9 dari 10 perjalanan progam kehamilanku

Ini hanya sebuah cerita, tidak bermaksud menggurui, sok pintar atau mengejudge para pasangan suami istri. Ini hanyalah pengalaman pribadi penulis yang diuntai dalam kata perkata sehingga menjadi kalimat dan cerita yang bisa dijadikan reverensi jika perlu. Ini aku tulis karena banyaknya pertanyaan dari beberapa teman yang tanya mengenai program kehamilanku. Dari pada aku cerita bolak balik mending aku ceritain disini berdasarkan pengalamanku.

Inilah program kehamilanku, setelah 2 tahun 9 bulan aku menantinya. Dan Allah memberikan kepercayaan kepada kami untuk memiliki keturunan, semoga sehat dan dipermudah hingga proses melahirkan nanti. Akhir Maret 2015 aku mendapatkan amanah dari Allah dengan strip garis 2 di tespack, inilah sebuah rezeki yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Aku bahagia...aku tak percaya...akhirnya aku bisa melihat 2 strip itu dengan mataku sendiri. Suamiku senyam senyum tak percaya dan mencium keningku. Inilah anugerah dan rezeki terindah bagi pasangan suami istri.

Mungkin sebagian orang menganggap 2 tahun 9 bulan adalah waktu yang sangat sebentar jika dibandingkan dengan mereka yang sudah bertahun-tahun berumah tangga yang dengan sabarnya masih bertahan untuk menunggu rezeki terbesar itu datang. Namun bagi kami, itu sangat lama karena setiap detik kami selalu menanti, menanti, dan menanti kapankan rezeki terbesar itu akan datang.

Selama 2 tahun 9 bulan lamanya, kami sangat menunggu hari yang sangat dinanti-nanti para pasangan suami istri.

Awal tahun pernikahan kami mungkin terasa biasa saja hidup berdua di rumah mungil tipe 30 yang kami cicil bersama. Toh dulu aku meminta suamiku untuk 1 tahun pacaran dulu, tapi suami tidak mau. Suami berharap ingin segera memiliki keturunan karena usianya yang tidak muda lagi, sedangkan aku masih enjoy dengan umurku yang masih ingin bermesra-mesraan. Namun lama-lama rasa sepi dan keinginan memiliki buah hati akhirnya muncul setelah beberapa teman sekolah, kuliah, maupun teman-teman dekat yang baru menikah langsung dikarunia anak.

Sedih pastinya. Kadang telinga mulai panas dan gatal saat dicerca berbagai pertanyaan oleh teman-teman, tetangga, dan orang-orang yang kepo. Sudah hamil? Sudah punya anak berapa? Sudah ini sudah itu...

Mungkin "kecapekan" yang menjadi alasan yang aku sebut-sebut untuk menutupi mengapa aku tak kunjung hamil. Jarak rumah dengan kantor yang setiap hari kami tempuh pulang-pergi sepanjang kurang lebih 30 kilometer dengan total jarak 60 km dan lama perjalanan 3 jam setiap hari jadi pantas saja jika kami kecapekan. Selain kecapekan mungkin juga Allah masih belum memberikan rezeki besar tersebut...

Suamiku rela membelikanku mesin cuci agar aku nggak tambah capek. Dengan gajinya yang pas-pasan dan dengan cara mencicil pula mesin cuci akhirnya menjadi alat yang membantuku. Dengan adanya mesin cuci, suamiku berharap aku tidak kecapekan lagi. Memang banyak terbantu dengan adanya mesin cuci, yang biasanya aku mencuci baju 1 sampai 2 bak penuh tiap minggunya kini telah terbantu dengan mesin cuci.

Selain itu aku selalu kepoin para ibu-ibu hamil. Aku elus-elus perutnya berharap ketularan, aku injak jempol kakinya biar nular hamil juga, aku selalu manjain ibu hamil semoga ibu hamil itu senang dan aku bisa ketularan hamil juga. Memakan sisa makanan ibu hamil atau terkadang makan berdua dengan ibu hamil biar ikut-ikutan hamil. Mitos hanyalah mitos, setidaknya sudah berusaha dan kepoin ibu hamil :)

Berbagai usaha tentunya telah kami tempuh, mulai dari cara alami, alternatif, medis, dan do'a. Dan Alhamdulillah Allah memberikan kepercayaan kepada kami. Apa saja program kehamilanku selama 2 tahun 9 bulan.

1. Minum susu persiapan kehamilan
Insyaallah semua pasangan suami istri sudah pada tau dengan susu persiapan untuk memiliki buah hati. Susu yang biasanya diminum istri ketika telah siap untuk hamil. Aku mengkonsumsi Prenagen Esensis untuk persiapan kehamilanku selama beberapa bulan.

2. Konsumsi madu
Selain susu kami juga konsumsi madu, mulai madu dengan harga yang terjangkau hingga madu asli dari si tawon yang harganya cukup mahal karena keasliannya. Madu katanya baik untuk kesehatan dan segala penyakit, apalagi mengenai masalah kesuburan pasangan suami istri. Madu yang aku minum adalah madu penyubur kandungan sedangkan madu yang diminum suamiku adalah madu penyubur pria.






3. Konsumsi kurma
Kurma muda atau kurma ruthob yang direkomendasikan oleh temanku juga pernah aku coba. Selain itu aku juga mendapatkan oleh-oleh kurma muda yang telah dikeringkan dari negaranya sana, Saudi Arabia yang mana saat temanku Umroh membawakan kurma muda kering itu kepadaku untuk aku konsumsi. Aku konsumsi setiap hari dengan cara menyelupkannya ke air putih dan diminum airnya setiap pagi yang baik untuk rahim katanya.


Dokumen Pribadi

4. Pengobatan alternatif
Pengobatan alternatif atau tukang pijat. Sebenarnya aku nggak mau kalau perutku diobok-obok ama tukang pijat. Aku takutnya malah terjadi kesalahan dan akibatnya fatal. Tapi karena tukang pijat ini hanya mengecek tanpa mengobok-ngobok bagian perut secara ekstrim akhirnya aku mau saja. Aku dan suami diperiksa di daerah antara kemaluan dan pusar. Disanalah si tukang pijat tahu dengan keadaan sel telur dan sperma kami. Nantinya oleh tukang pijat dikasih resep apa saja makanan yang harus dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi.

5. Minum jamu/ramuan
Minum jamu dari tukang pijat. Entah jamu apa yang diberikan kepada kami untuk dikonsumsi setiap hari. Rasanya pahit dan kami harus mengkonsumsinya selama 1 bulan hingga botol-botol berisi ramuan itu habis. 1 botol besar air mineral yang berisi jamu itu harganya 50ribu. Kalau menurutku sih dari baunya jamu itu terbuat dari daun bluntas, kunyit, dan sirih...tapi nggak tau lagi bener apa salah, pokoknya disuruh minum ya minum selagi jamu itu halal :)

6. Konsumsi jeruk
Ilmu yang ini aku dapatkan dari temanku yang juga lagi promil. Oleh dokternya, temanku disuruh konsumsi jeruk sebanyak-banyaknya. Ya sudah, ilmunya aku terapkan juga. Jadi setiap hari aku konsumsi 1 kilo jeruk, 1 kilo jeruk berisi 6 buah jeruk dengan ukuran sedang. Biasanya aku konsumsi 2 buah jeruk di pagi hari, 2 buah jeruk di siang hari, dan 2 buah jeruk di malam hari. Bertahan selama 1 minggu mengkonsumsi jeruk dan diganti dengan buah-buahan lainnya karena bosen, intinya di selang-seling konsumsi buah 1 minggu jeruk 1 minggu buah-buahan lain.


Sumber gambar http://bibitbunga.com/

7. Cek kesuburan di laboratorium dan dokter
Pastinya selain pengobatan alternatif juga pengobatan medis yang kami lakukan. Tidak sungkan-sungkan untuk cek sperma dan konsultasi perhitungan masa suburku. Jadi oleh dokternya sudah dibuatkan tanggal khusus dimana kami harus melakukan hubungan suami istri. Selain itu pengecekan sperma juga penting untuk mengetahui kualitas sperma si suami dan kapan saatnya sel telur harus dibuahi.

8. Konsumsi kecambah dan kacang-kacangan
Banyak teman, sahabat, dan orang-orang yang care dengan kami dan memberikan saran kepada kami untuk rajin mengkonsumsi kecambah, terserah pokoknya kacang-kacangan. Mulai dari oseng-oseng kecambah hingga bubur kacang hijau sudah pernah kami konsumsi hingga kami bener-bener blenger.


Sumber gambar http://log.viva.co.id/

9. Konsumsi brokoli dan salmon
Mengkonsumsi brokoli dan salmon, akhirnya setelah menjelajah berbagai informasi seputar program hamil dan internet aku menemukan resep ini. Katanya brokoli dan salmon dipercaya baik untuk program hamil Mungkin karena kandungan gizinya yang istimewa. Setiap hari kami mengkonsumsi makanan ini selama kurang lebih satu bulan. Intinya dengan makanan bergizi antara sayur, buah, dan lauk pauk harus seimbang Insyaallah akan ada hasil.


Sumber gambar  http://www.bbcgoodfood.com/


Alhamdulillah...setelah rajin mengkonsumsi jeruk, brokoli, dan salmon tak lama kemudian aku hamil. Sebenarnya aku juga kurang tau apakah karena makanan bergizi itu. Yang aku tau ini juga karena kekuatan do'a. Jangan berhenti berdo'a dan meminta kepada Allah, karena Allah lah yang Maha Pemberi Rezeki. Memintalah kepada Allah, kita hanya berusaha dan Allah lah yang menentukan semuanya. Semoga semua para pasangan suami istri segera mendapatkan keturunan.

Berdo'alah pada waktu yang tepat, saat do'a itu mudah sekali diijabah. Setelah sholat, antara adzan dan iqomah, saat hujan, saat sepertiga malam biasanya do'a-do'a itu aku serukan dan minta kepada Allah. Meminta apa yang aku inginkan, karena aku yakin Allah Maha Pemberi Rezeki dan Maha Mendengar segala permohonan hambanya. Selain itu rajinlah bersedekah, karena dengan bersedekah dapat membantu kita dalam segala hal, selain sedekah itu mensucikan harta kita. 

Semoga Allah melancarkan kehamilan ini hingga nanti saat akan melahirkan dan semoga para suami istri lain yang belum mendapatkan keturunan segera mendapatkan keturunan. Aku hanya bisa membantu dengan do'a, yakinlah Allah Maha Sutradara yang paling baik...karena Rezeki itu tak akan pernah tertukar.

68 comments:

  1. Semangat ya mbak, semoga programnya berhasil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah udah berhasil tuh adiii hihihi

      Delete
    2. iya..betul kata mbak dedew..udah berhasil :)

      Delete
  2. selamat ya mak. semoga lancar selalu sampai persalinan nanti :))

    ReplyDelete
  3. Kecambah bukan nya buat kesuburan, kalo dah hamil mmg masih bermanfaat yaaa ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tetap bermanfaat deh mas..

      Delete
  4. alhamdulillah,akhirnya....semoga mbk dwi dan si dedek dalam perut sehat,lancar dan dimudahkan sampai persalinan aamiin...
    aku dulu dipijet juga,jamu juga tapi habis dikasih jamu langsung muntaber hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiien..makasih mbak hanna..semoga mbak hanna juga :)

      Delete
  5. waaah...ceritanya komplit.. alhamdulillah.. akhirnya ya setelah penantian yang lama..
    semoga sehat dan selamat yaaa.. dilancarkan kelahirannya nanti..

    ReplyDelete
  6. Semoga bermanfaat artikelnya bagi teman2 yg lain ya mbk :)

    ReplyDelete
  7. Perlu kucatat baik baik, makasi mb wi, sebab aku baru pemulihan paska kuret

    ReplyDelete
  8. Wah selamat ya mba :) kayaknya yang paling berat yg salmon harus dikonsumsi setiap hari berat diongkos hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..salmonnya yg bikin dompet bergetar..tapi untungnya nggak terlalu lama :)

      Delete
  9. Program yang mantap, cocok diterapkan buat pasangan baru menikah nih tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiien...makasih..semoga bermanfaat :)

      Delete
  10. kalo saya cuma satu yaitu makan tauge sebanyak banyaknya sampe bosen hehe mungkin lebih dari 2 minggu makan itu, tiap mau ketemu suami pasti makan tauge. alhamdulillah di usia pernikahan 1 bulan sudah dikasih sayangnya belu rejeki, janinku gugur di usia 11 minggu, embak semangat yaaa, jaga kesehatan selaluuu :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..boleh juga mbak..yg penting kita usaha dan berdo'a... :)

      Delete
  11. Alhamdulillah yaaa ka, semoga sehat-sehat ya di masa kehamilan, diberi kelancaran sampai nanti waktunya melahirkan :D :D ikut senaang ka bacanya :*

    ReplyDelete
  12. Mbak Dwi, sehat selalu ya, kalo lagi hamil dan pengen makan apa aja dihajar aja deh, tapi yang sehat tentunya, alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..pasti semuanya bakal dihajar..hahaha

      Delete
  13. Subhanallah ikhtiarmu say, bener deh kita berusaha Allah juga yang mengabulkan, kekuatan ikhlas dan santai ngga stres bermanfaat banget untuk program hamil. sehat selalu ya bumiil, lancar semuanya mwah..maaf lahir batiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak dedew..makasih atas do'anya juga..aku lahir bathin juga mbak :)

      Delete
  14. Alhamdullillah, semoga mb dwi dan debay nya sehat selalu ya mb, diberi kelancaran sampai masa melahirkan nanti, Amin. Aq ikut senang bacanya hehe, semoga bisa nular ke aq :-) Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiien..semoga nular juga ya mbak..

      Delete
  15. Ikut bahagiaaaaa ngebacanya, sehat selalu ya sayangkuuu...tfs :* :*

    ReplyDelete
  16. Ikut bahagiaaa ngebacanya, sehat selalu ya ibu dan dedek bayinya...aamiin
    Tfs :*

    ReplyDelete
  17. Selamat dan ikut bahagia atas kebahagiaan Mbak DP (Dwi Puspita). Semoga sehat selalu.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah akhirnya usaha dan upaya yang dilakukan setiap malam dan dengan mengkonsumsi segala makanan sehat dan perangsang kehamilan dan juga tak lupa doa-doa yang kuat akhirnya Allah hendak mengamanatkan buah cinta pada ibu...selamat yah, jaga kesehatan, kalau perlu kenapa juga ngga cuti ajah atuh kerjanya, atau berhenti deh...biar sang kekasih hati ajah yang cari duit, kita mah jadi surganya mereka ajah atuh....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..amiien makasih mang lembu terimakasih atas saran dan do'anya..semoga mang lembu dilimpahkan rezeki oleh Allah..

      Delete
  19. Alhamdulillaah. . .pasti bahagia bangettt ya, Mbak.
    Semoga Ibu dan janin sehat selalu, ya. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..bahagia banget..sehat2 juga ya bumil :)

      Delete
  20. Wah... ada ya madu penyubur gitu? Mau direkomendasiin ke adikku ah. Barangkali saja cocok. Beliau udah tujuh tahun menunggu kehadiran buah hati. Belinya di mana, Mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiien makasih mak NIa...aku belinya di Lawang Agung mak..pusat oleh-oleh..tp yg jual onlene ada juga kok..harganya berkisar antara 50rb ke atas :)

      Delete
    2. Sip... nanti aku cari deh :)

      Delete
    3. semoga berhasil mak adeknya :)

      Delete
  21. saya juga pernah pijat mak saat turun rahim, risih juga sih kemaluan kita diobok2. anehnya kata dokter ga terlihat kelainan waktu di usg tapi saya sendiri yg merasakan perut ga nyaman banget. giman itu ya sebenarnya pijat 2 negitu menurut medis saya masih penasaran banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..iya sebenarnya parno sih mak kalo diobok-obok..krena nggak diobok obok maka aku mau aja hehehe :)

      Delete
  22. jamu-jamuan aku gak pernah minum mbak :). aku kasih indo buat adekku deh nanti dia belum hamil istrinya. Sehat selalu ya

    ReplyDelete
  23. Baca cerita ini saya jadi pengen nambah anak lagi ... tapi ... ah sudah lah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mang tambah lagi biar gigin punya adek :)

      Delete
  24. Semoga kehamilannya sehat terus ya mbak Dwi..... Amiin

    ReplyDelete
  25. Selamat ya mbak..

    Semoga kehamilan sehat selalu sampai melahirkan..

    ReplyDelete
  26. Selamat ya mb Dwi. Smoga semuanya lancar sampai proses persalinan nanti.

    ReplyDelete
  27. Semoga lancar ya...mbak...dan diberi kesehatan selalu...sama Allah S.W.T

    ReplyDelete
  28. Subhanallah, aku terharu banget bacanya *hug

    ReplyDelete
  29. wow..luar biasa perjuangannya mbk..banyak yg dilakuakan ya, termasuk mengkonsumsi jeruk 1 kilo setiap hari, itu sekaligus lansgsung atau ada jam -jamnya dalam sehari itu mbak..? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi siang malem mbak konsumsinya :)

      Delete
  30. Insya Allah lancaaar semuaaa ya maak ...

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)