Kerja sampingan saat kuliah

Kemarin beres-beres rumah, nggak sengaja nemu tulisan ini di tumpukan buku yang aku bereskan satu persatu dan sesekali aku melihat dan membaca isinya.


"Tepat pukul 19.24 hari Selasa tanggal 27 Maret 2012 ku menulis cerita ini. Setelah sholat Isya’ di Masjid dekat perumahan adik les privat ku. Sambil menunggu Tweety menjemputku, karena aku tadi minta Tweety mengantarkan aku ke rumah adik les ku. Biasanya aku berangkat sendiri setelah pulang kerja. Di masjid ini aku terdiam sendiri. Hanya ditemani tas ransel dan helm. Melihat dan mendengarkan anak-anak yang belajar mengaji, ditemani oleh 2 ustadz. Setiap ustadz ada sekitar 3 dan 4 orang anak. Aku menyandarkan punggungku di tiang beton pojok masjid. Aku memandangi mobil dan sepeda motor yang lalu lalang di depanku. Tepat di depan Masjid banyak PKL yang mencari nafkah guna menghidupi anak istri. Sungguh pemandangan yang luar biasa".

"sms"an apa mengaji bang???

Hampir menginjak empat tahun yang lalu, setelah lulus dari ITS dan diwisuda aku tetap menjadi guru les privat untuk anak SD dan SMP. Sebelumnya memang jobku selama menjadi mahasiswi adalah jualan pulsa dan nge'les'i privat. Aku hanya mengajar anak SD dan SMP karena aku memiliki persiapan sebelumnya tanpa harus belajar, jika aku mengajar anak SMA pastinya aku akan kelimpungan sendiri karena harus belajar dan mempersiapkan materi sebelum les dimulai.

Jujur aku nggak bisa seperti itu, aku harus bekerja dan mana sempat aku mebuka pelajaran anak SMA berangkat kerja pukul 6 pagi terus kerja di kantor "swasta" yang naudzubillah seperti kerja rodi, mana sempat buka-buka buku pelajaran. Pulangnya jam 6 maghrib tanpa diitung lembur sama perusahaan, setelah itu langsung cap cus ngajar. Nyampek kosan jam 8 malam dan itupun sudah termasuk paling cepat aku ndlosor di kasurku.

Alhamdulillah, walaupun aku sibuk cari uang tapi aku masih ingat waktuku untuk sholat. Bersyukur atas semua pemberian Allah untukku, dan aku yakin semua usaha tak akan sia-sia. Aku akan menikmati jerih payahku ini. Selamat bekerja kawan, kesuksesan ada disetiap langkah dan usaha yang kalian kerjakan :)

18 comments:

  1. Eh lulusan ITS jurusan apa dan tahun berapa angkatane mbakyu? Hehehe. Sayah dulu juga sering kasih les sampe ke perumahan baru di pojokan bangetnya surabaya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,,,lulusan ITS mas,,,jur statistik angkatan 2007,,,anak ITS emang suka jadi guru les privat mas,,,itulah kesenangan tersendiri dari mahasiswa

      Delete
    2. Hahahha texting ya. Gambar pemuda yang sedang membaca pesan masuk yang panjangnya ber roll roll ke bawah scroliingnya ya. Jadi lama sekali membacanya heiheiheihiehiee Keren jepretannya mba Dwi. Tapi tumben lanang yang difoto in mba e? Hiehieie biasanya kan yang di jepret candid kaum Cecewe Ihihihihi

      Delete
    3. hihihi kan ane emang iseng kang asep baru tau ya hahahaha ntr kang asep aku candid juga loh

      Delete
    4. Wah musti gaya ik. Mau di foto candid
      pake Jaket sama kaca mata Item
      Sarung tangan perak ke emasan
      Dah mirip busana mendiang Michael Jackson dah

      Delete
    5. hahaha boleh juga tuh awas ya ntr kalo ke surabaya nggak serame ini hehehe

      Delete
  2. eweeeeeeeeeeeeeeh ,,, trnyata lulusan ITS tooh ,,, mantep rek ...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantep apanya sih mas fiu ini...kan lebih mantep mas fiu loh :) mas afgan maksud saya ehemmmm

      Delete
  3. Huaaaaa.. Aku jadi inget pas masih aktif kuliah nyambi punya online shop. Enak banget ada duitnya. Hihihi.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...Beby pernah punya online shop juga ya...hebat nih

      Delete
  4. Wah... mbak Dwi ini pekerja keras yang taat beribadah ^^

    ReplyDelete
  5. semangat mba smga semua niat ibadah karena Allah Biidznillah

    ReplyDelete
  6. Ini post lama tho?

    Tapi masih sip markosip buat dibaca sore2 mbaaaa :)

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)