Kerja sampingan saat kuliah

Kemarin beres-beres rumah, nggak sengaja nemu tulisan ini di tumpukan buku yang aku bereskan satu persatu dan sesekali aku melihat dan membaca isinya.


"Tepat pukul 19.24 hari Selasa tanggal 27 Maret 2012 ku menulis cerita ini. Setelah sholat Isya’ di Masjid dekat perumahan adik les privat ku. Sambil menunggu Tweety menjemputku, karena aku tadi minta Tweety mengantarkan aku ke rumah adik les ku. Biasanya aku berangkat sendiri setelah pulang kerja. Di masjid ini aku terdiam sendiri. Hanya ditemani tas ransel dan helm. Melihat dan mendengarkan anak-anak yang belajar mengaji, ditemani oleh 2 ustadz. Setiap ustadz ada sekitar 3 dan 4 orang anak. Aku menyandarkan punggungku di tiang beton pojok masjid. Aku memandangi mobil dan sepeda motor yang lalu lalang di depanku. Tepat di depan Masjid banyak PKL yang mencari nafkah guna menghidupi anak istri. Sungguh pemandangan yang luar biasa".

"sms"an apa mengaji bang???

Hampir menginjak empat tahun yang lalu, setelah lulus dari ITS dan diwisuda aku tetap menjadi guru les privat untuk anak SD dan SMP. Sebelumnya memang jobku selama menjadi mahasiswi adalah jualan pulsa dan nge'les'i privat. Aku hanya mengajar anak SD dan SMP karena aku memiliki persiapan sebelumnya tanpa harus belajar, jika aku mengajar anak SMA pastinya aku akan kelimpungan sendiri karena harus belajar dan mempersiapkan materi sebelum les dimulai.

Jujur aku nggak bisa seperti itu, aku harus bekerja dan mana sempat aku mebuka pelajaran anak SMA berangkat kerja pukul 6 pagi terus kerja di kantor "swasta" yang naudzubillah seperti kerja rodi, mana sempat buka-buka buku pelajaran. Pulangnya jam 6 maghrib tanpa diitung lembur sama perusahaan, setelah itu langsung cap cus ngajar. Nyampek kosan jam 8 malam dan itupun sudah termasuk paling cepat aku ndlosor di kasurku.

Alhamdulillah, walaupun aku sibuk cari uang tapi aku masih ingat waktuku untuk sholat. Bersyukur atas semua pemberian Allah untukku, dan aku yakin semua usaha tak akan sia-sia. Aku akan menikmati jerih payahku ini. Selamat bekerja kawan, kesuksesan ada disetiap langkah dan usaha yang kalian kerjakan :)

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)