Yuk Kenali Gejala Kanker Nasofaring Demi Hidup Yang Berkualitas

Yuk Kenali Gejala Kanker Nasofaring Demi Hidup Yang Berkualitas


Assalamualaikum para pembaca www.dwipuspita.com. Kali ini artikel yang akan saya tulis mengenai kesehatan. Kesehatan sangat penting sekali ya bagi kita, terutama bagi mereka yang sakit pastinya akan merasakan betapa nikmatnya jika tubuh sehat. Untuk itulah kita perlu menjaga kesehatan kita sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar kita.

Jangan sungkan untuk selalu mengajak keluarga, sahabat, teman, dan tetangga untuk selalu hidup bersih dan sehat karena dampaknya akan kita rasakan sendiri.




Nah, teman-teman kali ini saya akan membahas tentang kanker nasofaring. Mungkin ada beberapa dari teman-teman pembaca disini sudah mengenal dengan kanker jenis ini. Bagi yang belum, baiklah akan saya jelaskan apa sih sebenarnya kanker nasofaring ini.

Kanker nasofaring ini sudah pasti dapat memengaruhi tingkat perekenomian pasien, keluarga dan keuangan negara karena pasien akan mengalami kesulitan untuk memenuhi keperluan ekonomi. Pada kanker nasofaring, terjadi pertumbuhan sel kanker di daerah hidung dan kepala yang mengganggu pernafasan hingga pendengaran pasien karena gangguan sel kanker. Pastinya mereka akan kesulitan dalam melakukan kegiatannya sehari-hari apalagi bagi mereka yang memiliki aktivitas diluar rumah.

Nah, yang perlu diwaspadai juga nih bagi para pembaca adalah penyebab dari kanker nasofaring masih belum diketahui loh. Namun, terdapat beberapa risiko yang dapat meningkatkan risiko seseorang dapat terkena penyakit kanker nasofaring antara lain :

Faktor Keluarga

Adanya anggota keluarga yang pernah terkena kanker nasofaring berisiko anggota keluarga lainnya untuk terkena penyakit yang sama. Hal ini karena adanya hubungan genetik antar anggota keluarga yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker nasofaring. Untuk itulah keluarga adalah aset utama jika mereka ingin memiliki keturunan yang sehat. Mereka harus bisa menjaga kesehatan diri mereka sebelum penyakit tertular pada anak cucu mereka.

Lingkungan

Lingkungan yang penuh polusi udara seperti asap kendaraan dapat berisiko seseorang terkena penyakit kanker nasofaring. Kondisi tersebut karena terdapat polutan yang dapat menimbulkan kerusakan sel pada organ tubuh sehingga berisiko timbulnya kanker nasofaring.

Lingkungan yang bersih penting sekali, untuk itu perlu dukungan dari tetangga sekitar juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Sampah dibuang pada tempatnya, ada tanaman hijau didepan rumah untuk menyaring udara kotor. Jika semua tetangga bisa melakukan hal sederhana seperti ini maka kebersihan lingkungan pun tercipta.

Gaya Hidup

Gaya hidup seperti merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kanker nasofaring. Hal tersebut karena rokok dan minuman alkohol mengandung zat karsinogenik yang dapat mencetuskan terjadinya kanker nasofaring. Untuk itulah kita harus berani menegur siapa saja yang memiliki gaya hidup tidak sehat ini. Baik itu keluarga, sahabat, maupun tetangga untuk tidak merokok sembarangan atau mengurangi aktivitas merokoknya demi kesehatan keluarganya sendiri.

Infeksi

Virus Epstein-Barr (EBV) dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker nasofaring. EBV akan menginfeksi saluran pernafasan yang dapat merusak sel-sel pada organ pernafasan sehingga sel-sel tersebut dapat berkembang menjadi kanker. Sebisa mungkin kita harus meminimalisir infeksi ini ya, jangan sampai menyebar lebih besar lagi ke bagian lainnya.




Terdapat beberapa gejala kanker nasofaring yang dapat menunjukkan ke arah kecurigaan terhadap terjadinya kanker nasofaring. Beberapa gejala yang dapat mengarah terjadinya kanker nasofaring antara lain :

1. Hidung tersumbat disertai darah yang keluar dari hidung
2. Telinga terasa penuh dan berdengung
3. Sakit kepala
4. Pembengkakan kelenjar getah bening (KGB)
5. Penurunan berat badan tanpa diketahui penyebabnya
6. Nyeri tulang

Buat teman-teman juga harus aware, melihat dan mengamati sekitar. Apabila terdapat beberapa kondisi yang mirip dengan yang dialami oleh pasien, segera periksakan diri ke rumah sakit untuk deteksi dini agar mendapatkan penanganan lebih dini untuk meningkatkan peluang kesembuhan.

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk memastikan apakah seseorang memiliki kanker nasofaring dengan pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter untuk mendiagnosis pasien yang dicurigai memilki kanker nasofaring.

Namun kini tak perlu khawatir dengan adanya dokter.my semuanya semakin mudah karena bisa langsung menghubungi melalui layanan telepon, chat langsung menggunakan aplikasi WhatsApp, juga dapat melalui website dengan menyertakan rekam medis (X-ray, MRI).

Untuk para pasien/penderita lebih baik segera menghubungi dokter.my untuk mengatur jadwal dengan dokter. Pastikan sebelum berangkat, pasien bisa bertanya langsung dengan dokter melalui video call mengenai tindakan dan perawatan yang harus dijalani terlebih dahulu.

Asyiknya lagi nih, dokter.my memberikan estimasi biaya perawatan yang transparan. Jangan khawatir dengan transport untuk menuju ke Rumah Sakit karena dokter.my akan mengatur transportasi pasien antar dan jemput di Airport dan Rumah Sakit

Adanya kunjungan perawat ke rumah pasien secara berkala setelah perawatan dan melaporkan perkembangan pemulihan pasien kepada dokter. Selain itu juga dokter.my membantu mengurus dan melengkapi dokumen asuransi pasien yang dibutuhkan agar klaim polis dapat di cairkan.

Lebih lengkapnya yuk saksikan video ini.



Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Alhamdulillah sekarang banyak kemudahan untuk bisa konsultasi dan booking janji temu dengan dokter. Nggak sesulit dulu, harus telpon dulu atau kadang harus antri lebih pagi

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)