Ini Keuntungan Yang Bisa Kamu Dapat Jika Pakai Lampu LED

Pusing dengan Tagihan Listrik yang Mahal? Ini Keuntungan yang Bisa Kamu Dapat Jika Pakai Lampu LED

Bukan lagi obor dan bohlam, kini sudah zamannya pakai lampu LED. LED atau Light Emithing Diode merupakan semikonduktor yang mampu mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. LED dapat mengubah energi listrik menjadi energi cahaya ketika ada aliran listrik yang melewatinya. Jadi, lampu LED adalah lampu yang menggunakan kumpulan LED sebagai sumber cahayanya. Nah, lalu apa bedanya pakai lampu biasa dengan lampu LED? Apa keuntungan yang bisa kamu dapat saat menggunakan lampu LED? Yuk, baca di sini!

Hemat Energi

Jika kamu sering pusing dengan tagihan listrik yang membengkak, sepertinya kamu wajib untuk mencoba lampu LED sebagai alat penerangan di rumah. Lampu LED ini mampu mengurangi tagihan listrik karena lampu ini memiliki daya pemakaian listrik yang sangat kecil, bahkan jika kamu menggunakan beberapa rangkaian lampu LED 220v di rumah sekalipun.


Lampu LED dapat menghemat energi karena ukuran watt-nya yang lebih kecil dibandingkan dengan lampu jenis lain. Saat ini, lampu LED bahkan tersedia dalam ukuran 3 watt. Wah, lebih kecil dari lampu bohlam dengan cahaya oranye yang digunakan pada awal adanya lampu listrik, ya. Lampu bohlam sendiri memiliki ukkuran terkecil 5 watt. Tak heran, jika lampu LED sering disebut bisa menghemat penggunaan listrik hingga 90%, kan?


Daya Tahan Lebih Lama

Kamu pasti kesal jika harus sering mengganti lampu karena lampu yang kamu gunakan cepat rusak. Untuk kamu yang mengalami masalah ini, lampu LED bisa menjadi solusi untuk masalahmu. Lampu LED jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan lampu pijar biasa. 


Jika dibandingkan, lampu pijar biasa hanya bisa bertahan hingga 1000 jam pemakaian, sedangkan lampu LED mampu bertahan hingga 50.000 jam pemakaian. Jauh sekali bukan perbedaannya. Dengan lampu yang lebih tahan lama kamu pasti bisa menghemat uang belanja. Bayangkan saja, 50.000 jam itu sama dengan 15 tahun jika rata-rata pemakaian per harinya adaah 10 jam. Selama itulah kamu bisa menghemat uang yang dalokasikan untuk membeli lampu pengganti.


Tidak Mudah Panas

Sudah cukup udara panas karena ruanganmu tidak ber-AC. Jangan tambah lagi dengan menggunakan lampu yang menghasilkan panas. Keuntungan lain yang bisa kamu dapat saat menggunakan lampu LED adalah cahaya lampu LED yang tidak emnghasilkan panas. Dengan demikian, suhu ruanganmu tidak akan naik atau menjadi lebih panas meskipun lampumu menyala dalam jangka waktu yang lama.




Cahaya Tanpa Ultraviolet

Sinar ultraviolet atau yang sering dikenal dengan sebutan sinar UV adalah sinar yang bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan, terutama kesehatan kulitmu. Secara alami, sinar ini terkandung dalam sinar matahari. Tapi, sinar ini juga bisa terdapat pada sinar lampu. Kontak langsung kulit dengan sinar UV akan membuat kulitmu terbakar dan mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan garis halus pada kulitmu.


Tidak mau, kan, terpapar sinar UV padahal sudah bersembunyi dari sinar matahari? Solusinya adalah menggunakan lampu ruangan yang sinarnya tidak mengandung sinar ultraviolet. Nah, ini dia kelebihan lampu LED selanjutnya, yaitu sinar yang dihasilkan oleh lampu LED tidak mengandung sinar ultraviolet.


Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan lampu LED. Salah satu lampu LED yang recommended banget buat kamu coba adalah lampu LED Philips 220 Volt. Selain hemat biaya tagihan listrik, dengan menggunakan lampu LED Philips 220 Volt ini, kamu akan mendapatkan sinar yang terang, tidak panas, dan tidak mengandung sinar ultraviolet yang berbahaya.

Salam,
Dwi Puspita

Keterangan : Sumber foto dari website review Bukalapak

No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)