Ingin Konsisten Berinvestasi? Yuk, Terapkan 5 Cara Ini

Belakangan ini, investasi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Investasi kini bukan hanya menjadi sebuah tren terkini, tetapi memang salah satu cara tepat untuk mengatur keuangan, terlebih menyiapkan dana untuk kebutuhan jangka panjang.
Investasi
Sumber gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/angka-di-monitor-534216/

Namun jika ingin mendapatkan keuntungan yang sesuai harapan atau bahkan lebih besar, tentu butuh ketekunan. Investasi haruslah dilakukan secara berkelanjutan. Jika kamu adalah pemula, bisa saja memanfaatkan layanan dari bank digital untuk membantu perencanaan investasi yang tepat.

Ini Alasan, Kenapa Harus Konsisten Saat Berinvestasi

Hampir di semua instrumen investasi, kamu harus melakukannya secara konsisten. Terburu-buru adalah salah satu sikap yang sebaiknya tidak dilakukan saat kamu sedang berinvestasi. Karena untuk mendapatkan keuntungan, kamu butuh waktu untuk menganalisa.


Selain itu, masing-masing instrumen investasi memiliki jangka waktu yang berbeda. Itulah mengapa, kamu sebaiknya memilih instrumen investasi sesuai dengan tujuan finansial yang ingin dituju.

Lakukan Tips Ini Agar Investasi Jalan Terus

Setelah mengetahui mengapa kamu perlu menjaga konsistensi saat berinvestasi, maka sekarang adalah bagaimana cara konsisten berinvestasi. Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, agar kegiatan berinvestasi berlangsung secara kontinyu.

1. Tetapkan Target atau Tujuan Rencana Investasi

Setiap orang tentu memiliki tujuan jangka panjang yang berbeda. Ada yang berinvestasi untuk menyediakan dana pensiun, dana pendidikan hingga berlibur ke luar negeri.


Selain menentukan tujuan investasi, kamu juga sebaiknya memiliki target yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Misal, kamu ingin berangkat ke Amerika 3 tahun lagi. Maka, kondisi ini akan memudahkan kamu dalam merencanakan skema investasi.

Dari sini pula kamu juga akan tahu, berapa kira-kira modal investasi yang dibutuhkan dan instrumen investasi apa yang paling cocok digunakan.


2. Sediakan Dana Khusus untuk Investasi Setiap Bulan

Aplikasi pencatatan keuangan pribadi bisa kamu gunakan terlebih dahulu untuk menghitung berapa penghasilan bersih setiap bulannya, sebelum dipotong berbagai hal pokok, seperti pajak.

Agar kegiatan investasi bisa terus berlangsung, maka sebaiknya kamu tetapkan sejak awal berapa jumlah dana yang akan diinvestasikan setelah melihat penghasilan bersih yang diterima.

Untuk tips ini, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk mengeluarkan dana lebih. Karena jika dipaksakan, justru akan berdampak pada kesehatan finansial kamu. Cobalah menggunakan bank digital, agar memudahkan perencanaan keuangan.


3. Terus Belajar tentang Investasi

Investasi adalah salah satu pengetahuan yang terus berkembang seiring perkembangan jaman. Bahkan, kamu juga bisa membaca buku-buku tentang investasi maupun menghadiri seminar yang membahas investasi terkini.

Menariknya adalah, setiap investor biasanya memiliki strategi tersendiri untuk bisa terus berada di posisi tersebut. Cobalah mencari tahu dengan bertanya pada mereka.

4. Tanam Modal secara Bersamaan

Menanam modal pada aset yang bersama secara bersamaan, memang sesuatu yang cukup menantang. Namun, guna menghindari risiko diversifikasi akan lebih baik jika Anda menanam modal pada beberapa aset sekaligus.

Upaya pencegahan yang dilakukan sejak awal ini akan membantu modal investasi kamu terus bertambah secara konsisten. Dengan demikian, kerugian yang dialami juga tidak akan terlalu berat, bahkan kamu juga bisa terus berinvestasi.

Jika ingin melakukan hal ini, kamu perlu memiliki rencana yang matang tentang sistem pembagian modal tersebut, sebab hal tersebut juga akan berpengaruh pada instrumen investasi yang kamu pilih nantinya.


Sebelum menanam modal, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai profil investasi tersebut.


5. Pantau secara Berkala Kondisi Investasi

Saat mulai berinvestasi, sebaiknya kamu pilih instrumen yang memiliki resiko kecil, Reksa dana adalah salah satu instrumen tersebut. Meskipun cukup mudah, kamu tetap harus memantaunya secara berkala.


Jika kamu menggunakan aplikasi, maka nanti akan ada manajer investasi yang membantu menyajikan data. Data ini kemudian bisa dicocokkan dengan kondisi pasar investasi yang ada atau perkembangan ekonomi terkini.


Dari laporan tersebut, kamu juga bisa menganalisa apakah produk investasi yang dipilih mengalami kenaikan atau justru menurun. Sehingga dengan demikian kamu pun bisa menentukan sikap selanjutnya berdasarkan data faktual.

Cara berinvestasi

Sumber gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/ilustrasi-grafik-hitam-biru-dan-merah-186461/

Yuk, Mulai Investasi di Bank Digital yang Dijamin Aman


Ketika kamu memulai investasi, sebaiknya memang memilih instrumen yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Hal ini dikarenakan setiap instrumen investasi memiliki kelebihan serta kekurangan, dan itu semua belum tentu cocok dengan kebiasaan finansial kamu.


Jika kamu adalah pemula, cobalah untuk berinvestasi dengan menggunakan instrumen reksadana. Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang memiliki resiko sangat kecil, selain itu keuntungan pun bisa kamu ambil kurang dari setahun.


Rekomendasi aplikasi bank digital yang juga memiliki fitur investasi adalah digibank by DBS. digibank memberikan kemudahan bagi setiap nasabahnya yang sedang memulai investasi. Jangan khawatir, meskipun semua layanan perbankan dilakukan secara virtual, tetapi semuanya terjamin keamanannya.


Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan lain di digibank by DBS, antara lain :

1. Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik bikin hidup kamu lebih all-out. Bayar ini-itu GRATIS pakai Rewards

2. Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun nggak perlu nunda rencana untuk masa depan. Ini cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah, investasi mulai Rp 100 ribu di 120+ pilihan.

Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet, semua transaksi harianmu dalam 1 aplikasi.


Bagaimana? Mudah bukan untuk memulai investasi dengan menggunakan digibank by DBS? Jika kamu juga ingin berinvestasi dengan konsisten bersama digibank by DBS, Segera unduh dan lakukan registrasi. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, baik tentang investasi maupun layanan lainnya, kamu bisa membacanya di sini.

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)