Taman Ekpresi Surabaya Tempat Nyaman Untuk Membuang Penat

Taman Ekspresi merupakan salah satu taman yang ada di Kota Surabaya. Taman Ekspresi ini terletak di Jalan Genteng Kali, disebelah SPBU Genteng Kali dan berada persis di depan Dinas Pendidikan Jawa Timur.


Taman Ekspesi yang berada di samping Sungai Kalimas ini diresmikan oleh Walikota Surabaya yakni Ibu Tri Rismaharini pada tanggal 7 Mei 2011. 


Pantas saja jika diberi nama Taman Ekspresi, karena pada saat aku menginjakkan kaki ditempat ini banyak sekali karya seni yang bisa aku lihat. 



 Menurut yang aku baca dari berbagai sumber, karya seni itu adalah buatan anak jalanan dengan cara mengekspresikan barang-barang rongsokan/bekas yang menjadi karya seni luar biasa. 



Alat-alat dapur seperti panci, dandang, wajan dihias dan dimodel sedemikian rupa hingga menjadi bentuk robot.



Selain itu knalpot-knalpot bekas dengan bermacam-macam ukuranpun dan bentuk tak kalah serunya diubah menjadi bentuk robot yang keren. Benar-benar karya seni yang harus dilestarikan. 



Nggak hanya itu masih ada vespa-vespa tua yang sudah rusak dengan hiasan baut-baut yang menghiasi bagian vespa tersebut sehingga menyerupai bentuk yang sangat unik dan funky.


Mungkin sebagian orang belum tau atau belum pernah mendengar nama Taman Ekspresi ini. Dari luar memang terlihat sempit namun jangan salah jika sudah memasuki taman ini, karena ternyata taman ini cukup luas juga untuk para warga yang ingin mencari kesejukan dan kenyamanan di tengah kota dengan padatnya kendaraan. 


Rasa panas, sumpek, dan polusi dimana-mana akan hilang jika telah memasuki kawasan Taman Ekspresi ini, beraneka ragam tanaman akan menambah sejuknya tempat dan pikiran siapa saja yang berada di taman ini.



Pohon besar dan sangat menyejukkan sangat bermanfaat bagi para pelajar dan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kelompok dengan teman-temannya. Taman bermain untuk keluarga, dimana kita bisa menikmati ayunan dan mainan lainnya.


Disinilah para keluarga berkumpul dan bermain, membuang penat dirumah dan mencari tempat yang nyaman di tengah hiruk pikuk Kota Surabaya.



Tempat duduk yang lumayan banyak, dan unik dengan bentuk huruf-hurufnya menambah ekspresi taman ini menjadi indah.




Adanya perpustakaan dengan macam-macam buku ilmu pengetahuan, buku agama, hingga buku cerita sangat membantu sekali bagi para pengunjung untuk menghilangkan jenuh sembari membaca buku dibawah rindangnya pohon. 



Diperpustakaan ini juga disediakan wifi dimana kita bisa berselancar didunia maya untuk mencari apa saja yang kita mau.




Atau bagi kalian yang suntuk bisa juga bermain ayunan yang ada persis di pinggir jalan dan sungai Kalimas ini. Sesekali melihat kendaraan yang berlalu lalang dan orang-orang yang lagi memancing. 


Biasanya keluarga yang membawa serta anak mereka pasti tujuan utamanya adalah bermain ayunan dan plosotan. Dimana lagi ada tempat bermain yang sejuk dan gratis selain di taman-taman Surabaya ini.



Ada Hewan Apa Saja Di Taman Ekspresi?
Nggak hanya itu, jika kalian termasuk pecinta hewan khususnya kucing disini ada 7 kucing ras dan 1 kucing kampung. 



Dimana pada saat aku bermain ke Taman Ekspresi untuk menghilangkan penat aku bisa melihat dan bermain dengan hewan kesayanganku ini.



6 kucing ras sedang berada didalam kandangnya, 1 kucing ras bermain dengan lincahnya kesana kemari, sedangkan 1 kucing kampung memang sengaja dibiarkan hidup bebas di Taman Ekspresi ini. 


Nggak hanya kucing, ayam kate yang kecil dan imut-imut juga menambah keakraban antara kucing dengan ayam. Benar-benar suasana yang begitu bersahabat, melihat hewan-hewan itu hidup bersama.






Larangan di Taman Ekspresi

1. Tidak boleh menginjak rumput dan tanaman



2. Tidak boleh memetik bunga



3. Tidak boleh membuang sampah sembarangan, buanglah pada tempat yang telah disediakan


4. Tidak boleh membuang sampah ke Kali



Salam,
Dwi Puspita



59 comments:

  1. Mbak, di foto pertama, ada penampakan kucing, punya sapa yak... hehehe

    ReplyDelete
  2. Kalo ke Surabaya lagi.. mau ah mampir kesana :D

    ReplyDelete
  3. Keren ya tamannya mak.bu risma mang jagoan deh..jadi kangen sama taman2 di sby dulu suka tongkrongan di bungkul hehehe....

    Eh itu si pus dibawa pulang ga? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku sering ke bungkul juga...nggak mak..itu kucing taman..emang dipelihara di Taman itu :)

      Delete
  4. wiiihh... ada kucing bagus di taman... awas ada yang culik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha...nggak bolek diculik ntr ada yg memarahi :)

      Delete
  5. Surabaya banyak banget Destinasinya y mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak banget, kadang aku bingung mau pergi kemana...haaha

      Delete
  6. Kece banget ya Surabaya sekarang? Banyak tamannya.

    ReplyDelete
  7. Wah...unik juga ya idenya membuat Taman Kreasi... mudah2an bisa dicontoh kota2 lainnya....makin memperbanyak taman2 kota...sehingga kota selain tampak cantik juga memberi kontribusi terhadap udara yang sehat atasi polusi dan debu...karena polutannya terserap oleh tanaman hijau spt yang ada di Taman Kreasi... salam ya buat Bu Risma...beliau memang hebat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap...ibu Risma memang hebat mbak, di Surabaya banyak sekali taman...dari saking banyaknya kadang aku lupa mau ke taman yg mana hehehe

      Delete
  8. Bersiiih...Surabaya emang tamannya oke-oke
    Jempol buat Bu Risma :)

    ReplyDelete
  9. asik nih mba tamannya, saya paling suka main ke taman adeem dan biasanya haratiss :D

    ReplyDelete
  10. taman nya kuplit banget ya mba, banyak kreativitas dgn vespa bekas, tempatnya juga keliatan bersih,ada binatang juga.sangat cocok nie buat dikunjungi, kebetulan akhir ini lagi stres dengan kerjaan pengen nyari tempat yang indah.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ke taman kspesi aja...biar stress nya hilang :)

      Delete
  11. Wuih keren yah kak, barang rongsokan aja bisa dibuat karya seni gitu. *salut*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ini adalah barang rongsokan yg bisa jadi karya seni...

      Delete
  12. ini apa seberangnya klinik Pusura Yos Sudarso itu ya sai???
    yg ada depot2 makanannya??

    asik bgt tempatnya, tp itu knp ada ayaaam...trus kotoran ayam keliatan gk disitu?? hihihi aku rada jijik sm kotoran ayam, gegeara pny pengalaman waktu dulu di rmh Tarakan ortu pny ayam buanyaaaaaaaaak bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak asik banget tempatnya...bukan yg itu sepertinya..disini nggak ada depot makanannya...

      Delete
  13. Boleh juga jadi wahana represing keluarga ya Bunda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali..cocok buat keluarga nih taman :)

      Delete
  14. Mudah-mudah di kota tasik semakin banyak taman biar kota tasik makin indah dan nyaman tentunya xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiien..iya semoga polusi jadi berkurang :)

      Delete
  15. Tempatnya nyaman banget ya mbak, sayang sekali tempatnya jauh dari kampung saya hehehe

    ReplyDelete
  16. acung jempol terutama buat ibu wali kota dan khususnya kepada seluruh warga Surabaya, taman ekspresinya keren dan sepertinya boleh dong bikin sesuatu yang berekspresinya dari ubi cilembu lalu di taro di sonoh ya.
    betewe...mau dong saya jadi kucing ras-nya...hahay

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ibu walikota yg hebat yg bisa membuat banyak taman di kota besar seperti ini....

      Delete
  17. Woww ...keren dan unik postingan mbak DS kali ini ... foto-foto nya bagus2 ... hebat ya Bu Walikota ceweq yang aduhai karyanya. Jempol deh ... jempol juga postingannya. Nice ...!

    ReplyDelete
  18. waaa...tamannya aik bingiit yaa betah ni piknik disini say...mana teduh pula yaa

    ReplyDelete
  19. uwaaa....kreatif ya,tempatnya bersih dan ada perpusnya juga. asik bangettt buat liburan

    ReplyDelete
  20. semoga terjaga terus kebersihan tamannya yang udah keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...harus terjaga kebersihannya pastinya mak...

      Delete
  21. Waaah. . .tamannya lengkap. Ada perpustakaanya juga. Bikin pengunjung makin betah. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...seperti aku..betah juga ada disini :)

      Delete
  22. wih keren ni tamannya, seru nih kalo di sini juga ada taman kaya gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keren banget..dan ini taman bikin betah :)

      Delete
  23. Semuanya pakai barang bekas, kreatif ya

    ReplyDelete
  24. Kenapa ada kucing nyasar di situ? Mana lucu lagi.. Aaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kucing nyasar...tapi itu kucing piaraan

      Delete
  25. Mbaaak aku mau main sama kucingnyaaaaa x))

    ReplyDelete
  26. Pengen vespanya. Boleh dibawa pulang nggak mbak?

    ReplyDelete
  27. Sering lewat sini Tapi nggak pernah masuk. Lumayan ya, buat tempat bermainsi kecil. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak banget loh disini..mampir aja disana ada kucing loh :)

      Delete
  28. Taman nya keren bangeet mba..suka de Gan ide recyclingnya. .jadi karya senin yang unik yaa...Surabaya kereen

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...itu semua dari barang bekas mbak... :)

      Delete
  29. siappp mbak..ayo segera ke Surabaya...

    ReplyDelete
  30. wah jadi pengen singgah ke taman ekspresi saat disurabaya

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)