Menara 99 Meter di Kota Surabaya

Weekend minggu ini saya dan suami merencanakan jalan-jalan ke Kota Surabaya. Dari rumah kami memerlukan waktu 1 jam untuk sampai ke pusat kota Surabaya. Maklumlah tinggal diperbatasan kota Surabaya membuat kami tidak betah karena daerah perumahan kami masih sepi. Hahaha...

Weekend itu identik jalan-jalan bagi kami. Entah jalan-jalan kemana saja yang penting bisa keluar rumah dan refreshing. Biasanya nge-mall, pulang kampung, silaturahim ke rumah teman, atau jalan-jalan ke daerah pegunungan seperti Trawas, Prigen, Pacet, dan Batu.

Untuk weekend ini, suami mengajak saya jalan-jalan ke salah satu masjid terbesar di Surabaya. Masjid Nasional Al Akbar menjadi tempat kami membuang waktu dengan beribadah sholat Dhuhur sekaligus mampir ke wisata menaranya.

Menara ini disebut menara 99 meter karena kurang lebih tingginya 99 meter. Yang saya tahu, menara ini memiliki akses naik berupa lift yang hanya bisa beberapa orang saja untuk menaiki dan menuruni menara tersebut.
 

Dari bawah terlihat sangat megah dan kokoh bangunan menara ini Menara 99 meter Masjid Nasional Al Akbar menjadi salah satu jujukan wisatawan jika ke Surabaya. Memang banyak yang belum tahu tentang menara ini, namun seiring waktu akhirnya menara 99 meter ini juga sudah banyak yang mengetahuinya.


Kali ini saya dan suami ingin ke puncak menara 99 meter untuk melihat pemandangan Kota Surabaya dari atas menara ini.

Buat kalian yang penasaran juga tentang menara ini buruan deh ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Jika kalian membawa kendaraan, dikenakan tarif parkir sebesar dua ribu rupiah saja suntuk kendaraan roda 2 sedangkan kendaraan roda 4 lima ribu rupiah.

Saat saya  ke menara 99 meter ini, ada 1 bis wisata yang membawa rombongan anak-anak sekolah. Mungkin mereka selesai berlibur dan menyempatkan diri mampir ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.


Karcis infaq naik lift menara dikenakan lima ribu rupiah per orang. Sangat terjangkau sekali menurut saya karena di atas sana mata kita bakalan dimanja. Melihat pemandangan Kota Surabaya dari atas ketinggian 99 meter. 


Perjalanan dari bawah hingga ke atas menara dengan ketinggian 99 meter membutuhkan kurang lebih 60 detik selama naik lift. Nantinya seorang petugas yang akan mengantar dan menjemput para wisatawan untun naik dan turun.

Seperti inilah pemandangan Kota Surabaya yang saya saksikan dari atas menara 99 meter Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.






Dari atas menara 99 meter saya dan suami bisa melihat Kota Surabaya. Rumah-rumah penduduk yang saling berdekatan satu sama lain, dari atas sana kami juga dapat melihat jalan tol, pepohonan hijau, dan gedung-gedung tinggi. Seperti miniatur pemandangan tersebut jika dilihat dari atas.




Bagi mereka yang ingin jajan, nggak perlu khawatir karena di atas menara disediakan kantin kecil. Terutama bagi anak sekolah yang sedang melancong ke tempat ini pastinya melihat deretan jajan pasti mereka akan tertarik. Di atas menara juga disediakan 4 bak sampah. Dengan adanya 4 bak sampah ini dimaksudkan agar wisatawan selalu menjaga kebersihan.


Sepertinya saya dan suami sudah puas melihat pemandangan Kota Surabaya. Saatnya saya dan suami turun dari atas menara. Jika ingin turun maka tinggal pencet bel saja, petugas akan datang menjemput para wisatawan.


Mungkin 30 menit saya dan suami berada di atas menara 99 meter. Weekend kali ini Alhamdulillah masih bisa jalan-jalan ke tempat-tempat religi seperti ini. Semoga saya dan suami selalu diberikan kesehatan dan rezeki agar bisa mengeksplor tempat-tempat lain.

Salam,
Dwi Puspita


46 comments:

  1. Boleh jadi destinasi nanti kalo ke Surabaya Mbak. Waktu naiknya lama banget ya Mbak, sampe satu jam gt? Ga kebayang di lift selama itu, mumet pasti saya hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh banget donk... :) eh itu salah ketik tadi mbak..bukan 60 menit tapi 60 detik..udah aku ubah..makasih ya :) big hug :)

      Delete
    2. Kalau admin Blognya cakep seperti mba Dwiex'z Someo ini dijamin tidak akan bosen mampir dimari seperti sayah ini Hiehiheiheiheieihee

      *abaikan

      Delete
    3. hahaha...harus mampir ya kang asep..wajib banget kang asep ini mah :)

      Delete
  2. Dulu aku sering bgt kesini..deket dari rumah ..nadia juga suka bgt kl diajak keatas...
    Hiks... ksngen surabaya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak muna ke Surabaya lagi...kita kopdar bersama :)

      Delete
    2. Dalam foto Kantin Menara 99 ini ada TEH PUCUK harum di antara jejeran minuman di sana. Heiiehiehe. Tau aja kalau saya suka Teh Pucuk Harum ini. Soalnya saya kurang suka kalau minuman yang saya minum itu terlalu manis. Tapi kalau mampir di blog mbak ku ini tetap suka lah karena adminya manis. HIehiheiheihiee

      *abaikan lagi

      Delete
    3. bhahahaaha..si manis dari gua hantu..wkwkwkw...kang asep nih selalu ada2 aja deh...kan sayyya jadi malyu begituhhh...

      Delete
  3. Adminnya lebih cantik dari menaranya ya,,,,,
    #hehehehe
    *plaaakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk.... #pliiik #pluuuuk... makasih ya..

      Delete
    2. modus banget kan?


      ijin follow dong

      Delete
    3. bhahaha..modus banget...boleh silahkan :)

      Delete
  4. Saya yang orang Surabaya belum pernah lho ke sana. Boleh lah kapan-kapan, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan2 kesana indah, karcis nya murah banget kok :)

      Delete
  5. Saya mahasiswa ITS mbak, tapi kok belom pernah kesana yaa haha
    Mungin next time bisa main kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama...aku alumni ITS juga..hai salam kenal adik angkatan :) harus kesana ya..biar tau wajah surabaya dari ketinggian 99 meter :)

      Delete
  6. mbak masjid al akbar itu apa yg di darmo itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mbak, yg di jalan raya darmo itu masjid Al Falah :)

      Delete
  7. terakhir ngabuburit kesini,maunaik tapi ternyata pas nyape kesorena.yaudah nggak jadi huhuhu. karcisnya sama kayak di menara masjid jabal arafah batam, karcis infaq namanya...besok pas palng harus naik nih^^
    makaish ya mbak infonya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus mbak, harus nyampek sini biar bisa melihat kota surabaya dari atas bersama pasangan kita :)

      Delete
  8. Wah perjalanan yang sangat menarik ya.
    Pemandangan kota Surabaya dari atas juga sangat indah. :)
    Update hal-hal lain yang ada di kota-kota lainnya juga ya Mbak.

    Salam Blogwalking ^^,
    Sanz Yu (Sanzeda Fay Lupe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai salam kenal ya..insyaallah ntar kalo ada tempat yang seru lagi pasti aku update :)

      Delete
  9. Enaknya yang abis jalan-jalan... Btw udah pake domain TLD nie :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak banget donk mas...hehehe iya mas..rumah baru ini :)

      Delete
  10. Surabaya masih banyak hijau2nya... :)
    Di semarang sepertinya ada menara seperti ini di masjid agung jawa tengah kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, sepertinya kalo di semarang masjid agung jawa tengah :)

      Delete
  11. Waah, tempat ini seru, tapi belum sempat ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas Alam, segera main ke tempat ini :)

      Delete
  12. dwi cantiikk..aku ngga berani naik2 ginii hihi..dulu naik menara mesjid Semarang dah keder, anak2 pgn ke monas aku takuut..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa makasih mbak...qiqiqi jadi malu nih...wah mbak dedew ternyata takut ketinggian ya :)

      Delete
  13. naiknya bayar ya,
    trus klo turunnya gak bayar
    langsung terjunnnn :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaha terjun bebas seru juga tuh sepertinya :)

      Delete
  14. jika dilihat dari ketinggina tentu sangat menarik ya....kalau udah begini sebelum berangkat mesti siapin kamera dulu biar bisa narsis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, kamera menjadi nomer satu :)

      Delete
  15. Aku kok nggak berani ya di tempat-tempat tinggi, apalagi trus liat bawah. Ngeriii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mbak Lianny ternyata takut ketinggian ya...

      Delete
  16. emang paling seruu kalo melihat-lihat di ketinggian..
    klo disurabaya ada menara 99 di jakarta monas kali yaa.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, seperti monas sepertinya..eh tapi disini juga ada tugu pahlawan loh mbak :)

      Delete
  17. dengan hanya bermodalkan 5000 kita dapat menikmati seluruh kota Surabaya melalui menara 99 ini ya bu, kenapa begitu tanggung padahal tinggal semeter lagi jadi menara 100, unik dan nyentrik banget pembuat menara 99 itu teh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 99 itu sesuai dengan jumlah asmaul husna mang lembu :)

      Delete
    2. oo gituh ya...dalem banget perancang menara 99 itu teh ya, pantesan ajah namanya dan tingginya menara itu teh 99, kayanya mengajak kita untuk selalu bersyukur atas keAgungan-Nya ya bu.
      keren ih

      Delete
    3. betul sekali..kan menaranya 1 lahan ama masjid Nasional Al Akbar Surabaya mang lembu...eh itu fotonya anaknya ya mang???

      Delete
  18. Mba brarti kalu saya berdisi di atas menaranya jadi 100 meter ya tinggi saya. heheheheh.
    tapi takut jatuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..bisa iya bisa nggak ya...wkwkwkwk :)

      Delete
  19. kalau mendekati maghrib boleh naik nggak ya ? pengen ngambil foto sunset dari menara itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm..sepertinya udah ditutup deh...kan waktunya sholat :)

      Delete

Yuk berkomentar :)