Monday, December 01, 2014

Aku bukan anak ASI

Mungkin pemikiran orang zaman dulu ama zaman sekarang berbeda-beda. Temanku yang baru saja melahirkan pas aku tanya dikasih makan apa anaknya nantinya, dia jawab akan dikasih ASI sampai usia 2 tahun tanpa makanan pendamping ASI. Aku manggu-manggut aja tanda mengerti yang sebenarnya belum begitu mengerti , toh aku juga masih bingung mau dikasih apa nantinya anakku lagian juga aku belum pengalaman melahirkan dan punya anak. Kata dia, jika anak diberi ASI sampai usia 2 tahun itu bagus toh ASI sudah mencukupi kebutuhan gizinya tanpa perlu diberi makanan pendamping. Insyaallah anak akan merasa kenyang dan kebutuhan gizinya sudah mencukupi.

Tak lepas dari itu, aku kemudian tanya ke ibuku melalui via telpon tentang makanan apa yang ibu berikan saat aku masih bayi. Dengan panjang lebar ibu menceritakan bahwa dulu saat aku bayi ASI ibu hanya sedikit yang keluar, sampai akhirnya aku menangis karena kehausan. Kemudian ibu memberikan aku susu formula yang sesekali aku diberikan ASI jika ASI ibu kembali lancar. Namun tak berlangsung lama ASI ibu tidak lancar lagi walaupun sudah memakai daun katuk yang kegunaannya memperlancar ASI. Akhirnya susu formulalah yang menjadi pilihan ibu sebagai minuman jika aku sudah mulai menangis karena kehausan.

Cuma susu formula saja kataku pada ibu. Ibu jawab tidak, jadi selain susu formula ibu memberikan bubur dan pisang yang dihaluskan untukku. Sejak usia 2 bulan aku sudah merasakan makanan pendamping ASI itu. Selain itu ibu kadang memberiku buah papaya agar BAB ku tiap pagi lancar. Aku sempat adu argument sama ibu kalau usia segitu jangan dikasih makanan yang terlalu kasar lambung bayi takutnya nggak kuat, kalau ada apa-apa kan jadi berabe. Ibuku menjawab dengan santai, “lah emang kamu sekarang punya penyakit pencernaan apa? coba cek ke dokter pencernaanmu ada masalah nggak? lambungmu ada yang luka nggak? kalau luka ntar bilang ke ibu ya”. Aku langsung menjawab tidak, Alhamdulillah masih diberi kesehatan sama Gusti Allah masih belum punya penyakit pencernaan dan semoga saja tidak akan pernah mengalami.
Ibu juga bilang kalau usia 3 bulan aku sudah bisa ngoceh, anak teman ibu yang bulan dan tahun kelahirannya juga sama seperti aku masih belum bisa ngoceh sedahsyat aku. Malah usia 7 bulan gigiku udah mulai tumbuh, umur 8 bulan sudah pintar merangkak, dan umur 1 tahun udah bisa jalan.

Ah, ibu …ceritamu membuatku berlinang air mata. Masih ingat dengan semua yang pernah aku alami. Tak luput semua cerita bayiku kau ceritakan. Mulai dari belum bisa apa-apa sampai bisa apa-apa. Toh walaupun aku cuma merasakan ASImu yang hanya tak seberapa jika dibandingkan susu formula aku masih bisa aktif seperti bayi lainnya yang diberi ASI. Namun perjuanganmu mengasuhku itulah yang memberikan aku kekuatan sampai sekarang.

Jadi intinya semua itu pemberian Allah. Kalau Allah memberikan kesehatan Insyaallah akan sehat. Toh jika ASI ibu lancar nggak mungkin lah ibu tega kasih kamu susu formula dan bubur pisang itu. Mana ada orang tua yang tega ngasih anaknya makanan pendamping jika ASI lancar. Semua orang tua sudah memikirkan masak-masak untuk kesehatan anaknya. Percayalah, semuanya sudah ada yang mengatur dan kembalikan lagi kepada Allah. Semoga kelak kalau kamu punya anak bisa menjadi ibu yang baik yang bisa mendidik anak-anak menjadi manusia berguna.

Terima kasih bu. Semoga Allah yang membalas semua kebaikan ibu. Walaupun aku bukan anak ASI tapi aku bangga karena aku menjadi anak sehat. Terima kasih karena kau masih menyimpan dan mengingat kenangan indah itu disaat aku masih bayi.





Related Posts

Aku bukan anak ASI
4/ 5
Oleh

30 komentar

keadilan Allah kembalo sy baca di artikel ini ,,,
subahanallah ,,,
sangat bodoh dan buruk jika da seseorang yg menganggap Allah itu tdk adil ,,,,

semua kejadian pasti ada hikmanya..ASI ibu yang tidak lancar..menjadikan makanan pendampong ASI jadi hal yang utama...alhamdulillah bayinya bisa sehat sampai sekarang...bisa buat blog dan bikin postingan pula.....
selamat berlomba..semoga menjadi yang terbaik...
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

alhamdulillah dirimu sehat ya Mbak, sampai sekarang. Bagaimanapun ibu sudah berkorban dan ga kurang sayangnya yah.
pengetahuan itu memang membuat hidup kita menjadi lebih baik. semoga generasi setelah kita akan jadi lebih baik lagi dibandingkan kita sekarang. aamiin..

Anak sy jg gak pernah sy kasih ASI mbak, krn sy sakit wkt itu, alhamdulillah sehat dan cerdas...
Semua memang berkat kasih sayang Allah ya mbak, jd memang hrs byk bersyukur...
Terimakasih sdh ikut meramaikan GA sy mbak...

kl asi nggak keluar memang mau nggak mau harus dikasih susu formula,apalagi kl masih beberapa minggu. kasihan juga si debay.....alhamdulillah,semoga sehat selalu ya mbk ^^

Anak saya yang pertama, Abbie, ALhamdulillah full 2 tahun ASI bundanya. Sedangkan adiknya, Tazkia, full Susu Formula. Karena kesibukan bundanya tugas di luar kota, dan izin pindah tidak diberikan oleh pimpinannya. Serba salah memang. Tapi ALhamdulillah lancar semuanya. ASI memang khusus untuk Bayi selama 2 tahun tanpa ada gangguan ya, ASI makanan sehat untuk kesehatan bayi

yang pasti setiap ibu pasti melakukan yang terbaik untuk anaknya

Alhamdulillaah ya Mba selalu di erikan kesehatan. Agak bingung baca kata-kata temennya yang anaknya cuma disusui aja sampe 2 tahun. Hehehe. Mestinya yang eksklusif sampe 6 bulan setelah itu ditambah makanan pendamping. Kan udah mulai banyak gerak ya.
Semiga menang yaaaa. Salam buat ibu. Semiga beliau sehat selalu.

Alhamdulillah saya anak asi Mbak... meskipun cuma sampai 1 tahun aja, karena diserang sariawan jadinya gak mau minum asi lagi kata Ibu... abis itu minum susu sapi deh :D

Aku juga bukan anak ASI tapi ana Ibu Bapak ku....

Alhamdulillah aku anak ASI mbak..
setidaknya sampai adikku lahir setahun kemudian

-_____-

karena faktor budaya, say... di madura kan masih banyak yg ngelotek gedang...pasien saya juga banyak yang gitu. makanya kudu sabaaaar buat ngasih tahu, takutnya kayak pasien yang satunya, bayinya meninggal karena keselek gedang :'(
yaaa berhati2 sajalah. semoga besok kamu bisa kasih baby-mu ASI, walau gak eksklusif karena mungkin kesibukan kerja dan ASI kurang lancar, yang penting gizi bayi terpenuhi dan gak sembarangan ngasih makanan^^

yang penting sehat ^^
dan terima kasih ibu :")

Allah itu Maha Adil mas Fiu :)

maksudnya itu aku nggak pake ASI dulu krena ada faktor X

iya om pasti semua ada hikmahnya ya..iya alhamdulillah aku jadi anak sehat om sampe bisa ngeblog spt ini..makasih udah mampir om :)

Alhamdulillah mak aku tetep jadi anak sehat sampe kelebihan lemak spt ini :) amiiien semoga generasi setelah kita menjadi lebih baik :)

iya mak Iro semua itu atas kuasa Allah ya Allah maha Adil,,,makasih juga mak Iro :)

iya mbak susu formula penting juga kalo asi gak keluar,,,dan alhamdulillah aku sehat mbak

kasihan ya si bungsu kang...tapi alhamdulillah anak2 kang asep pada sehat semua seneng deh lihat anak2 sehat :)

betul sekali mak,,semua yg diberikan ibu adl yg terbaik

iya alhamdulillah mas sehat selalu diriku...iya maunya agar anaknya pandai makanya dikasih asi selama 2 tahun,,tapi anaknya kuat kok katanya,,kembali lagi Allah itu ternyata maha Adil ya,,,

alhamdulillah mbak sofia anak asi ya,,pantesan cantik eh,,,apa hubungannya hehehe walau 1 tahun itu sudah sangat wah mbak pengorbanan ibu dikala itu pasti besar

Alhamdulillah senengnya deh anak asi,,semoga selalu sehat untuk kita semua

betullll adanya faktor budaya juga saiii betul kamu emang bu bidan banyak pengalamannya ya...eh tapi ibuku dulu emang asinya gak keluar makanya kau didulang pisang saiii kata ibu kalo asi ibu keluar pasti aku dikasih asi sampai usia 6 bulan atau 1 tahun

iyah yg penting sehat mbak :)

wah bukan aka Asi tapi anak Sehat wah itu penting mbak karena sehat itu mahal hehe, semoga selalu terucap syukur selalu mbak biar nikmatnya di tambah hehe ^-^.9

Amiiien emang sehat itu penting kalo nggak sehat nggak mungkin bisangeblog hahaha

Saya anak ASI karena lahir pada jaman belum enak.
Alhamdulillah sehat dan segar hingga sekarang
Salam hangat dari Jombang

Alhamdulillah ya De...ASI adalah rezeki yg tak terhingga...

Yuk berkomentar :)