5 Tips Investasi Emas Untuk Pemula Biar Untung Banyak

Sudah saatnya generasi millennial melek akan investasi, karena sekarang berinvestasi bukan hanya menjadi kebutuhan sekunder melainkan sudah menjadi kebutuhan wajib. Salah satu investasi yang mudah untuk dijalankan oleh pemula adalah investasi emas. Untuk menjalankan investasi emas caranya juga sangatlah mudah, anda tinggal membeli emas dan menunggu harganya naik lalu menjualnya. 

Investasi emas

Namun, untuk menjadi investor emas yang sukses, tentu tidak semudah yang membalikkan telapak tangan. Anda perlu memahami tips dan trik berinvestasi dengan benar. Nah, bagaimana sih cara investasi emas yang baik dan benar itu? Berikut ini adalah langkah – langkah nya: 

1. Menetapkan Tujuan 

Sebelum memulai berinvestasi baik investasi emas atau investasi apapun itu, supaya anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal, anda perlu menetapkan tujuan. Buat tujuan anda mulai dari sekarang yang spesifik dan relevan kenapa anda harus mulai melakukan investasi. Sebagai contoh, kamu bisa memulai investasi dari sekarang dengan tujuan untuk membeli laptop dalam jangka waktu satu tahun ke depan, setelah itu fokuslah untuk menabung membeli emas tiap bulan hingga anda bisa mengumpulkan uang sejumlah harga laptop dari nilai emas yang anda miliki. 

2. Pantau Harga Emas Secara Berkala 

Setelah tujuanmu sudah jelas, anda jangan langsung bernafsu untuk melakukan investasi emas, pantau dulu harganya. Belilah emas saat harga pasarannya turun, lalu menjualnya saat harga pasarannya sudah naik, karena tentunya anda memerlukan uang yang lebih banyak untuk masa depan anda nanti. Melakukan pengecekan harga emas sangatlah mudah, anda bisa mengeceknya secara online di beberapa platform layanan investasi emas online. 

3. Membeli Emas di tempat yang tepat 

Jika anda ingin membeli emas secara offline untuk investasi, maka pastikan tempat yang kamu kunjungi untuk membeli emas adalah tempat yang terpercaya dan aman. Namun, jika anda ingin melakukan investasi emas online, maka pastikan layanan online yang anda gunakan sudah berada di bawah pengawasan OJK. Kabar baik juga bagi anda yang ingin memulai investasi emas antam, platform investasi emas online juga menyediakannya. Jadi anda tidak perlu menyediakan tempat khusus untuk emas antam di rumah

4. Tentukan Jumlah Investasi 

Tentukan juga berapa jumlah investasi awal yang akan kamu keluarkan, karena hal ini akan berkaitan erat dengan keuntungan investasi emas anda di masa mendatang. Sebagai contoh jika anda ingin membeli rumah untuk 10 tahun ke depan, maka anda bisa mengestimasi pergerakan inflasi dari sebuah harga properti. Dengan estimasi tersebut, anda bisa tahu, berapa emas yang harus anda beli tiap bulannya untuk mencapai tujuan anda membeli rumah. 

5. Tentukan Tempat Untuk Berinvestasi 

Ada banyak sekali tempat yang menyediakan layanan untuk investasi emas dan pastinya terpercaya. Setiap tempat pastinya juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Anda bisa melakukan investasi emas mulai dari Toko Emas, perusahaan ANTAM, pegadaian, Bank, Toko Emas Online, dan E-Commerce. 

Salah satu dari beberapa tempat di atas, investasi emas secara online menjadi cara yang paling mudah untuk dilakukan pemula, selain mudah, modal yang dikeluarkan juga tidak banyak, anda bebas menginvestasikan berapapun uang anda untuk dikonversi dalam satuan gram yang nilainya akan mengikuti harga emas saat anda menarik saldo emas tersebut. 

6. Tentukan Jenis Emas

Begitu banyak jenis emas yang beredar di pasaran, mulai dari emas berlian, emas batangan dan emas antam. Hingga sekarang, investasi emas antam masih menjadi jenis investasi yang paling worth it untuk dilakukan mengingat kadar nilai emasnya hampir mendekati sempurna yaitu 99.99%

Itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin menuai keuntungan investasi emas di masa mendatang dengan hasil maksimal. 


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)