Kurma Ruthob dari Lawang Agung

Lanjut dari menara 99 meter, kami mengunjungi Lawang Agung pusat kurma dan oleh-oleh Haji dan Umroh terlengkap. Pusat Kurma dan oleh-oleh Haji dan Umroh ini kurah lebih berjarak 200 meter dari Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Letaknya yang cukup strategis membuat pusat oleh-oleh ini gampang dicari. 



Di tempat inipun saat kami akan memarkir kendaraan tertulis jelas bahwa tempat ini “Bebas Parkir” alias bagi customer yang pergi kesini untuk berbelanja dibebaskan uang parkir. Dan saat kami masuk kedalam Lawang Agung untuk bersiap-siap belanja kami langsung disambut ramah oleh para petugasnya. Aku langsung menuju rak kurma sambil menenteng keranjang belanja, di deretan rak-rak itu banyak sekali macam-macam kurma dan dari negara mana saja kurma itu didatangkan dan dengan harga yang bervariasi pula. Sayangnya saat mau bernarsis ria ingin berfoto di deretan kurma tertulis jelas “No Camera” artinya aku nggak boleh foto-foto sembarangan di tempat itu.

Aku mencari kurma muda atau kurma Ruthob, setelah mengelilingi rak berkali-kali tetap aja kurma itu nggak ada. Akhirnya aku tanya mbak petugasnya, ealah ternyata kurma Ruthobnya ada di frezzer. Pantesan walaupun keliling beribu keliling nggak mungkin aku temukan tuh kurma incaranku. Kata mbak petugasnya kurma ini harus disimpan di frezzer biar segar dan tahan lama ,karena kalau disimpan di luar pasti nggak akan tahan lama paling nggak tahannya cuma 2-3 jam saja.




Hmmm, kurma Ruthob incaranku akhirnya aku dapatkan, inipun karena rekomendasi dari mbak Nining agar mengkonsumsi kurma muda. Nyam-nyam-nyam enak banget kurma muda ini, dengan harga 90ribu per 500 gram nya aku membawa pulang kurma muda ini dengan senang gembira :)



Nggak hanya kurma, sempat melirik belanjaan yang lain. Madu, susu kambing bubuk, dan pashmina. Maklum namanya nih kalap mata kalau udah ada di tempat-tempat belanja yang bisa dijangkau oleh duit yang kami punya. Kalau kalian bisa kalap mata juga nggak, kalo menemukan barang bagus dan harganya murah?

Toko Lawang Agung Gayungsari
Alamat : Jalan Gayungsari Barat X/45 Surabaya
Dekat dengan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

64 comments:

  1. baru dengar nama kurma ruthob, ternyata banyak juga jenis kurma

    ReplyDelete
  2. hahaha iya dai, kmrn beli belum habis ini...sek eman emak2 banget yo

    btw suka rasanya gak? smoga barokah ya, aamiin ya Rabb

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka sekali mbak..enak sekali aku jadi ketagihan :)

      Delete
  3. macam-macam kurmanya ya mbak. sayang banget ga banyak yang bisa di foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya soalnya gak boleh difoto mbak :)

      Delete
  4. Saya order mbak bisa dikirim ke Pulau Dollar??

    ReplyDelete
  5. aah..aku kalap liat kurma muda dingin itu.. :)
    segeer ^^

    ReplyDelete
  6. Kurma yg basah biasanya lebih muaniss ya mb

    ReplyDelete
  7. ngiler nih liat kurma, saya kan suka kurma hehe...

    ReplyDelete
  8. kurma Ruthob ini baru dengar ya. Apa saya nya yang KUDET ehiehiehe. Saya kira semua KURMA sama aja,. Cuma boomingnya KURMA pas saat orang baru pulang dari ibadah HAJI dan UMRAH saja. Saya sering kebagian oleh oleh KURMA dan AIR ZAM ZAM dari mereka. Duh duh senangnya sudah bukan main, apalagi kalau bisa berangkat UMRAH bersama Keluarga, Waaaaaaaa Amin Ya Rabb

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku aja juga baru dengar waktu itu kang, coba aku nggak main kesini pasti aku juga nggak tau hahaha

      Delete
  9. ah kurma mudanya berhasil membuat aku kepengen.....dingin2 pasti seger tuh siang2 gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya seger banget ya mbak ninik :)

      Delete
  10. pengen icip dong kurma ruthob nya :D

    ReplyDelete
  11. belanjaaannya jadi banyak ya maak :)

    ReplyDelete
  12. wah ... ternyata ada kurma muda juga dijual ya mbak... ngomong - ngomong mbak dwi sedang ngidam ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..biar bisa punya dedek mang yono...

      Delete
  13. Wihii... belum ramadhan memang, tapi gak salah juga mengkonsumsi kurma. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali krena kurma banyak sekali manfaatnya...

      Delete
  14. Duh, sudah kebayang manisnya kurma ruthob... :)

    ReplyDelete
  15. Kurmanya keriiiiing.. Akuh mauuuuh :(

    ReplyDelete
  16. Jual kacang arab juga ga ya, mba? Kalo kurma yang ini aku baru tau ada jenisnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, disana lengkap banget mbak ila :)

      Delete
  17. Dulu waktu pulang dari Yaman enggak bawa kurma. Ternyata di Surabaya ada juga penjual ruthab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di Lawang Agung ada kurma ini :)

      Delete
  18. Masjid ini dulu tiap minggu pagi tempat saya & suami jalan2 waktu jaman masih "kekasih"
    *nostalgila :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaiii..berati sekarang masih bisa juga donk :)

      Delete
  19. buat para penggemar kurma, bakalan senng ketemu tempat ini :)

    ReplyDelete
  20. kapan hari juga dikirim sama pakelkk kurma ruthob sepulang umrah,tapi aku baru tahu lo kurmanya dimasukkan ke frezer^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...iya biar awet dan tahan lama mbak :)

      Delete
  21. Kurma ini banyak bangte jenisnya, kapan lalu dapat kiriman kurma nabi yg gede2dan endes gurindessss

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu yg gede2 aku suka banget bang...endes banget lah pastinya

      Delete
  22. gimana rasanya kurma muda ini mbak ? apakah asam atau manis ?

    ReplyDelete
  23. Dulu aku jg selalu beli disini mak kebetulan yg punya masih sodara jg. Klo ksni malah bingung mo beli kurma apa sak macemnya ada smua. Klo aku sukanya kurma lulu trs sklian deh beli roti maryam jg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roti maryam itu mbak aku suka, kesukaanku itu...

      Delete
  24. Kurma ini rasanya mirip sawo ya mbak

    HUENAAAAAAKKKK POL :)

    ReplyDelete
  25. Harganya berapa kak kalo di lawang agung??

    ReplyDelete
  26. Lo tak pikir tadi pas pertama tak pikir buah kesemek hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks...kok kesemek sih. Padahal kurma ruthob

      Delete
  27. Oke banget nih buat buka puasa baik sunnah atau pas ramadhan...

    ReplyDelete
  28. kurma ruthob jika di Madinah hanya musim dibulan Ramadhan, harganya murah satu toples cuma 10 Riyal. tapi di Lawang Agung juga menyediakan kurma ruthob, jenin kurma ini bagus banget buat penderita Demam Berdarah dan anemia. saya juga suka banget jenis kurma yang satu ini.. muaniiss poll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku doyan banget mbak...uwenakkkk dan bikin nagih. Tapi harganya sih lumayan kalau beli ini tiap hari...hehehe

      Delete
  29. Mba dwi puspita saya lagi kuliah di unair ambil S3...ni kemaein istri titip kurma muda...tapi yg dipostingan mba dwi bukan qurma muda yg kres kres ya...tapi rutob yg mateng ?akbarnuurpurnama@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mas akbar, ini yg matang. Rasanya enak sekali

      Delete

Yuk berkomentar :)