Mengintip Manfaat Penggunaan Breast Pad dan Tips Menggunakannya

Menyusui si kecil merupakan sebuah kewajiban bagi seorang ibu agar si kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal. ASI ibu merupakan makanan terbaik bagi bayi yang perlu ibu berikan hingga bayi berusia 6 bulan dan dilanjutkan dengan penambahan makanan pendamping hingga bayi berusia 2 tahun. 


Meski begitu kegiatan menyusui tak selamanya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bagi ibu yang memiliki produksi ASI berlebih misalnya, di tengah kesibukannya yang lain, air ASI ibu bisa keluar tanpa disengaja dan menyebabkan baju ibu menjadi basah di area payudara. Jika ibu merupakan wanita bekerja maka hal tersebut bisa menjadi sebuah penampilan yang tidak menyenangkan terutama jika berurusan langsung dengan client atau atasan. Untuk itulah kini sudah diciptakan breast pad atau mama pad yaitu alat yang bisa ibu andalkan untuk menyerap ASI yang berlebih.

Mama pad memiliki bentuk lingkaran yang terbuat dari kain ataupun busa dimana gunanya adalah untuk menyerap ASI berlebih yang bisa keluar dari payudara ibu secara tidak sengaja. Ada beberapa waktu dimana ASI bisa keluar tanpa diinginkan misalnya ketika bayi menyusu di payudara kanan dan ASI di payudara kiri secara otomatis ikut keluar, atau ketika payudara habis dipompa untuk mengisi botol bayi. Jika hal tersebut terjadi di rumah maka tak terlalu menjadi masalah karena ibu bisa menampung ASI tersebut. Namun jika terjadi di luar rumah apalagi di area kerja maka akan menjadi hal yang tidak menyenangkan dan mempengaruhi kepercayaan diri ibu.

Jika hal tersebut terjadi pada ibu, maka saat itulah ibu memerlukan sebuah breast pad yang bisa menyerap ASI sehingga tidak mengganggu penampilan. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan mama pad ini, berikut ini adalah cara menggunakannya :
  1. Ibu terlebih dahulu menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran payudara.
  2. Ambil mama pad dan pasangkan di balik bra yaitu di antara payudara dan bra.
  3. Rekatkan mama pad sehingga kencang dan tidak bergeser.
  4. Gunakan di kedua sisi payudara.
ASI sebagai sumber nutrisi bisa mengakibatkan jamur atau bakteri pada tempat yang menumpuk ASI termasuk mama pad. Karenanya gantilah mama pad setiap 3 atau 4 jam sekali agar penggunaan pad oleh ibu tetap sehat bagi kulit dan puting payudara.


Ada dua jenis mama pad ini yang bisa ibu dapatkan di pasaran yaitu disposable mama pad dan washable mama pad. Disposable merupakan pad yang didesain untuk hanya digunakan sekali saja dan dibuang setelah terpakai. Dibuat dari spon dan kain halus yang memberikan kenyamanan pada ibu. Washable pad merupakan pad yang terbuat dari kain dimana Anda bisa mencucinya setelah digunakan untuk digunakan kembali setelah kering. Namun perlu diperhatikan untuk mencuci dan mengeringkannya dengan sempurna agar tak ditumbuhi jamur.

Saat ini untuk memperoleh breast pad sangatlah mudah karena sudah banyak merk perlengkapan bayi yang memiliki produk ini. Anda bisa memilih dari dua jenis tersebut mana yang menjadi selera Anda dari harga maupun kenyamanan. Untuk membelinya, Anda bisa memesan di situs belanja online terpercaya yang bisa Anda survey terlebih dahulu merk dan harga jualnya. Jangan lupa untuk membawa mama pad ini kemanapun Anda pergi selama masih membutuhkannya untuk menjaga penampilan agar tetap percaya diri, bersih dan tanpa noda susu di baju.

Salam,
Dwi Puspita



1 comment:

  1. Saya belum pernah makai breast pads nih, lucu juga kayak pembalut ya hahaha :)

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)