Beberapa Pilihan Harga Rumah Di Bandung Sebelum Membeli Rumah

Assalamualaikum sahabat Dwipita,
Bagaimana kabar sahabat, semoga dalam keadaan bahagia selalu. Tahu nggak kalau ternyata banyak yang menarik dari libur Lebaran kali ini diantaranya adalah adalah ada saudara yang mau pindah ke Bandung untuk menempati rumah barunya. Beberapa pilihan harga rumah di Bandung ternyata membuat saudara saya bingung untuk menentukan rumah yang mana yang harus dibeli. Untuk saat ini, saudara saya masih ngekos dan tawaran rumah dengan pilihan harga yang bisa dibandingkan ini sangat membantu sekali sebelum membeli rumah.




Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, tak heran membuat Bandung memiliki populasi cukup padat yang terdiri dari penduduk asli maupun warga pendatang. Dan seperti kota besar pada umumnya, permintaan akan hunian di kota ini sangat tinggi.


Ketersediaan rumah yang tidak sebanding dengan kebutuhan yang terus meningkat, membuat harga rumah di Bandung terbilang tinggi. Selain faktor permintaan, kenaikan nilai properti juga biasanya dipicu oleh kenaikan harga tanah, harga material dan upah tenaga kerja. Tingginya permintaan rumah di Bandung tak terlepas juga dari kemajuan infrastrukturnya dalam beberapa tahun belakangan.

Harga rumah di Bandung



Salah satu yang paling menonjol adalah makin terbuka dan mudahnya akses antara Bandung dan Jakarta berkat kehadiran jalan tol, termasuk rencana pengadaan kereta cepat. Tak heran jika banyak warga ibukota yang mulai melirik Bandung sebagai alternatif hunian, khususnya untuk dijadikan investasi.


Ditambah lagi kota ini juga jadi salah satu tempat favorit banyak orang, karena kondisinya yang relatif masih lebih nyaman dan cuaca yang sejuk, dibanding kota besar lain seperti Jakarta. Bukti kenaikan permintaan hunian ini salah satunya bisa terlihat dari hasil survei yang menyebutkan bahwa kenaikan harga rumah di Bandung jadi salah satu yang tertinggi di Indonesia.


Kisaran kenaikan pun tak tanggung-tanggung loh. Misalnya saja rumah di bagian selatan Bandung melonjak lebih dari 2,5 kali dari harga awal hanya dalam kurun waktu 2-3 tahun. Ini jelas akan membuat siapa pun yang ingin membeli rumah di Bandung untuk investasi langsung tertarik dan gencar mencari hunian yang dijual termasuk tentunya informasi soal harga rumah di Bandung.


Kabupaten Bandung atau daerah selatan memang bisa dibilang daerah yang kini sedang gencar dijadikan tujuan pembangunan. Salah satunya oleh developer besar Agung Podomoro Group, yang mengembangkan Podomoro Park dengan menawarkan hunian di bawah Rp 1 miliar.

Antusiasme masyarakat terbilang tinggi terhadap project satu ini, dimana dalam kurun waktu dua minggu saja, kurang lebih ada 100 calon pembeli yang menyatakan berminat untuk membeli rumah. Selain rumah baru persembahan dari developer besar seperti Agung Podomoro, kalian tentu juga bisa mempertimbangkan hunian dari developer lainnya.  Atau mungkin rumah dalam kondisi bekas dan masih layak huni serta harganya pun bisa lebih murah. Jadi, kenapa tidak untuk kita beli secepatnya?

Kalau ingin melihat kisaran harga rumah di Bandung, ada cara yang sangat praktis nih loh teman-teman. Kalian tinggal mengunjungi www.99.co/id karena disana banyak sekali pilihannya. Kalian akan menemukan lebih dari 50 ribu listing properti yang bisa dipilih tidak hanya berdasarkan harga, tapi juga lokasi, kondisi bangunan, luas dan sebagainya.

Contohnya seperti ini.
Harga rumah di Bandung Timur tepatnya di kawasan Cinunuk yang bernilai Rp 500 juta-an. Rumah 2 lantai ini terdiri dari 3 kamar tidur, kamar mandi, carport, dengan luas bangunan 57m2 dan luas tanah 72m2.  Rumah ini terletak dekat ke pusat perbelanjaan seperti Borma, Griya, hingga sejumlah sekolah dan termasuk kawasan pendidikan Jatinangor dimana terdapat beberapa kampus kenamaan.


Dari sini kalian juga bisa dengan mudah mengakses Tol Cileunyi, dan kawasan besar lainnya di Bandung Timur, salah satunya Cibiru. Bangunan rumah ini juga memiliki keunggulan mulai dari jarak loteng dengan ceiling yang tinggi sehingga membuat ruang lebih terasa besar. Lalu pintu taman yang dapat dibuka semaksimal mungkin untuk bisa menikmati pemandangan taman. Dan ada pula ventilasi silang yang bagus untuk sirkulasi udara dalam rumah.

Berikutnya harga rumah di Bandung Selatan. Ada yang harganya sekitar Rp 499 juta dan tepatnya berada di Semara Regency. Memiliki luas bangunan sekitar 36m2 dengan 2 kamar tidur dan kamar mandi ditambah carport, hunian ini berada di lingkungan yang asri dan memiliki fasilitas seperti taman atau playground. Selain itu aksesnya juga dekat ke sejumlah fasilitas sosial seperti mini market, supermarket, rumah sakit, pusat pendidikan seperti Universitas Telkom, hingga Tol Buah Batu. Di perumahan ini tersedia pilihan hunian bertipe 36/72 dan tipe 45/90, dilengkapi dengan ruko bertipe 120/60.

Lalu kalau mencari informasi harga Rumah di Bandung Utara, salah satu referensinya ada rumah di Setiabudi Clove Resort yang dijual sekitar Rp 715 juta. Hunian 2,5 lantai ini bergaya arsitektur tropical modern ini dengan konsep green house dan roof top garden. Fasilitas yang disediakan di komplek ini ada layanan keamanan 24 jam dengan one gate system, lalu juga ada playground dan taman. Yang menarik, setiap huniannya akan menyuguhkan pemandangan yang memesona, seperti city light, pegunungan, hingga taman dan lembah.

Berada di lingkungan yang sangat asri dan nyaman dengan udara yang bersih, rumah yang dijual dalam kondisi fully furnished ini memiliki luas bangunan 76m2, dengan 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi, serta carport. Kelebihan lainnya adalah jalan yang memadai dengan lebar sekitar 5 meter, dan lokasinya berada dekat ke tempat wisata, baik wisata alam maupun wisata belanja atau kuliner.

Selanjutnya untuk kalian yang mencari informasi harga rumah di Bandung Barat, bisa pertimbangkan salah satu hunian di komplek perumahan mewah yakni Kota Baru Parahyangan. Dijual dalam kondisi semi furnished, unit rumah ini memiliki luas 90m2, luas tanah 108m2 yang terdiri dari 3 kamar tidur, kamar mandi, dan harganya sekitar Rp 1,1 miliar. Meski rumah bekas (secondary), hunian ini sudah dalam kondisi renovasi dan sudah memiliki lantai granit, kanopi serta dak jemur. 

Lokasinya pun sangat dekat ke Kampus Maranatha, Bandung Alliance Intercultural School (BAIS) hingga Future Town Center dan IKEA. Bagaimana? Menarik bukan pilihan-pilihan harga rumah dan spesifikasi yang ditawarkan? 

Harga memang jadi salah satu faktor pertimbangan utama dalam membeli rumah, tapi jangan karena harga yang murah, kalian mengabaikan hal-hal penting lainnya seperti kondisi bangunan, terlebih ketika membeli rumah bekas. Saat melakukan survei langsung, kalian harus minta penjelasan rinci pada penjual. 

Karena kalau ada kekurangan atau sesuatu yang harus diperbaiki, maka bisa dibicarakan dengan penjual dan membantu kalian untuk estimasi sejak awal terkait biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan juga akses dan lingkungan.

Bisa dilihat dari contoh listing properti di atas, yang menujukkan bahwa dalam sebuah iklan rumah, selain spefisikasi bangunan, juga penting untuk menonjolkan kelebihan berupa lokasi yang strategis. Karena kemudahan akses ke sejumlah tempat publik dalam sebuah properti menjadi nilai tambah sendiri. Lingkungan yang nyaman dan aman juga jadi hal yang tidak boleh luput dalam pertimbangan.


Yang tak kalah penting menurut tribunnews.com adalah perlu dicek juga reputasi developer. Jadi jangan sampai terburu-buru memilih developer, apalagi kalau sampai ada iming-iming harga murah. Mengingat risiko dalam proses pembelian rumah sangat besar, jadi tak ada salahnya kalian benar-benar teliti. Pilihlah pengembang yang memiliki reputasi baik dan bertanggung jawab. Karena ini akan sangat membantu memperlancar urusan jual beli.

Selain itu perlu tahu juga proses penyelesaian sertifikat, karena membeli rumah lewat developer, maka sertifikat rumah tersebut masih atas nama developer yang bersangkutan. Dan untuk bisa dialihkan jadi atas nama kalian membutuhkan waktu relatif lama, jadi pastikan hal ini sejak awal, meski biasanya ini juga ada dalam surat perjanjian jual beli, tapi tak ada salahnya untuk memastikannya lagi ya?

Itu dia informasi seputar harga rumah di Bandung, semoga bermanfaat!

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Kalau saya punya rezeki ingin sekali beli disana. Udaranya yang sejuk itu lo yang menjadi idaman dan incaran saya. Di jakarta sudah panas.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)