Tips Menjalankan Bisnis Sablon Kaos

Pengalaman saya membuka usaha 3 tahun lalu, tepatnya pertengahan tahun 2016 bisa memberikan pembelajaran pada saya dan suami. Selama 2 tahun itu kami bergelut dengan usaha kami. Modal usaha yang diperoleh dari hasil menabung tak sia-sia menjadi sebuah usaha bagi kehidupan kami selama 2 tahun lamanya. Jatuh bangun pasti ada, namanya juga usaha.



Sebagian besar orang memang lebih senang menjalankan usaha sendiri daripada harus kerja di tempat orang. Karena kerja di tempat sendiri dianggap lebih nyaman dan bebas mau ngapain aja.  Ini terbukti sekali bagi saya dan suami pada waktu itu. Namun yang perlu ditekankan dalam hal membuka usaha sendiri adalah sebagai pengusaha sudah selayaknya kita menjadi pekerja keras dan pantang menyerah. Karena jika tidak, kompetitor yang ada di luaran sana bisa menjadi ancaman besar bagi bisnis kalian untuk jatuh. Persaingan memang sudah sangat wajar terjadi, dengan respon dan cara yang tepat anda akan mampu bersaing.

Semuanya sudah saya rasakan bersama suami pada waktu itu. Jatuh bangun usaha kami yang bikin hati dan pikiran kami down. Saling memberikan semangat satu sama lain untuk jangan saling menyerah dan putus asa. Membuka usaha memang harus serius dan dijalankan dengan sungguh-sungguh agar usaha tetap jalan.

Pada kesempatan kali saya ingin membagikan informasi kepada kalian semua sebelum menjalankan bisnis sablon kaos. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai tips menjalankan bisnis sablon kaos.



Tips Menjalankan Bisnis Sablon Kaos


1.Perhitungkan Budget Sebelum Memulai Bisnis Kaos Sablon
Budget memang menjadi momok paling menakutkan sebelum memulai sebuah bisnis. Namun kapan lagi jika kalian tidak memulainya dari sekarang. Menunda-nunda akan membuat kalian menjadi semakin takut dan tidak percaya diri terhadap kemampuan yang kalian miliki.

Sebenarnya untuk memulai bisnis sablon kaos jangan membayangkan yang muluk-muluk terlebih dahulu. Mulailah sesuai dengan kondisi budget yang tersedia, seiring berjalannya waktu sedikit demi sedikit akan mulai bisa dikembangkan dari keuntungan yang dihasilkan. Itulah saran dari saya mengenai budget.

2. Targetkan Perkembangan Usaha Dari Waktu ke Waktu
Setelah resmi memulai dan terjun dalam bisnis sablon kaos, jangan lupa untuk membuat target demi percepatan perkembangan perusahaan yang kalian ciptakan. Misalnya saja pada tahun pertama harus bisa mempunyai peralatan sablon berapa unit, nantinya di tahun berikutnya harus ada penambahan beberapa unit sesuai dengan target dan berlaku untuk tahun-tahun berikutnya. Dengan demikian kalian akan semakin semangat dan bekerja keras dalam mensukseskan bisnis sablon kaos tersebut.

3. Ikuti Seminar-Seminar yang Berkaitan dengan Bisnis
Seminar atau sharing session memang mempunyai pengaruh cukup besar dalam mengembangkan keterbukaan pemikiran seseorang. Banyak ilmu dan pengalaman yang bisa diserap sehingga bisa diaplikasikan langsung pada bisnis yang sedang kalian jalankan. Mulai dari teknik-teknik pemasaran era digital sampai dengan pembuatan laporan keuangan perusahaan bisa kalian ambil ilmunya.



4. Jalin Kerjasama dengan Supplier
Kerjasama yang baik dengan supplier akan membantu dalam mengembangkan bisnis sablon kaos yang sedang kalian geluti. Kebutuhan akan suplai kaos memang harus dipertimbangkan matang-matang. Jika kepercayaan dari supplier tidak kalian dapatkan, ke depannya akan mempersulit usaha tersebut. Jalinlah kepercayaan antara kalian dengan supplier.

Dengan begitu kalian akan mudah dan bisa memenuhi semua permintaan dari konsumen. Bayangkan saja saat kalian sedang rame-ramenya, tapi supplier tidak mampu menyuplainya dengan maksimal. Ujung-ujungnya kalian sendiri yang akan kerepotan. Kesempatan seperti itu juga tidak boleh dilewatkan.


5. Perbanyak Koneksi Melalui Konsumen
Berikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan kalian wajib mempunyai kesabaran yang luar biasa. Karena karakter dan sifat konsumen beraneka ragam sehingga kalian bisa mempelajarinya baik-baik. Gunakan kesempatan berkomunikasi kepada konsumen untuk ikut menawarkan jasa sablon kaos yang kalian miliki kepada sanak saudara, kerabat, dan teman. Itulah salah satu cara untuk memperluas koneksi dalam bidang pemasaran.


Nah itulah tips menjalankan bisnis sablon kaos yang bisa saya berikan kepada kalian semua. Referensi pada kesempatan kali ini semoga bisa membawa manfaat bagi pembaca semua yang ingin memulai usaha sablon kaos. Terus semangat dan pantang mundur sebelum sukses!


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)