Online Shop bukan barang langka lagi

Kalau bicara masalah online shop sepertinya sudah bukan hal yang baru lagi. Pertama kenal dan tau pas zaman kuliah dulu, yah mungkin lebih tepatnya sekitar hampir 7 tahunan yang lalu. Awalnya masih takut banget, yah takutnya penipuan gitu, barang nggak nyampek setelah dilakukan transfer uang, uang melayang barangpun nggak nyampek,,,bisa-bisa pening nih kepala. Namun sekarang, online shop sudah mulai berkembang dan penggunanya banyak itupun karena kemudahannya. Dengan sekali klik untuk memasarkan barang seketika itu pula konsumen pada berebut memiliki barang tersebut tak terkecuali aku :)

Belanja di online shop sudah kerap kali aku lakukan. Pertama kali kerja dengan gaji pertama yang membuat hati merona menggiurkan hasratku untuk berbelanja. Inginnya berbelanja yang nggak pake ribet, ya sudah akhirnya belanja di online shop sesuai dengan barang yang aku cari dan aku inginkan. Online shop menjadi pilihanku dan sampai sekarangpun aku selalu menjadikan  online shop sebagai langganan wajibku di awal bulan pas gajian :)

Mudahnya bertransaksi tanpa pake ribet, kualitas yang ditawarkan pun juga sama dengan toko yang bukan online, kadang hargapun tak jauh berbeda inilah yang menjadikan online shop semakin diminati oleh konsumen yang hidupnya memang simple tanpa ada kata ribet :) Duduk di meja sambil nyemil, cari-cari barang yang kita butuhkan, tinggal klik jika ada yang cocok, transfer uang, beres deh tinggal nunggu barang datang,,,tanpa perlu repot keluar rumah, antri di tempat parkir, dan bingung tawar menawar harga dengan si mbak toko :)

Online shop sudah mulai bermain-main di media sosial. Mulai dari facebook, twitter, path, blog, dan masih banyak lainnya. Inilah yang memudahkan para konsumen seperti aku khusunya dalam mencari barang sesuai keinginan dan pilihannya.
Apa saja yang harus dilakukan para pemilik online shop agar konsumennya meningkat dan tak berpindah ke lain hati.
  1. Jujur, menjadi modal utama. Jujur disini adalah bukan online shop abal-abal. Selain itu jujur saat para konsumen bertanya akan keadaan barang, kualitas barang seperti apa, hendaknya disampaikan secara apa adanya sesuai keadaan barang, selain itu foto yang ditampilkan harus mengacu pada barang itu sendiri (barang yang dijual).
  2. Pelayanan yang harus cap cus. Jika konsumen bertanya melalui sms, telpon, atau chating di media sosial hendaknya langsung dibalas dengan balasan yang ramah dan sopan hal ini juga sangat penting dalam menarik konsumen.
  3. Pengiriman yang cepat. Hendaknya jika sudah deal antara pembeli dan penjual barang yang dibeli secara online cepat dikirim, hal ini agar tidak mengecewakan pembeli. Jika barang cepat sampai itu adalah poin tersendiri yang akan diberikan oleh konsumen.
  4. Barang yang dijual harus up to date. Konsumen biasanya seleranya berubah-ubah sesuai dengan kondisi zaman, zaman sekarang kalau kita nggak update maka akan tertinggal jauh dengan online shop yang lain,,,so,,,jangan takut untuk meng upgrade barang yang kita jual agar konsumen tetap bertahan :)
  5. Diskon dengan minimal pembelian. Semua konsumen pasti akan gila diskon, diskon adalah hal yang paling utama yang mereka cari. Hendaknya online shop juga memberikan diskon besar-besaran, seperti jika membeli 1 lusin baju akan mendapatkan harga distributor dan gratis ongkos kirim.
Apalagi jika kita ingin membuka usaha online shop, siap-siap lah bersaing dengan para online shop lain ya,,,pastinya dengan mengutamakan kejujuran, pelayanan, dan pastinya bertabur diskon agar online shop kita ramai pengunjung. Online shop kini sudah menjadi raja pasar, jangan takut untuk mencobanya siapa tahu rezeki yang tertunda itu ada di online shop, yuk mulai berani melirik bisnis ini :)


No comments:

Post a Comment

Yuk berkomentar :)