Mengenal Berlian Melalui 4C

Berlian adalah karbon kristal murni dan seringkali mengandung sedikit kotoran. Berlian terbentuk pada tekanan yang sangat tinggi dan suhu yang sangat tinggi di dalam bumi, dan berlian adalah zat alami yang paling keras di bumi.


Berlian dihargai karena keindahan dan kelangkaannya. Keindahan dan kelangkaan itu ditentukan oleh 4C yaitu carat, clarity, color, cut.


Carat (Karat)

Karat adalah ukuran untuk berat, bukan ukuran untuk besar atau kecil. Kata karat berasal dari kata carob, yaitu sejenis kacang yang sering digunakan sebagai pengganti coklat.

Pohon carob tumbuh di wilayah Mediterania, dan di jaman kuno berlian satu karat sama beratnya dengan satu biji carob. Berat sebiji carob itu kira-kira setara dengan empat butir beras (50 miligram). Sekarang ini standar ukuran 1 karat adalah 200 miligram (1/5 gram).


Clarity (Kejernihan)

Kejernihan berlian bergantung pada seberapa jernih atau "bersih" berlian tersebut. Seberapa bebasnya berlian dari noda jika dilihat dengan mata telanjang dan dengan kaca pembesar.

Noda tersebut meliputi:

  • Blemishes : ketidaksempurnaan di bagian luar berlian.
  • Chip : ada bagian kecil yang hilang karena keausan atau proses pemotongan.
  • Scratch : garis atau abrasi.
  • Fracture : retakan pada permukaan berlian.
  • Polishing lines : garis-garis halus pada permukaan berlian yang terbentuk selama tahap pemolesan.
  • Natural : bagian yang tidak dipoles.
  • Extra facets : permukaan tambahan yang dipoles yang seharusnya tidak ada dan merusak simetri berlian.
  • Bearding : fraktur yang sangat kecil di tepi berlian.

Color (Warna)

Berlian datang dalam hampir semua warna yang ada di pelangi. Dari ungu hingga biru, coklat, abu-abu, oranye, dll. Namun berlian berwarna sangat langka dan sangat berharga.

Umumnya berlian yang umum dilihat warnanya putih atau kuning, dan semakin putih semakin baik. Warna kuning pada berlian berasal dari nitrogen, dan biasanya semakin kuning batunya, semakin sedikit nilainya.

Semakin kuning berlian semakin kurang tajam dan berkilau tampilannya. Berlian yang lebih putih memungkinkan lebih banyak cahaya melewatinya, membuatnya berkilau dan bersinar. Pengecualiannya adalah berlian canary, yang berwarna kuning cerah yang indah dan sangat mahal.


Cut (Potongan)

Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa potongan berlian menunjukkan lebih dari sekedar bentuknya. Potongannya juga menentukan seberapa berkilau berlian itu nantinya.

Tidak ada berlian yang benar-benar menarik kecuali jika berkilau, dan tidak akan berkilau kecuali jika dipotong dengan benar. Berlian tidak akan berkilau kecuali jika potongannya bagus.

Jenis potongan berlian modern : box radiant, round, marquise, emerald cut, pear, quadrillion, standar radiant, oval. Jenis potongan berlian jaman dahulu: single cut (16 atau 17 facets), old mine, old european.

Semoga tulisan singkat ini bisa membantu kamu yang ingin berbelanja perhiasan berlian ya. Untuk kualitas yang bagus kamu bisa berbelanja di diamondnco.id yang menyediakan berbagai perhiasan berlian.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)