Cara Saya Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadhan

Alhamdulillah... dalam hitungan hari para umat muslim diseluruh penjuru dunia akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian umat muslim yang beriman, karena umat muslim yang beriman pastinya akan menangis bahagia karena bisa dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan.


Pada bulan Ramadhan, segala aktifitas akan menjadi ibadah dan insyaallah pahala ibadah akan dilipatgandakan. Banyak sekali para muslim yang berlomba-lomba dalam melakukan kegiatan positif ini. Saya pribadi tentunya sangat menyambut bulan Ramadhan ini dengan penuh warna. Ini pun karena tradisi, lifestyle, dan kebutuhan. 



Menyambut bulan Ramadhan saya harus mempercantik rumah alias bersih-bersih. Saya tidak mau saat bulan Ramadhan datang rumah saya kotor. Biasanya saya membersihkan debu yang ada di kolong tempat tidur, lemari maupun tempat-tempat yang sekiranya debu bersarang. Serta atap yang banyak jaring laba-labanya. Semuanya akan saya bersihkan mulai dari menyapu, mengepel, dan membersihkan jendela kaca agar terlihat kinclong.

Untuk tradisi menyambut bulan Ramadhan biasanya di tempat saya tinggal ada acara megengan. Di acara megengan ini biasanya banyak jajan. Semua muslim yang ada diperumahan tempat saya tinggal nantinya membawa nasi kotak 2 bungkus untuk setiap rumah dan dibawa ke masjid. Selain bertemu dengan seluruh warga perumahan dan mendengarkan ceramah agama nantinya di masjid kami saling silaturahim sama lain.

Ngomong-ngomong kebutuhan pada bulan Ramadhan itu banyak sekali. Mulai dari printilan dapur, kue lebaran, baju lebaran, dan masih banyak lagi. Pastinya pilihan berbelanja bisa melalui offline maupun online. Nah... dengan banyaknya kebutuhan selama bulan Ramadhan ini menjadikan sebagai Ramadhan Ekstra. Ya itu sih menurut saya, Ekstra banyak untuk pengeluarannya. Nah... bagaimana agar kita tetap hemat berbelanja online pada bulan Ramadhan nanti.


Tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :


1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.


2. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.


3. Cari toko online terdekat

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik. 


4. Pilih cara pembayaran yang tepat

Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.


5. Pilih metode pengiriman paling efisien

Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.


6. Manfaatkan promo dan diskon 

Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.


7. Cari toko dengan feedback positif dari pelanggannya

Nah, yang ini sih antara penting dan nggak penting. Tapi menurut saya penting pake banget. Walaupun harga di toko tersebut murah tapi jika melihat feedback/ulasan negatif dari pelanggannya mendingan saya nggak jadi beli disini. Feedback negatif itu macam-macam bisa saja keluhan dari pelanggan yang ternyata barang yang dibelinya tidak sesuai dengan gambar atau deskripsi. Untuk itu jika ingin belanja online dipastikan kita mencari toko yang memiliki feedback positif. Itu menurut saya agar berbelanja tetap hemat kita harus cermat juga.



Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special?



Pastinya Ramadhan Ekstra di Tokopedia nanti sepertinya bertabur diskon, bonus, dan promo yang menggiurkan. Atau bisa saja gratis ongkos kirim setiap kita berbelanja di Tokopedia. Semuanya pada ekstra kok, tenang saja. Ekstra Flash Sale, Ekstra Kupon, Ekstra Bonus Produk Digital, dan Ekstra Kejutan. Kalau ditanya mau belanja apa saya di Tokopedia nanti menjelang Ramadhan Ekstra? Saya bakalan belanja baju lebaran keluarga, kue lebaran, kerudung, dan alas kaki. Semuanya saya mau borong di Tokopedia dengan cara menerapkan 7 tips berbelanja hemat di Tokopedia tersebut.

2 comments:

  1. Yang poin nomor 3, cari toko terdekat, kok yo aku nggak pernah kepikiran yo Mbak. Apalagi buat aku yang tinggal di Lamongan, urusan bea ongkir tu lumayan e...

    ReplyDelete
  2. AKu biasanya cari lokasi seller yang di surabaya, karena ongkir lebih murah dan cuma sehari biasanya sudah sampai.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)