Friday, March 27, 2015

Kurma Ruthob dari Lawang Agung

Lanjut dari menara 99 meter, kami mengunjungi Lawang Agung pusat kurma dan oleh-oleh Haji dan Umroh terlengkap. Pusat Kurma dan oleh-oleh Haji dan Umroh ini kurah lebih berjarak 200 meter dari Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Letaknya yang cukup strategis membuat pusat oleh-oleh ini gampang dicari. 



Di tempat inipun saat kami akan memarkir kendaraan tertulis jelas bahwa tempat ini “Bebas Parkir” alias bagi customer yang pergi kesini untuk berbelanja dibebaskan uang parkir. Dan saat kami masuk kedalam Lawang Agung untuk bersiap-siap belanja kami langsung disambut ramah oleh para petugasnya. Aku langsung menuju rak kurma sambil menenteng keranjang belanja, di deretan rak-rak itu banyak sekali macam-macam kurma dan dari negara mana saja kurma itu didatangkan dan dengan harga yang bervariasi pula. Sayangnya saat mau bernarsis ria ingin berfoto di deretan kurma tertulis jelas “No Camera” artinya aku nggak boleh foto-foto sembarangan di tempat itu.

Aku mencari kurma muda atau kurma Ruthob, setelah mengelilingi rak berkali-kali tetap aja kurma itu nggak ada. Akhirnya aku tanya mbak petugasnya, ealah ternyata kurma Ruthobnya ada di frezzer. Pantesan walaupun keliling beribu keliling nggak mungkin aku temukan tuh kurma incaranku. Kata mbak petugasnya kurma ini harus disimpan di frezzer biar segar dan tahan lama ,karena kalau disimpan di luar pasti nggak akan tahan lama paling nggak tahannya cuma 2-3 jam saja.




Hmmm, kurma Ruthob incaranku akhirnya aku dapatkan, inipun karena rekomendasi dari mbak Nining agar mengkonsumsi kurma muda. Nyam-nyam-nyam enak banget kurma muda ini, dengan harga 90ribu per 500 gram nya aku membawa pulang kurma muda ini dengan senang gembira :)



Nggak hanya kurma, sempat melirik belanjaan yang lain. Madu, susu kambing bubuk, dan pashmina. Maklum namanya nih kalap mata kalau udah ada di tempat-tempat belanja yang bisa dijangkau oleh duit yang kami punya. Kalau kalian bisa kalap mata juga nggak, kalo menemukan barang bagus dan harganya murah?

Toko Lawang Agung Gayungsari
Alamat : Jalan Gayungsari Barat X/45 Surabaya
Dekat dengan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya


Related Posts

Kurma Ruthob dari Lawang Agung
4/ 5
Oleh

58 komentar

baru dengar nama kurma ruthob, ternyata banyak juga jenis kurma

iya banyak banget emang jenisnya...

hahaha iya dai, kmrn beli belum habis ini...sek eman emak2 banget yo

btw suka rasanya gak? smoga barokah ya, aamiin ya Rabb

macam-macam kurmanya ya mbak. sayang banget ga banyak yang bisa di foto

Saya order mbak bisa dikirim ke Pulau Dollar??

aah..aku kalap liat kurma muda dingin itu.. :)
segeer ^^

Kurma yg basah biasanya lebih muaniss ya mb

ngiler nih liat kurma, saya kan suka kurma hehe...

kurma Ruthob ini baru dengar ya. Apa saya nya yang KUDET ehiehiehe. Saya kira semua KURMA sama aja,. Cuma boomingnya KURMA pas saat orang baru pulang dari ibadah HAJI dan UMRAH saja. Saya sering kebagian oleh oleh KURMA dan AIR ZAM ZAM dari mereka. Duh duh senangnya sudah bukan main, apalagi kalau bisa berangkat UMRAH bersama Keluarga, Waaaaaaaa Amin Ya Rabb

ah kurma mudanya berhasil membuat aku kepengen.....dingin2 pasti seger tuh siang2 gini

pengen icip dong kurma ruthob nya :D

belanjaaannya jadi banyak ya maak :)

wah ... ternyata ada kurma muda juga dijual ya mbak... ngomong - ngomong mbak dwi sedang ngidam ya hehe

Wihii... belum ramadhan memang, tapi gak salah juga mengkonsumsi kurma. :D

Duh, sudah kebayang manisnya kurma ruthob... :)

Kurmanya keriiiiing.. Akuh mauuuuh :(

suka sekali mbak..enak sekali aku jadi ketagihan :)

iya soalnya gak boleh difoto mbak :)

hahaha...beli sendiri ya...

seger banget mak..uenak tenan :)

iya manis sekali rasanya :)

saya juga suka kurma mbak santi :)

aku aja juga baru dengar waktu itu kang, coba aku nggak main kesini pasti aku juga nggak tau hahaha

pastinya seger banget ya mbak ninik :)

sini sini aku kasih nih hehehe

hahaha iya mak..jadi banyak nih...

hahahaha..biar bisa punya dedek mang yono...

betul sekali krena kurma banyak sekali manfaatnya...

hahahaha...manis banget ini mbak :)

itu masih bansah beb kurmanya :)

Jual kacang arab juga ga ya, mba? Kalo kurma yang ini aku baru tau ada jenisnya. :D

iya, disana lengkap banget mbak ila :)

Dulu waktu pulang dari Yaman enggak bawa kurma. Ternyata di Surabaya ada juga penjual ruthab.

Masjid ini dulu tiap minggu pagi tempat saya & suami jalan2 waktu jaman masih "kekasih"
*nostalgila :)))

buat para penggemar kurma, bakalan senng ketemu tempat ini :)

iya di Lawang Agung ada kurma ini :)

ahaiii..berati sekarang masih bisa juga donk :)

hahaha...bener sekali mak :)

kapan hari juga dikirim sama pakelkk kurma ruthob sepulang umrah,tapi aku baru tahu lo kurmanya dimasukkan ke frezer^^

Kurma ini banyak bangte jenisnya, kapan lalu dapat kiriman kurma nabi yg gede2dan endes gurindessss

hahaha...iya biar awet dan tahan lama mbak :)

wah itu yg gede2 aku suka banget bang...endes banget lah pastinya

gimana rasanya kurma muda ini mbak ? apakah asam atau manis ?

rasanya manis banget...

Dulu aku jg selalu beli disini mak kebetulan yg punya masih sodara jg. Klo ksni malah bingung mo beli kurma apa sak macemnya ada smua. Klo aku sukanya kurma lulu trs sklian deh beli roti maryam jg :)

Roti maryam itu mbak aku suka, kesukaanku itu...

Kurma ini rasanya mirip sawo ya mbak

HUENAAAAAAKKKK POL :)

Iyo mbaak, podo enak e...

Harganya berapa kak kalo di lawang agung??

90ribu waktu itu...

Lo tak pikir tadi pas pertama tak pikir buah kesemek hahaha

Oke banget nih buat buka puasa baik sunnah atau pas ramadhan...

Yuk berkomentar :)