Pengalaman Membeli Rumah Setelah Menikah, Penuh Perjuangan!

Mempunyai rumah adalah impian setiap orang terutama yang sudah berkeluarga, contohnya seperti saya. Saya ingin menceritakan pengalaman saya pribadi dengan suami yang saat itu bingung mencari rumah. Waktu itu kami searching "rumah dijual di Jakarta Timur" dan ternyata banyak sekali tampilan rumah yang dijual. Jujur sih kami malah bingung mau pilih yang mana. Hahaha... Maklum lah, namanya juga manten anyar yang kebelet ingin hidup mandiri. Bukan berarti setelah menikah kami langsung menempati rumah baru loh ya, kami masih ngekost selama 3 bulan baru deh setelah itu kami pindah ke rumah baru. Walaupun dibilang rumah subsidi tak apalah yang penting rumah sendiri, hasil keringat sendiri, bayar sendiri. Oh ya by the way sendiri disini maksudnya saya dan suami ya tanpa campur tangan dan bantuan orang tua, saudara ataupun tetangga. Hahaha...

Rumah dijual di Jakarta Timur


Pastinya pengalaman mencari rumah dijual di Jakarta Timur penuh dengan lika-liku, tak seperti membalikkan telapak tangan yang sangat mudah tanpa ada beban dan rintangan. Memang butuh proses, ada yang cepat dan mudah tapi ada juga yang beribet. Apapun itu disyukuri saja, karena pasti sudah Allah berikan yang terbaik kepada hambaNya.

Nah, kalau pengalaman saya pribadi saat akan membeli rumah diantaranya saya akan mempertimbangkan hal-hal berikut :

1. Tentukan budget apakah pas dengan keuangan kita berdua.

Jujurly masalah budget memang agak berat, soalnya ingin rumah yang bagus sesuai keinginan eh malah budgetnya gak sampai. Akhirnya ya, mau nggak mau ya harus nyari rumah sesuai budget kami berdua agar nantinya juga tidak ngos-ngosan dan malah jadi boomerang.

2. Lokasi yang aman, strategis dan pastinya sarana dan prasarana pun tidak terlalu jauh.

Tentu saja rumah dengan kriteria seperti ada asalkan kita sabar dan telaten mencarinya. Satu persatu kita cek lokasi perumahan yang nantinya akan dibeli, apakah masuk kriteria atau tidak. Pasti saja prosesnya lama dan tidak hanya sehari atau dua hari. Bisa berminggu-minggu loh. Rumah yang aman dari banjir salah satunya, security yang 24 jam menjaga perumahan agar tetap aman, dan pastinya dekat kemana-mana serta akses menuju perumahan mudah.

3. Developer/pengembang terpercaya.

Nah ini yang paling penting, yaitu developer/pengembang yang sudah terpercaya. Loh, jangan salah... banyak sekali pengembang yang nakal. Setelah mendapat uang dari calon customer mereka kadang kabur dan tak ada jejak. Perumahan yang dibangun tidak berizin dan mengalami masalah. Tidak mau kan hal ini terjadi, oleh sebab itu pastikan developernya amanah ya dengan mencari informasi yang valid tentang rekam jejak pengembang tersebut.

Rumah dijual di Jakarta


Fyi, buat teman-teman yang berada di Jakarta Timur dan ingin sekali memiliki rumah impian coba deh sambil searching rumah impian kalian. Mau baru, mau second yang penting mah sudah masuk kriteria rumah impian kalian.

Rumah dijual di Jakarta Timur mudah sekali kita dapatkan dengan modal melihatnya melalui website rumah123.com misalnya. Diwebsite tersebut informasinya lengkap banget, mulai dari harga terendah hingga tertinggi, luas bangunan, luas tanah, jumlah kamar, jumlah kamar mandi, lokasi (daerah) rumah, hingga simulasi KPR nya. Dengan cara seperti ini pastinya kita tidak akan bingung lagi menghitung KPR sebelum pengajuan dan pilihan rumah yang beragam pastinya semakin tambah semangat buat memiliki rumah baru. Intinya sih buat teman-teman yang ingin membeli rumah baca secara cermat deskripsi dan spesifikasi rumah tersebut. Kalau bisa janjian dengan pemilik rumah atau agen properti untuk melihat rumah yang akan dijual tersebut agar nantinya tidak menyesal saat sudah deal dan serah terima kunci.

Rumah dijual di Jakarta Timur


Jika sudah memiliki rumah, baik rumah baru ataupun rumah second pastinya ada kebanggaan tersendiri walaupun ditempuh dengan cara KPR maupun bayar cash. Semoga teman-teman pembaca yang ingin sekali mendapatkan rumah impian segera terkabul ya. Rumah sendiri sangat nyaman sekali, selain agar kita mandiri pun kita bisa dengan leluasa mengubah tatanan rumah sesuai selera kita tanpa takut dimarahi ataupun kena denda.

Begitulah cerita saya mengenai pengalaman membeli rumah dijual di Jakarta Timur, yuk ceritakan juga pengalaman teman-teman yang sudah berhasil mendapatkan rumah impian seperti saya.


Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. yes, menurutku poin developer/pengembang terpercaya yang paling penting :D

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)