Secangkir kopi menemaniku dalam ber"diet"

Aktifitas sehari-hariku tak lepas dari membuat kopi dan selalu aku teguk hangat-hangat di depan tivi. Tak kurang dua menit kopi di gelas kesayangan pemberian ibuku habis. Dalam sehari aku mampu menghabiskan segelas kopi paling sedikitnya tiga gelas perhari. Jika tak minum kopi, kepalaku pusing, ngantuk, lemes, tak bergairah untuk beraktifitas dan aku bisa dikatakan pecandu kopi.

Tiap pagi, setiap akan berangkat kerja aku selalu menikmati segelas kopi hangat yang aku buat sebelum mandi. Atau kalau nggak sempat bikin dirumah biasanya aku akan memesan kopi di warkop depan kantor. Toh lumayan harganya cukup dua ribu rupiah aja secangkirnya.

Setiap pulang kampung ke Pamekasan, ibuku selalu membuatkan aku kopi di pagi hari. Ibuku tahu kalau aku sudah menjadi pecandu kopi dan pada saat akan  kembali ke Surabaya ibuku membekaliku setengah kilo bubuk kopi hitam dan sekilo gula pasir. Yach, ibuku memang benar-benar sayang aku. Begitulah aku karena aku dan kopi tak bisa dipisahkan.

Jika sudah habis bubuk kopi pemberian ibu aku kelimpungan sendiri. Masak sih harus pulang kampung gara-gara cuma minta bubuk kopi hitam. Ah...nggak mungkin ongkos kesana aja udah lumayan bikin aku merogoh kocek yang lumayan banyak.

Mau nggak mau aku harus mendapatkan kopi hitam itu, karena itu adalah minuman wajibku setelah air putih. Untungnya dengan mudah aku mendapatkan kopi itu di warkop depan kantor. Kapal Api Special Mix menjadi pilihanku untuk menemani hari-hariku di depan komputer. Setiap pagi kopi ini nangkring di antara tumpukan kertas. Sesekali sambil mikir dan mengerjakan tugas sesekali juga aku menyuruput kopi ini panas-panas. Mantap tenan, mataku nggak ngantuk lagi, kerja beres dan aku bisa berleha-leha.

Kopi yang sudah lengkap dengan gulanya ini diproduksi oleh PT. Santos Jaya Abadi. Alamat perusahaan ini aku sudah familiar banget yaitu di daerah Sepanjang - Sidoarjo. Butuh waktu setengah jam dari kantorku jika perjalanan nggak macet. Kapal Api Special Mix yang selalu nangkring ini memiliki berat bersih 25 gram, selain itu tertera label Halal dari MUI. So, good deh jadi sruputanku tiap pagi :)

Yuk, kita ngopi :)

Untuk diet ini alhamdulillah aku selalu meminum kopi, tak masalah ternyata. Katanya sih ntar bisa tetep gemuk loh, kan kopinya udah dicampur dengan gula. Buktinya, dalam seminggu aja aku berhasil turun 2 kg, sekarang lagi proses diet lagi buat minggu depan. Yang penting jaga pola makan, olahraga teratur, dan berfikirlah positif. 

Informasi Gizi per secangkir kopi
Oh ya, baidewe sebenarnya ada pro dan kontra seputar kopi dengan penurunan berat badan.
Ngebaca berbagai artikel pro nya seperti ini :
  1. kopi bisa menekan nafsu makan.
  2. kopi bisa membakar lemak.
  3. kalori yang dimiliki kopi sangat sedikit.
  4. kopi akan memberikan energi yang lebih banyak sehingga sangat optimal dalam membakar kalori lebih banyak
Kontranya seperti ini :
  1. kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan kecanduan
  2. kopi bisa menyebabkan dehidrasi
  3. kopi bisa menaikkan berat badan, jika dalam kopi tersebut ditambah gula
  4. kopi bisa menggangu proses pencernaan
Kopi sebagai teman dietku :)

Nah sudah jelas kan pro dan kontranya minum kopi. Tapi itu terserah individu masing-masing. Toh jika kita ingin sehat tapi tak ingin melewati secangkir kopi di pagi hari kita bisa menyiasati dengan olahraga, memakan makanan yang bergizi, cukup tidur, dan pastinya positif thingking ya. Insyaallah hidup akan semakin bermakna :)

Yuk, semangat diet lagi kaka minggu depan harus turun 2kg lagi ya :)

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)