Tips-Tips Untuk Merawat Perhiasan Emas

Seperti umumnya logam, perhiasan yang dibuat dari emas lambat laun akan kotor. Cincin emas misalnya, jika sering dipakai akan timbul noda dan warnanya perlahan memudar. Tapi jangan khawatir, dengan perawatan yang baik, kilau perhiasan emasmu bisa dipertahankan untuk waktu yang lama.




Tips Untuk Pemakaian Sehari-hari

Jika dirawat dengan benar, perhiasan emas akan bertahan selama bertahun-tahun. Emas adalah logam lunak, membuatnya rentan terhadap jatuh, goresan, dan bengkok. Maka sebaiknya lepas dan simpan perhiasan emasmu saat melakukan kegiatan yang aktif misalnya olahraga atau kerja bakti.

Klorin adalah musuh terburuk emas, dengan paparan berulang kali klorin akan melemahkan struktur perhiasan emas dan akhirnya membuatnya rusak. Pastikan untuk melepas perhiasan emas sebelum masuk ke kolam renang atau spa yang bisa jadi airnya mengandung klorin.

Lepas perhiasan emas saat bersih-bersih rumah. Selain untuk menghindari tergores juga biasanya cairan pembersih mengandung bisa jadi mengandung bahan yang bisa merusak emas. Jika perhiasan tidak bisa dilepaskan maka tutupi misalnya dengan sarung tangan karet.

Saat berdandan jangan mengenakan perhiasan emas, untuk menghindari paparan make up, parfum, lotion, dan hairspray pada emas. Kenakan perhiasan jika sudah selesai berdandan.

Saat mau mandi lepaskan juga perhiasan emasmu. Sabun bisa menumpuk di sela perhiasan dan air yang mengandung klorin tidak bagus untuk emasmu.

Tips Membersihkan Perhiasan Emas Untuk Sehari-hari

Perhiasan emas yang dipakai sehari-hari akan terpapar minyak kulit, keringat, debu, riasan, dan lainnya. Untuk menjaga kilaunya sebaiknya dibersihkan secara rutin dengan larutan 10 bagian air hangat dan 2 bagian sabun cuci piring.

Rendam perhiasan selama 3 jam, lalu gosok lembut menggunakan sikat yang sangat lembut. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain. Setelah itu bisa dipoles menggunakan kain pemoles perhiasan agar makin berkilau.

Lakukan pembersihan dengan air dan sabub ini sesuai kebutuhan saja. Jangan lakukan berlebihan, hanya bersihkan seperlunya jika sudah terlihat kotor.

Cek dulu sebelum dibersihkan apakah ada kerusakan. Jika ada sebaiknya perbaiki dulu kerusakannya di ahli perhiasan. Jika memaksa untuk dibersihkan khawatirnya malah akan memperburuk kerusakan.

Cara Menyimpan Perhiasan Emas

  1. Gunakan kotak perhiasan yang bersih, kering, dan dilapisi kain.
  2. Bungkus setiap bagian perhiasan dengan kain lembut.
  3. Simpan perhiasan secara terpisah untuk menghindari kusut dan tergores.
  4. Kalung bisa disimpan pada gantungan atau necklace tree untuk menghindari kusut, begitu juga gelang rantai yang halus.
  5. Cincin dan gelang non rantai bisa disimpan di kotaknya.

Pembersihan Setahun Sekali Oleh Ahlinya

Semua tips di atas adalah untuk merawat perhiasan emas sehari-hari. Namun, melakukan hal itu saja tidak cukup. Perhiasan emas sebaiknya dibersihkan setiap 6-12 bulan sekali ke ahli perhiasan, juga untuk memeriksa dan memperbaiki kerusakan yang ada.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)