Ini 7 Tanda Smartphone Kena Virus

Virus merupakan salah satu ancaman terbesar bagi pengguna smartphone Android. Setiap tahunnya, ancaman virus semakin meningkat dan menargetkan pengguna Android sebagai ‘mangsanya’. Sama seperti smartphoneku kadang tiba-tiba ada virus tak terdeteksi atau kadang menyusup di aplikasi yang diinstal. 

Virus dapat menyebabkan banyak kerusakan bagi smartphone, mulai dari pencurian data pribadi, data perbankan hingga kerusakan software / hardware yang buat smartphone tak bisa beroperasi lagi. 



Untuk mengetahui apakah smartphoneku dan Android kalian sudah terinfeksi virus atau malware, coba cek apakah smartphone kalian memiliki satu dari 7 tanda jika smartphone kena virus berikut ini.

1. Boros Baterai

Sering merasa jika baterai smartphone cepat habis padahal kalian tidak sedang menjalankan banyak aplikasi yang berat? Ini bisa jadi salah satu indikasi jika smartphone sudah terjangkit virus. Salah satu sifat jahat virus adalah selalu aktif di background tanpa disadari oleh pengguna, misalnya dengan menjalankan program tidak penting, menampilkan iklan dan sebagainya yang membuat baterai cepat habis.

Untuk melihat apakah ada aplikasi mencurgakan yang menghabiskan daya baterai smartphone kalian, buka Setting > Apps lalu klik aplikasi yang mencurigakan, scrol hingga menemukan Battery untuk melihat berapa persen (%) baterai yang dihabiskan aplikasi itu sejak full charge terakhir. Jika pemakaian baterai di satu atau beberapa aplikasi terlalu besar, sebaiknya segera uninstal aplikasi tersebut.


2. Boros Kuota Data

Tak hanya aktif di background, ada juga virus yang bisa melakukan berbagai hal secara otomatis, seperti download, membuka aplikasi secara otomatis dan sebagainya yang bisa menghabiskan kuota data dengan cepat. 

Untuk mengeceknya, kalian bisa buka Setting > Data Usage. Akan terlihat list aplikasi dan berapa banyak data yang digunakan. Jika ada aplikasi yang jarang kalian buka tapi memiliki pemakaian data yang terlalu banyak, kamu patut curiga dan ada baiknya segera uninstal applikasi tersebut.


3. Sering Restart Sendiri

Ada beberapa hal yang menyebabkan smartphone bisa restart sendiri. Mulai dari karena smartphone terlalu panas, ada eror di sistem atau software, terlalu banyak file cache, overload di CPU maupun RAM dan yang paling sering adalah dikarenakan virus. Virus bisa masuk pada sistem reboot dan merusak sistem Android sehingga membuat smartphoneku sering restart sendiri.


4. Kinerja Melambat

Penurunan kinerja smartphone secara tiba-tiba bisa jadi salah satu tanda jika smartphone sudah terinfeksi virus. Hal ini karena aplikasi yang mengandung virus dan malware terus bekerja di background yang bisa memberatkan sistem. 


5. Mengirim atau Menerima Pesan Aneh

Sama seperti akun email yang bisa mengirim pesan scam ketika terinfeksi virsu, smartphone juga sama. Smartphone yang sidah terinfeksi virus biasanya mampu mengirim pesan secara diam-diam dan bahkan bisa membuat panggilan telepon. Jika kalian sering menemukan SMS aneh masuk ke smartphone, kemungkinan besar smartphone telah kena virus. Hacker bisa menggunakan teknik phising untuk mendapatkan informasi akun perbankan dan data penting kalian lainnya.


6. Sering Muncul Iklan Pop-up

Pernahkah kalian mengalami ketika sedang asyik membuka sosial media maupun aplikasi lainnya, lalu tiba-tiba muncul pop-up iklan yang memenuhi layar smartphone? Ini bisa jadi tanda jika smartphone telah terkena virus tipe adware. Jangan sekali-kali klik iklan pop up yang muncul ya karena bisa jadi salah satu cara hacker untuk mengambil informasi penting kalian.


7. Redirect

Pernah mengalami ketika tengah asyik browsing lalu tiba-tiba kalian dialihkan ke situs lain yang tidak jelas dan aneh? Ini juga tanda jika smartphone terkena virus, lho! Ada jenis virus yang bsia melakukan redirect ke website tertentu yang penuh dengan ‘jebakan’, entah itu phising hingga bisa inject script berbahaya ke smartphone. Jika kalian mengalami hal ini, segera tutup website tersebut dan scan smartphone dengan antivirus sesegera mungkin.

Karena terkena virus itu sangat tidak mengenakkan, perhatikan tips berikut agar terhindar dari virus di smartphone ya!


Salam,
Dwi Puspita




No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)