Beginilah Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta Ibu

Sabtu kemarin saya menghadiri kampanye Sentuhan Cinta Johnsons's. Pastinya yang hadir adalah para ibu dengan anaknya yang masih bayi ataupun ibu yang sedang hamil. Kampanye Sentuhan Cinta ini adalah bukti bahwa JOHNSON'S sangat peduli kepada masyarakat. Saya juga ucapkan terima kasih banyak kepada The Urban Mama yang mengundang saya hadir dalam acara ini untuk mendapatkan pengetahuan dan menambah pengalaman saya terhadap sentuhan cinta seorang ibu kepada anaknya yaitu bagaimana cara memijat bayi yang benar.

Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

Tentang Periode Emas dan Sentuhan Cinta Johnson's


Sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, JOHNSONS'S sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta yaitu cara memijat bayi dengan benar yang bisa dilakukan oleh ibu dirumah. Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas.


Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta


Penelitian menunjukkan bahwa periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, sampai bayi beranjak dewasa. Tidak hanya nutrisi yang cukup, namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi.

Jika ada pertanyaan, apakah bayi baru lahir boleh dipijat? Boleh, pastinya dengan teknik pijat bayi yang tepat seorang ibu bisa melakukannya sendiri dirumah. Teknik pijat bayi baru lahir ini bisa kita dapatkan di internet dengan mudah loh sebenarnya.

Teknik pijat bayi dan gambarnya nanti akan tersaji dengan mudah dan bisa ibu lakukan dirumah.


Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

Acara Sentuhan Cinta Johnson's yang sangat bermanfaat sekali terutama bagi ibu-ibu di Indonesia. Ternyata pijat bayi bisa dilakukan sendiri oleh ibu dengan sentuhan cinta loh. Tak perlu ke SPA bayi, pijat bayi di luar namun seorang ibu/orang tua bisa melakukannya tanpa harus repot-repot keluar rumah. Seperti yang saya jelaskan, asalkan teknik pijat bayi bisa kita kuasai.


Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

Ibu Wynne Lukman selaku Brang Manager JOHNSON'S Baby menyampaikan tujuan kampanye Sentuhan Cinta ini kepada para ibu dan peserta lainnya yang hadir dan ingin mengikuti materi tentang bagaimana cara memijat bayi. Pijat bayi itu mudah sekali asalkan para ibu mengetahui tekniknya dengan benar loh.

Dengan memijat bayi yang benar maka akan memberikan dampak pada si bayi yaitu anak akan lebih nyaman.


Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

Dengan adanya Sentuhan Cinta ini sendiri antara lain memperkenalkan JOHNSON'S Sentuhan Cinta ke masyarakat luas, terutama para ibu di Indonesia. Meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat dan mandi bagi kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya dalam periode emas.


Materi selanjutnya adalah materi dari dokter Dyah Retno Wulan, Spa. Beliau menjelaskan pentingnya periode emas dan  mengingatkan kepada para ibu yang hadir. Cara terbaik perawatan masa golden periode yang dijelaskan oleh dokter Dyah Retno Wulan, Spa yaitu :

1. Penuhi Kebutuhannya
  • Fisik, berupa nutrisi, kebersihan, perawatan fisik (kulit, rambut, dll) dan stimulasi fisiknya
  • Mental/Emosional, berupa stimulasi multi sensori dan kasih sayang
  • Spiritual, berupa agama dan etika (akhlak)
2. Stimulasi Dini
  • Cikal bakal proses pembelajaran
  • Pendidikan dan pelatihan
  • Mengoptimalkan tumbuh kembang dan kesehatan yang baik

Stimulasi multisensori akan bermanfaat bila terjadi secara bersamaan, terintegrasi, terkait satu sama lain.

Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

Tips dalam memastikan agar tumbuh kembang anak lebih optimal.

Untuk bayi pertama dipastikan harus sehat. Sehat sejak bayi baru dilahirkan, ia akan menggunakan inderanya untuk melanjutkan bonding yang dimulai dari kandungan. Kedua, masalah kebersihannya yaitu handuk, pakaian, mainan dan peralatan makannya. Ketiga, bayi harus happy yaitu dengan kasih sayang dan keamanan.
Pastikan jangan membuat bayi merasa tidak nyaman oleh hal-hal sepele, seperti :

  1. Wewangian yang terlalu tajam
  2. Suhu ekstrim
  3. Tekstur kasar
  4. Suara keras
  5. Cahaya yang terlalu silau/terang

Memijat bayi secara rutin merupakan salah satu cara untuk memberikan sesuatu yang lebih untuknya. Lebih banyak waktu untuk membangun ikatan dengannya. Lebih banyak stimulasi sensorik sehingga perkembangan bayi yang lebih sehat.

Salah satu faktor paling penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia adalah sentuhan penuh kasih dari ibu. Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yng krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil. 

Dalam banyak hal, sentuhan menjadi bahasa pertama kita. Sentuhan lembut dan penuh kasih dapat membantu bayi kecil untuk tumbuh lebih kuat dan tanpa rasa cemas. Bayi yang disentuh secara rutin melakukan kontak mata 50% lebih banyak dan menunjukkan ekspresi positif tiga kali lebih banyak, dibandingkan bayi lainnya. 

Banyak rumah sakit dan pusat persalinan menyarankan untuk meletakkan bayi yang baru lahir di dada atau perut ibu mereka, untuk memberikan sebanyak mungkin kontak dari-kulit-ke-kulit demi perkembangan bayi. Kontak langsung antara ibu dan bayi dapat membantu menenangkan pernapasan bayi dan membantu ibu lebih dekat secara emosional, proses yang disebut membangun ikatan atau hubungan. 


Membangun Ikatan dan Manfaat Lain dari Pijat Bayi

Memijat adalah cara yang menyenangkan untuk membantu mempererat ikatan ibu dan si kecil. Ini merupakan kunci untuk perkembangan bayi. Banyak peneliti dan ahli klinis percaya bahwa ikatan positif antara ibu dan anak dapat membantu anak dalam membentuk pondasi untuk hubungannya di masa mendatang.

Selain membantu ibu dan bayi menjadi lebih dekat, pijat bayi rutin juga dapat :
  1. Menenangkan serta mengurangi frekuensi menangis pada bayi
  2. Memperlancar pencernaan, serta mengurangi sakit perut, gas dan sembelit
  3. Menambah berat badan harian
  4. Membantu bayi lebih mudah beradaptasi dengan tidur malam, dan membantunya tidur lebih nyenyak
  5. Meredakan sesak napas dan rasa tak nyaman pada saat tumbuh gigi
  6. Membantu pembentukan, koordinasi serta kelenturan ototnya dengan baik.
  7. Meningkatkan kesadaraan tubuhnya
  8. Meningkatkan sistem kekebalan
  9. Menjadikan tekstur kulitnya lebih baik
  10. Membantu ibu dan bayi merasa tenang dan rileks
  11. Meningkatkan rasa percaya diri ibu dalam memegang bayi

Fakta Tentang Bayi

Selain kontak dari-kulit-ke-kulit, penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dapat meningkatkan kemampuan kognitif, kewaspadaan, dan konsentrasi pada anak. Namun sayangnya, berdasarkan JOHNSON’S® Global Bath Time Report, hanya 23% dari orang tua di seluruh dunia percaya bahwa pijatan sangat penting bagi pertumbuhan otak anak mereka.

Sentuhan cinta ibu berkontribusi pada ikatan emosional pertama dengan bayi. Kontak ini membantu membangun pondasi bagi perkembangan emosional dan intelektualnya di masa mendatang. Jadi, lain kali saat ibu memijat bayi setelah ia mandi, ketahuilah bahwa bentuk ungkapan kasih sayang ini memiliki manfaat lebih bagi pertumbuhannya dan dapat memberikan dampak positif untuk jangka panjang.


Sejarah Pijatan
  • Terapi pijatan adalah salah satu bentuk pengobatan tertua, terbukti dari penggunaannya di Cina, India, dan Mesir lebih dari 2000 tahun yang lalu
  • Hippokrates mendefinisikan obat sebagai “seni mengusap” pada 400 SM
  • Menurunnya penggunakan terapi pijat dalam pengobatan barat dipicu oleh adanya revolusi farmasi di tahun 1940-an

Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

Materi selanjutnya dibawakan oleh praktisi pijat bayi yang bernama Gina Puspanti Anggraeni. Mbak Gina tidak hanya memberikan materi namun beliau akan mempraktekkan langsung pijat bayi dengan sentuhan cinta.


Teknik Memijat Bayi Yang Benar

Kini dengan kampanye sentuhan cinta para ibu dapat mengetahui bagaimana manfaat pijat bayi dan sentuhan dapat mempererat ikatan ibu dan bayi, serta membantu perkembangan anak dan pertumbuhan sehat sang buah hati, namun mungkin ibu bertanya-tanya, "Bagaimana sebaiknya memulai?"

Berikut adalah tips dan teknik memijat bayi dalam membantu ibu memijat bayi dengan aman dan lembut.
CATATAN : Jangan memijat bayi saat ia sakit atau baru saja diimunisasi karena bagian tubuhnya yang disuntik bisa jadi masih terasa sakit.

Teknik Memijat Bayi antara lain :
  1. Pilihlah waktu saat bayi ibu sedang bangun dan sadar, tidak terlalu lapar atau kenyang
  2. Siapkan apa yang ibu butuhkan: baby oil, handuk, popok, dan pakaian bersih
  3. Gunakan tempat yang aman dan nyaman untuk melakukan pijatan, dan posisikan bayi ibu agar ia dapat melihat wajah ibu dengan jelas
  4. Pastikan ruangannya hangat dan pencahayaan tidak terlalu terang
  5. Cuci tangan dan lepaskan perhiasan ibu
  6. Sebelum memulai, gunakan waktu untuk bersantai dengan mengambil napas dalam-dalam, hal ini juga membantu bayi ibu lebih rileks
Bayi berbeda dengan kita, mereka selalu berubah sepanjang waktu. Sebagai contoh, bayi yang masih kecil mungkin merasa lebih aman jika tetap mengenakan pakaiannya dan merasa lebih dekat dengan tubuh orang tua mereka.


Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

Mbak Gina juga menjelaskan, jika saat bayi dipijat tapi kemudian menangis, alangkah baiknya untuk berhenti dulu memijat bayi. Biarkan si bayi istirahat dulu, seperti nenen, nyemil, atau hal lain yang kembali membuatnya nyaman. Untuk lebih jelasnya tonton video cara memijat bayi yang benar di bawah ini ya ibu-ibu.

Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

Manfaat pijat bayi ini bisa didapatkat oleh si bayi dan ibunya sendiri. Pastinya secara psikologis bonding keduanya pun disatukan oleh sentuhan dan tatapan.

  • Manfaat pijat bayi yang pertama adalah dengan sentuhan yang dilakukan melalui ritual pijat bayi akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang.


Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

  • Manfaat pijat bayi yang kedua adalah membantu perkembangan otak. Sikap orang tua juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan anak secara jangka panjang dan bagaimana nantinya anak mampu menghadapi tekanan. Sentuhan cinta berpengaruh terhadap sistem saraf-stimulasi sensorik selama pijat telah terbukti membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat.


Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

  • Manfaat memijat bayi yang ketiga adalah dapat mengurangi kerewelan bayi dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan bayi. Bayi yang terbiasa dipijat, cenderung lebih mudah untuk bersosialisasi. Mereka cenderung melakukan kontak mata jika bertemu dengan orang lain, senyum dan berbicara dengan ramah.
  • Manfaat memijat bayi yang keempat adalah membuat bayi pulas tidur. Ritual mandi dan pijat dengan menggunakan produk yang tepat untuk bayi adalah waktu ikatan yang tepat antara orang tua dan bayi. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi.
Tonton video tentang cara memijat bayi yang benar, pastinya yang bisa ibu-ibu lakukan di rumah.


Secara garis besar manfaat pijat bayi itu ada 2, yaitu manfaat Fisik dan manfaat Emosional.

Manfaat Fisik Pijat Bayi
  1. Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan
  2. Membantu melancarkan sistem peredaran darah
  3. Membantu melancarkan sistem sirkulasi/pernafasan
  4. Membantu meningkatkan berat badan dan tumbuh sehat
  5. Membantu meningkatkan sistem immunitas, yaitu bayi makin sehat
  6. Meningkatkan kualitas tidur dan memperlama masa tidur. Tidur lebih lelap dan lama sehingga perkembangan memori bisa maksimal.
Manfaat Emosional/Psikis Pijat Bayi

  1. Membuat ikatan/ bonding dengan ibu/ orangtua
  2. Lebih mudah bersosialisasi, contohnya berupaya menjangkau, tersenyum dan kontak mata
  3. Membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
  4. Menurunkan produksi hormon stresor, sehingga akan membuat bayi riang
  5. Mengurangi rewel
  6. Membantu bayi untuk berlatih relaksasi
Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

Memijat Bayi yang Baru Lahir

Meski bayi ibu tampak begitu rapuh, jangan takut untuk mulai memijatnya secara rutin segera setelah ia lahir. Pijat bayi rutin membantu mempererat ikatan antara ibu dan bayi, dan mendorong perkembangan anak, serta membuatnya tumbuh dengan sehat dan bahagia. 

Melalui pijat bayi, ibu dapat lebih mengetahui cara bayi dengan ibu berkomunikasi, serta cara untuk mendukungnya pada beberapa bulan pertama usianya. Manfaat lain dari pijat bayi adalah ibu dan bayi akan mengetahui apa yang terbaik bagi ibu dan bayi. Penting untuk diingat bahwa memijat adalah sesuatu yang ibu lakukan bersama bayi, bukan untuk bayi sendiri.

Sentuhan adalah cara yang kuat untuk menyampaikan cinta ibu pada sang buah hati. Pada beberapa minggu pertamanya, berikan usapan yang pelan dan positif, dan hindari terlalu lama memijatnya di satu area. Bayi yang baru lahir bisa jadi merasakan terlalu banyak stimulasi pada indranya, dan umumnya akan mencari ketenangan pada orang tua mereka pada beberapa minggu pertama, dan sebagian mungkin hanya menginginkan usapan yang lembut.

1. Melemaskan Tangan

Jika bayi ibu menunjukkan kesediaannya untuk dipijat, mulailah dengan melemaskan tangannya. Teknik melemaskan tangan ini digunakan sebelum memijat area tubuhnya. Teknik ini juga dapat digunakan saat bayi butuh istirahat selama dipijat. Ini merupakan cara yang baik agar bayi merasa aman dan menikmati sentuhan dari ibunya.

2. Kaki

Periksa apakah baby oil di tangan ibu sudah cukup sebelum melakukan pijat bayi. Untuk bayi yang baru lahir, mulailah dari bagian kakinya karena biasanya bayi tidak akan menolak saat dipijat di area ini. Berikan usapan ke arah bawah untuk membuatnya lebih rileks.

3. Kaki – Milking

Pegang pergelangan kaki bayi dengan lembut menggunakan satu tangan. Letakkan tangan ibu yang satu lagi di atas paha bayi, lalu turunkan ke bawah, sambil mengusap sekeliling kaki hingga ke pergelangan kaki bayi, dengan gerakan seperti sedang memerah (milking). Ulangi gerakan ini pada masing-masing tangan bayi, dengan usapan yang mantap, namun lembut berirama.

4. Telapak Kaki

Umumnya, bayi suka saat dipijat kakinya. Perhatikan reaksi bayi ibu untuk mengetahui sensitivitasnya. Sedikit pijatan pada kaki dapat memberikan efek positif untuk seluruh tubuhnya.
Genggam dengan lembut dan usap masing-masing jari kaki menggunakan ibu jari dan telunjuk ibu. Usap bagian atas telapak kaki mulai jari kaki hingga pergelangan kaki menggunakan ibu jari ibu. Ulangi selama beberapa kali.

5. Perut

Jika tali pusarnya sudah sembuh, pijatan lembut di perutnya dapat membantu pencernaan dan masalah pada perut.
Mulailah dengan menyentuh perut bayi dengan usapan yang lembut. Jika bayi merasa senang, berikan usapan lembut menggunakan satu tangan ibu, diikuti tangan yang lain.

6. Punggung

Kontak dari-kulit-ke-kulit dapat meningkatkan ikatan antara bayi, ibu, dan ayah. Sambil memeluk bayi ibu dekat di dada, pijatlah punggungnya mulai dari leher sampai ke bawah.


Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta

Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta Ibu

Dengan melakukan pijat bayi sehari dua kali, berat badan anak bisa bertambah. Oleh karena itu, pijat bayi menjadi penting dilakukan pada 6 bulan pertama kehidupannya. Pijat bayi dapat memperkuat bonding antara Ibu dan bayi serta dapat menstimulasi tumbuh kembang bayi.


Penggunaan minyak dan lotion pada saat meminjat bayi sangat dianjurkan. Namun tidak sembarang minyak dan lotion yang diberikan, dan pastinya ada waktunya.

Biasanya lotion dipakai untuk memijat bayi sebelum tidur dan minyak (baby oil) dipakai memijat bayi sebelum mandi. Nah, sekarang sudah pada tahu ya ibu-ibu kegunaan baby oil dan lotion yang sebenarnya. Hehehe...



Cara Pijat Bayi Yang Benar Dengan Sentuhan Cinta


Khasiat Aroma Harum Pada Bayi

Seperti halnya sentuhan, aroma memiliki peranan penting dalam pertumbuhan sehat bayi ibu. Perasaan aman, bahagia, dan tenang dari sentuhan ibu dapat diperkuat jika ibu menggunakan produk yang memaksimalkan pengalaman pijat bayi melalui khasiat aroma. 

Aroma yang menyenangkan dan akrab telah terbukti meningkatkan mood, ketenangan, serta kesiagaan bayi, dan aroma ibu dapat membantu mengurangi frekuensi bayi menangis.

Membangun kebiasaan rutin dengan produk-produk yang memiliki aroma tak asing dapat membantu bayi lebih cepat terikat dengan pengalaman tersebut, dan dengan ibu. 

Memori yang dipicu oleh aroma akan terasa lebih emosional dan menyenangkan, dibandingkan memori yang diciptakan oleh indra lain. Kemampuan mencium dan asosiasi aroma mulai terbangun sejak usia sangat dini. Untuk lebih beradaptasi dengan dunianya, bayi yang baru lahir menggunakan indra penciuman segera setelah dilahirkan. Pada dasarnya, di sinilah ikatan antara ibu dan bayi dimulai, bayi dapat mengenali ibu mereka hanya dari aromanya.

Pada beberapa minggu pertama usianya, otak bayi mulai membuat asosiasi dari emosi yang mereka rasakan dengan aroma yang mereka cium. Aroma menyenangkan, jika dipadu dengan sentuhan penuh kasih dari ibu, dapat menciptakan memori jangka panjang yang akan diingat oleh bayi seumur hidupnya. 


Mengapa Aroma Lebih Memicu Memori Dibandingkan Indra Lainnya

Mengapa aroma wangi lebih dari sekadar bau yang menyenangkan? Kuncinya terletak pada cara kerja otak.

Saat kita melihat atau mendengar sesuatu, sinyalnya dikirim ke talamus, bagian otak yang berfungsi sebagai penjaga gerbang, sebelum sinyal tersebut diproses di dalam otak. Namun saat kita mencium sesuatu, sinyalnya akan ditransfer langsung ke area otak yang bertugas memproses bau, yang disebut bulbus olfaktorius. 

Area pemroses bau ini terhubung melalui jalur olfaktorius ke bagian otak yang bertugas mengontrol emosi kita, yang disebut amigdala, dan memori kita, yang disebut hipokampus dan entorhinal cortex. Hasilnya, aroma akan membuat wilayah-wilayah ini aktif lebih cepat dan memicu memori yang sarat emosi dibandingkan indra lainnya. 

Salah satu aroma yang diperkenalkan para orang tua di seluruh dunia untuk bayi mereka adalah aroma dari produk perawatan bayi JOHNSON’S® baby. Formula JOHNSON’S® baby dapat membantu menciptakan memori lintas generasi baik, untuk orang tua serta bayi mereka.

Dari mana aroma JOHNSON’S® baby berasal?
Givaudan adalah pusat aroma di dunia dan berperan besar dalam menciptakan sebagian aroma dari produk perawatan bayi JOHNSON’S® baby yang paling ikonik, seperti :
  • Amerika Utara: Baby Lotion, Gold Shampoo
  • Amerika Latin: Baby Lotion, Gold Shampoo, HEAD-TO-TOE®
  • Asia Pasifik (kecuali Eropa, Timur Tengah dan Afrika): Baby Lotion, Gold Shampoo
  • Eropa, Timur tengah dan Afrika: HEAD-TO-TOE®


Yuk kita sama-sama memijat bayi dengan sentuhan cinta menggunakan produk-produk dari Johnson's karena Johnson's mengajak para ibu di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk sebagai berikut :

  • Setiap pembelian produk Johnson's di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp. 25.000,-
  • Setiap pembelian Johnson's oil 125 ml atau Top-to-Toe Bath 400 ml atau Baby Lotion 200 ml di toko-toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta.
Dari transaksi tersebut, para ibu secara otomatis dapat menyumbangkan Rp. 500,- guna membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Psyandu) di Randusongo , Gresik - Jawa  Timur agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.


Salam,
Dwi Puspita

2 comments:

  1. Ternyata pijat bayi bisa mempererat bonding antara ibu dan bayi, ya. Hal sederhana tapi besar manfaatnya

    ReplyDelete
  2. makasih sahringnya , dicatat , kali2 berguna untuk kelak kalau punya cucu

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)