengan gaya andalan dan pastinya buat kenang-kenangan ya Bunda baik bersama teman-teman Bunda yang sama-sama hamil ataupun dengan si Ayah.




Prenatal Yoga bersama suami dipandu instruktur profesional

Di acara Festival Bunda Generasi Maju juga ada couple yoga bersama instruktur prenatal yoga Vonny Tenry Opu. Yang bikin seru adalah Ayah juga bisa ikutan untuk yoga bersama Bunda. Ternyata Yoga aman dan bagus ya untuk ibu hamil, tapi pastinya tetap dengan gerakan pelan dan sebelumnya harus dikonsultasikan dengan dokter kandungannya ya Bund.




Cooking demo menu lezat bernutrisi menggunakan SGM Bunda

Pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting agar tumbuh kembang anak dalam kandungan optimal. Perubahan hormon yang terjadi di masa hamil juga membuat Bunda mengalami peningkatan sensitivitas rasa dan penciuman yang mengubah preferensi dan pola makan terhadap jenis makanan tertentu. Faktor hormonal ini harus dipahami Bunda agar lebih berhati-hati dan mengontrol asupan makanan dan minuman kedalam tubuh.


Bunda harus lebih cermat dalam menjaga kesehatan dirinya dan juga si kecil sejak dalam kandungan melalui pola makan bergizi seimbang. Sayangnya masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi. Data di Indonesia menunjukkan fakta bahwa 6 dari 10 ibu hamil memiliki asupan protein dan beberapa zat gizi mikro yang lebih rendah dari kebutuhan.


Bunda perlu memahami bahwa kebutuhan nutrisi saat hamil tentu berbeda dengan saat tidak hamil. Di mana Bunda adalah satu-satunya sumber nutrisi si kecil didalam kandungan. Sehingga jika Bunda sehat si kecil juga sehat. Bunda perlu memastikan kecukupan nutrisi secara seimbang.



Pastinya tidak semua Bunda yang hamil merasakan nyaman dengan kehamilannya karena sebenarnya ada loh Bunda yang hamil menderita mual. Hal ini memang umum dialami sebagian besar Bunda hamil karena perubahan hormon. Tenang saja, rasa mual tidak berbahaya selama Bunda masih mengonsumsi nutrisi yang mencukupi.

Rasa mual bisa diatasi dengan minum susu kehamilan yang mengandung B6 dalam keadaan dingin. Bunda bisa mendapatkan vitamin B6 dan nutrisi penting selama kehamilan seperti Asam Folat, Minyak Ikan, Kalsium dan Zat Besi dalam segelas susu SGM Bunda. Ada varian rasa stroberi dan jeruk yang menyegarkan jika diseduh dingin.

Untuk itu di cooking demo kali ini si chef mengkreasikan SGM Bunda dengan pilihan buah segar untuk para Bunda yang sedang hamil agar nutrisinya tetap terpenuhi.

Hasil cooking demo adalah es jeruk pelangi, jus stroberi sirsak, jus alpukat lapis cokelat.

Beauty Class Bersama Wardah
Ibu hamil boleh dandan enggak ya?
Pastinya ada beberapa pertanyaan seputar ini, so siapa nih dari Bunda yang masih ragu-ragu dandan saat hamil? Dandan saat hamil boleh-boleh saja loh Bund, malah penting banget agar Bunda hamil tetap kelihatan fresh dan cantik. Namun, perlu diperhatikan juga nih apakah kosmetik yang dipakainya aman. Untuk itu perlu diperhatikan juga ke HALAL an dari kosmetik tersebut ya, karena insyaallah kosmetik yang halal pastinya juga aman.



Produk Wardah yang sudah mendapat sertifikat Halal pastinya sudah aman untuk ibu hamil. Berbagai produk Wardah bisa di dapatkan di Area Cantik Bunda buat Bunda yang ingin tampil cantik selama masa kehamilan.



Banyak sekali Area Bunda di Festival Bunda Generasi Maju, antara lain :

Area Bunda Santai, disini Bunda akan santai banget loh. Soalnya Bunda akan mendapatkan totok wajah dan pijat secara gratis.



Area Bunda Jajan, bunda akan mendapatkan jajan/snack dan minum secara gratis pula.



Area Bunda Cerdas, disini Bunda bisa mengetahui Fakta dan Mitos tentang kehamilan. Dan kalau bunda bisa menjawab pertanyaannya, Bunda bakalan dapat hadiah menarik.



Katanya sih “Bunda Hamil harus makan dengan porsi untuk 2 orang.” Menurut Bunda, ini mitos atau fakta ya?

Bunda tidak perlu makan untuk porsi dua orang karena yang terpenting adalah kandungan nutrisi lengkap dari makanan yang Bunda konsumsi sehari-hari.

Nah, selain mengonsumsi makanan bergizi tiap hari, lengkapi juga dengan segelas SGM Bunda yang mengandung formula Complinutri dengan Asam Folat, Minyak Ikan, Kalsium dan Zat Besi setiap hari agar kebutuhan nutrisi Bunda dan si calon janin terpenuhi.

Benarkah minum susu saat trimester ketiga bisa bikin si Kecil terlalu besar saat lahir nanti? Ternyata itu hanya MITOS.


Pada masa kehamilan, si Kecil membutuhkan asupan Minyak Ikan yang tinggi untuk dukung perkembangan otaknya. Untuk itu, Bunda perlu mengonsumsi susu sejak awal kehamilan untuk mencukupi kebutuhan Minyak Ikan agar dapat membantu pembentukan serta perkembangan otak si Kecil di dalam kandungan.



Agar kebutuhan Minyak Ikannya tercukupi, jangan lupa bantu lengkapi dengan SGM Bunda yang mengandung formula Complinutri dengan Minyak Ikan, Asam Folat, Kalsium dan Zat Besi sebagai #LangkahAwalDukungGenerasiMaju!


Area Bunda Sehat.

Nah disini Bunda bisa memeriksakan kehamilannya. Mulai dari cek tekanan darah, USG, berat badan Bunda dan berat janin yang dikandungnya.


SGM Bunda memberikan edukasi kehamilan melalui aktifitasi online/ on ground. Salah satunya dengan menyelenggarakan Festival Bunda Generasi Maju di 4 kota besar di Indonesia, Yuk Bunda datang dan nikmati keseruan Festival Bunda Generasi Maju di kota-kota ini,

1. Surabaya, 21 April 2019 bertempat di Lapangan Parkir Grand City Surabaya

2. Jogjakarta, 28 April 2019 bertempat di Jogja Expo Center

3. Jakarta, 21 Juli 2019 bertempat di Park & Ride Thamrin Lot 10 Jakarta

4. Bandung, 28 Juli 2019 bertempat di Taman GOR Saparua Bandung


Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Pengen ngajak bunda-bunda grup FB ke Area Bunda Cerdas, huhu. Soalnya mereka ngeyel banget dikasih tau urusan medis, percayanya mitos :'(

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)