Tips Menabung untuk Pengantin Baru, Bangun Keuangan Bersama

Salah satu kegiatan keuangan yang wajib dilakukan oleh pasangan yang baru menikah adalah menabung. Mengumpulkan uang tabungan menjadi langkah bagi Anda dan pasangan untuk membangun keuangan bersama. Apalagi saat sudah hidup berumah tangga, kebutuhan yang harus dipenuhi pun semakin meningkat.

Tips menabung untuk penganten baru


Sumber gambar : https://www.freepik.com/free-photo/happy-young-couple-sitting-sofa-living-room-home-use-tablet-with-happiness-together-happy-family-concept_24504694.htm#page=2&query=keluarga%20mobile&position=26&from_view=search&track=ais)


Setelah menikah, Anda dan pasangan tidak lagi memikirkan keuangan untuk diri sendiri. Perencanaan keuangan harus dilakukan bersama untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga, mulai dari belanja bulanan satu keluarga, menyiapkan dana pendidikan anak, membeli rumah atau mengangsur KPR dan lainnya. Untuk bisa mencapai target-target finansial tersebut, maka Anda dan pasangan perlu menabung bersama.

Namun seringkali kegiatan menabung bersama cukup sulit bagi pasangan baru. Dari yang sebelumnya mengelola uang untuk kebutuhan masing-masing kini harus diatur secara bersama. Untuk memudahkan keperluan tersebut, Anda dan pasangan perlu buka rekening online khusus yang diperuntukkan sebagai tabungan.

Apalagi saat ini buka rekening online sangat mudah dan persyaratannya nggak ribet. Bagi Anda dan pasangan yang ingin memiliki keuangan keluarga yang stabil dan meningkat maka wajib tahu tips menabung untuk pasangan baru.

Tips Menabung bagi Pengantin Baru

Banyak pasangan baru yang masih terhanyut dalam romansa pernikahan hingga mengabaikan perencanaan keuangan. Padahal perencanaan keuangan perlu segera dilakukan oleh pasangan yang baru menjalani rumah tangga. Sebab jika tidak dilakukan maka siap-siap saja finansial keluarga akan terganggu dengan banyaknya kebutuhan yang datang.

Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan tips menabung bagi pengantin baru berikut ini:

1. Menentukan Tujuan Keuangan

Tips menabung untuk penganten baru


Sumber ganbar : https://www.freepik.com/free-photo/young-couple-is-working-from-home-while-young-girl-is-holding-paper-house-sofa_7955639.htm#page=3&query=keuangan%20rumah%20tangga&position=38&from_view=search&track=ais


Memiliki tujuan yang jelas adalah hal penting bagi pasangan yang ingin memulai menabung. Anda perlu berdiskusi bersama pasangan untuk menentukan tujuan atau target yang akan dicapai dengan menabung. Misalnya Anda dan pasangan berencana menabung untuk mengumpulkan uang DP pembelian rumah, membayar biaya anak masuk sekolah, membeli kendaraan dan lainnya.

Perlu diingat bahwa tujuan menabung harus spesifik dan realistis agar bukan semata-mata berdasarkan impulsif. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda dan pasangan akan lebih termotivasi dan bisa fokus mengumpulkan uang tabungan. Selain itu, Anda dan pasangan juga akan lebih bijak dalam mengalokasikan keuangan keluarga. Supaya Anda dan pasangan tidak lupa dengan tujuan menabung, tidak ada salahnya untuk menuliskan dalam buku catatan atau note di ponsel.

2. Menyusun Rencana Tabungan

Setelah menentukan tujuan, Anda dan pasangan juga harus menyusun rencana tabungan. Menabung akan berjalan lancar dan efektif ketika Anda mempunyai rencana yang terorganisir. Buatlah beberapa ketentuan dalam mengalokasikan uang untuk ditabung, mulai dari jumlah uang, waktu menabung, hingga rekening penyimpanannya. Anda bisa buka rekening online khusus tabungan untuk memudahkan keperluan keuangan Anda.

Dengan memiliki rencana tabungan, Anda dan pasangan bisa lebih bijak dan terkontrol dalam mengelola keuangan. Anda dan pasangan juga bisa memberlakukan aturan atau sanksi apabila target tabungan tidak tercapai. Selain itu, Anda juga perlu membuat plan B apabila di tengah perjalanan terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan mengambil dana tabungan.

3. Menentukan Target Jumlah Tabungan

Jangan lupa juga untuk menentukan target jumlah tabungan. Setiap keluarga bisa memiliki target yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dan kondisi keuangan. Dengan memiliki target jumlah uang yang harus terkumpul, Anda jadi punya gambaran jelas terkait jangka waktu dalam menabung.

Dalam menentukan target jumlah tabungan, Anda juga perlu mempertimbangkan besaran pendapatan dan kebutuhan prioritas yang harus dipenuhi oleh keluarga Anda. Jangan sampai Anda memikirkan target yang terlalu tinggi hingga mengabaikan alokasi keuangan lainnya. Jadi pastikan target tabungan harus realistis sehingga tidak mengakibatkan beban finansial.

Dengan memiliki target jumlah tabungan, Anda juga punya gambaran bagaimana memanfaatkan dana tersebut nantinya. Tentunya dalam menentukan target tabungan, Anda harus menghitung terlebih dahulu biaya yang dibutuhkan untuk mencapai goals yang diinginkan. Misalnya menghitung besaran dana untuk biaya anak masuk sekolah, jumlah uang untuk DP rumah dan lainnya.

4. Melunasi Semua Utang

Saat Anda dan pasangan berencana menabung, jangan abaikan utang-utang yang dimiliki. Apabila Anda atau pasangan masih mempunyai tanggungan utang, sebaiknya segera lunasi utang tersebut. Ketika utang telah terbayar lunas, proses menabung akan menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Anda dapat berfokus mengumpulkan uang tanpa kepikiran beban cicilan atau utang.

Apabila Anda belum bisa melunasi hutang secara langsung, maka Anda bisa membayarnya dengan dicicil. Jadi Anda tetap harus memasukan pos tagihan utang dalam alokasi wajib pada keuangan Anda. Meski baru bisa mengangsur, asalkan dilakukan secara konsisten atau rutin maka perlahan Anda akan terbebas dari utang dan bisa lebih mudah mengejar target keuangan lainnya.

5. Gaya Hidup Hemat dan Sederhana

Salah satu faktor yang membuat pasangan kesulitan mengumpulkan tabungan adalah gaya hidup yang berlebihan. Seringkali pasangan baru terbawa arus FOMO atau gengsi hingga menjalani kebiasaan-kebiasaan di luar batas kemampuan keuangannya, mulai dari aktivitas makan, belanja, liburan dan lainnya.

Jadi supaya Anda dan pasangan bisa menabung dengan lancar dan konsisten, maka terapkan gaya hidup hemat dan sederhana. Bukan berarti pelit, tapi mampu menyadari dan menyesuaikan pengeluaran dengan kondisi keuangan. Dengan membiasakan diri untuk hidup hemat maka Anda dan pasangan bisa mengalokasikan sebagian uang untuk ditabung.

6. Berbelanja secara Cerdas

Menyambung dari tips sebelumnya, Anda dan pasangan juga harus punya mindset berbelanja secara cerdas. Belanja memang jadi salah satu aktivitas yang tidak terhindarkan bagi setiap orang, baik untuk memenuhi kebutuhan primer maupun sekunder serta sebagai self reward. Namun apabila tidak dilakukan dengan bijak, maka kebiasaan ini dapat mengganggu keuangan keluarga.

Oleh karena itu, Anda dan pasangan harus membangun kebiasaan berbelanja secara cerdas. Misalnya melalui cara sederhana membuat daftar belanja secara rinci sebelum pergi shopping. Anda wajib mematuhi daftar belanja tersebut agar kantong tidak jebol. Selain itu, Anda dan pasangan juga bisa memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan di online shop maupun toko fisik supaya lebih hemat pengeluaran.

7. Membuat Tabungan Terpisah

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat tabungan terpisah. Ajak pasangan Anda untuk buka rekening online yang diperuntukkan secara khusus untuk tabungan. Jadi Anda dapat memisahkan antara dana untuk kebutuhan keluarga dan uang yang dikumpulkan sebagai tabungan.

Dengan memiliki rekening terpisah, keuangan Anda akan lebih terorganisir dan tidak tercampur-campur. Langkah ini juga menghindarkan keteledoran atau keinginan untuk menggunakan uang tabungan. Jadi tabungan Anda akan lebih aman sehingga target yang ditetapkan pun bisa lebih mudah tercapai.


Menggunakan Rekening Online di Bank Digital untuk Menabung

Setelah membaca tips di atas, pastinya Anda dan pasangan semakin yakin bisa menabung untuk membangun keuangan bersama. Kesuksesan dalam mengumpulkan uang tabungan sangat tergantung pada kebiasaan-kebiasaan Anda dalam menggunakan uang. Selain mengelola uang secara bijak, supaya kegiatan menabung Anda semakin mudah dan terkontrol maka sebaiknya buatlah rekening khusus.

Anda bisa membuka rekening online khusus untuk tabungan. Dengan adanya rekening online, Anda bisa mengontrol dan memantau keuangan secara lebih mudah. Salah satu rekening online yang bisa Anda pilih adalah PermataME. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank.

Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Syarat buka rekening online ini juga sederhana dan nggak ribet.

Informasi lebih lengkap mengenai tabungan online PermataME dan pendaftarannya bisa Anda baca di sini.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)