Kriteria istri yang baik itu,,,

Istri yang baik itu menurutku seperti ini.

Setelah ijab qobul dialah sepenuhnya milik suaminya. Mau diapain saja itulah hak suaminya namun dalam batasan yang wajar. Istri yang baik itu, mengerti akan masalah suaminya. Yang bisa menenangkan segala masalahnya, yang selalu memberikan senyuman pada masalah itu. Yang memberikan semangat dan motivasi kepada masalah itu.

Hai para istri, kini dirimu dituntut untuk patuh pada suamimu. Karena dia sekarang adalah pemimpinmu, beban dari sebagian dosamu akan ditanggung oleh suamimu jika kau sayang pada suamimu, buatlah dia menjadi seorang pemimpin yang berhasil dengan segala ketulusan yang kau miliki, yaitu menjadi seorang istri yang baik dalam hidupnya.

Apa saja kriteria istri yang baik itu?

Sabar

Jadilah seorang istri yang sabar. Rasanya sifat sabar bukan hanya untuk seorang istri saja, melainkan  untuk semua orang sifat ini sangat di perlukan. Untuk menerapkan sifat sabar butuh kekayaan hati yang sungguh luar biasa. Sabar bagi seorang istri ketika kesempitan dalam rumah tangga menghampirinya. Seorang suami istri pasti akan diuji dalam bentuk apapun, masalah yang beraneka ragam, serta berbagai solusi yang akan membantu memecahkannya. Namun, semua solusi dari segala solusi yang diberikan pastinya adalah sabar, semua masalah jika kita hadapi dengan sabar pasti akan terselesaikan. Semua didiskusikan antara suami dan istri secara baik-baik. Kita tahu bahwa visi misi orang berkeluarga kadang kala berbeda, visi dan misi dari keluarga suami dan keluarga istri cenderung mengalami perbedaan, Dari situlah, seorang suami istri diuji, dari sinilah mulai timbul permasaalahan. Dan itulah yang menyebabkan adanya selisih paham diantara keluarga dan berakhir dengan perceraian. Naudzubillahi min dzalik.

Sabarnya istri antara lain yang pernah aku alam.

Sabar disaat keuangan suami sedang krisis, buka dompet suami yang di dapat bukan uang melainkan struk belanja yang udah mulai memudar tulisannnya. Sabar disaat suami atau keluarga suami difitnah oleh orang-orang terdekat kita, entah itu dari keluarga istri atau sahabat istri. Sabar ketika suami masih belum mendapatkan pekerjaan, berilah motivasi dan semangat, dan tentunya memohon kepada Allah.

Yuk para istri jadilah orang yang penyabar ya, sabar dalam masalah keluarga yang membelit kita. Jadilah seorang istri yang baik dengan menjadi istri yang sabar biar disayang sama suami.

“Dan jadikanlah sabar sebagai penolongmu”

Ikhlas

Ikhlas, sulit sekali memang. Apakah ada diantara kalian ada yang ikhlas memberi sesuatu kepada orang lain tanpa mengharap sesuatu apapun. Walau ada, mereka yang memang berjiwa ikhlas hanya bisa dihitung dengan jari. Penerapan ikhlas itu sangat sulit. Butuh kekayaan hati yang sungguh luar biasa juga seperti sabar.  Ikhlasnya seorang istri disini sangatlah berbeda. Untuk menjadi seorang istri yang baik, seorang istri juga harus memiliki sifat ikhlas.

Ikhlas melayani suaminya, melayani dalam segala kebutuhannya. Ikhlas dalam memberi sesuatu kepada keluarga suami. Ikhlas dalam membantu pekerjaan suami, jika suami menyuruhnya bekerja keluar rumah maka jadilah seorang istri yang ikhlas untuk membantu keuangan suami.


Tersenyumlah selalu pada suami

Mungkin ini mudah, tapi tak semudah yang kita bayangkan. Hati kita pahit tidak mungkin kita bersikap manis, iya kan? Tersenyumlah ketika suami dalam masalah, tersenyumlah ketika menyambut suami pulang bekerja, tersenyumlah ketika suami marah, tersenyumlah pada saat semua terjadi masalah.

Istri yang baik, akan selalu tersenyum melihat kondisi dan situasi yang terjadi dalam keluarganya. Dia akan merasa beban pikiran hilang dengan cara tersenyum, karena dia yakin Allah akan membantunya. Berpikirlah kalau seorang istri itu adalah manager yang terbaik, sekretaris yang terbaik, bisa melakukan tugasnya dengan baik dan mandiri, bisa juga membantu suami dalam mencari nafkah, bisa menyenangkan hati suami, ada dalam suka dan duka suami. masalah akan selesai dengan cara dibicarakan secara baik-baik oleh kedua belah pihak. Intinya, untuk menjadi istri yang baik itu kita harus memiliki sifat Sabar, ikhlas, dan selalu tersenyum.

Semoga saya dan para istri yang lain bisa menerapkannya juga dan yang paling terpenting adalah seorang istri yang sholehah sudah bisa menjadi istri yang baik untuk suami. Karena istri sholehah sudah memiliki semua kriteria yang diidam-idamkan para suami dan termaktub di Al Qur'an.



No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)