Mengasah dan Meningkatkan Kemampuan Otak Anak dengan ZenCore

Assalamualaikum sahabat www.dwipuspita.com dimanapun berada, semoga sahabat semua dalam keadaan sehat ya. Banyak sekali kabar tak nyaman namun yuk kita buat senyaman mungkin. Kenaikan kelas sudah berlalu dan pastinya putra putri kita sudah duduk di kelas yang baru bukan? Selamat ya... nggak apa-apa walau si anak banyak protes karena belum duduk di bangku kelasnya toh keadaan kan belum memungkinkan. Ajak mereka tetap semangat belajar online untuk meningkatkan kemampuan otak agar tetap maksimal, dimanapun dan kapanpun. Nah, diartikel ini saya mau cerita sedikit nih tentang anak saya yang bikin galau emaknya karena urusan sekolah, hahaha... Anak saya sekarang sudah mulai bertanya banyak hal dan rasa ingin tahunya besar banget. Saya kadang sering kewalahan kok dengan pertanyaan-pertanyaannya.

Ketika Si Anak Bosan Belajar Online

Jadi selama pandemi ini saya sengaja untuk mendaftarkan kelas belajar online semacam webinar agar dia tetap mendapatkan ilmu walaupun belajar di rumah saja. Lah kok malah gak mau nih anaknya, bosan katanya si anak. Iya sih emang pelajaran dan cara penyampaian si tutor monoton banget dan suasana kelasnya cukup ramai, saya aja udah bisa nebak duluan pasti anak saya gak bakal betah duduk manis mendengarkan tutor. Hiks... Kan sedih banget. Sudah bayar mahal ikutan kelasnya tapi si anak gak mau masuk kelas.

Mencari Platform Belajar dan Latihan Soal Yang Menyenangkan

Nah terus saya baca beberapa artikel teman nih, tentang platform yang asik buat anak sekolah. Dalam artikelnya, anak-anak bisa #mulaidarimanaaja untuk belajar ataupun latihan soal. Saya kepoin dong, siapa tahu cocok untuk anak saya dan juga saya sebagai orang tuanya yang nantinya mendampingi dia belajar.

Saya download aplikasi Zenius, eh ternyata sat set sat set mudah banget loh. Saya mendaftar menggunakan email, dimintai password dan dikirimi kode OTP melalui email/no.hp yang saya daftarkan sebelumnya. Nggak sampai satu menit langsung beres, aplikasi Zenius sudah terpasang, cepat dan nggak ribet di smartphone saya.

Download aplikasi Zenius untuk android

Nantinya akan ada pilihan bagi yang mendownload aplikasi ini, yaitu siswa, orang tua, guru dan umum. Saya pilih orang tua karena saya yang memegang kendali hape, kemudian saya pilih jenjang kelas 1 SD yang memang untuk anak saya.
Ada pilihan tujuan pembelajaran, untuk mengajari anak, memberi anak materi untuk menaikkan kompetensi, liat-liat dan UTBK. Saya pilih semuanya dong, kan semuanya memang saya butuhkan untuk materi belajar dan latihan soal anak saya.

Yihaaa, platform ZenCore memang sangat membantu sekali. Saya nggak kebingungan cari soal-soal di internet untuk materi pembelajaran anak saya. Memang benar bisa #mulaidarimanaaja nih, nggak perlu mengulang dari awal.

Selama kami menggunakan platformnya masih belum ada kendala sih. Anak saya juga asik banget nih mendengarkan penjelasan tutor mengenai nama-nama bangun ruang. Mudah dipahami karena penjelasan si tutor gak belibet. Latihan soalnya asik banget, dengan latihan soal bisa mengasah kecerdasan anak dan meningkatkan kemampuan otak dengan ZenCore.

Ada Fitur yang Bisa Membantu Memecahkan Soal Sulit

Oh ya nih, buat si anak yang kesulitan memecahkan soal , tenang saja karena akan ada yang membantu kalian loh. Fitur ZenBot yang akan membantu agar si anak atau selalu belajar mandiri. Tidak hanya untuk membantu si anak namun juga membantu Bapak/Ibu ataupun orang tua saat ingin menjelaskan tugas anak yang tidak dimengerti. Biasanya kebanyakan tugas Matematika ya, bener apa bener?

Cara pakai fitur ZenBoat pada platform ZenCore

Nah nantinya, teman-teman bisa foto soal yang sulit untuk diselesaikan atau ingin ditanyakan, ZenBot nantinya akan memberikan referensi materi dari video belajar atau sumber terpercaya dari para tutor Zenius sehingga teman-teman bisa mengerjakan soal tersebut.

Ada Proses Untuk Mencapai Tujuan

Perlu diingat juga nih untuk para orang tua, mengajar dan mendidik anak itu susah-susah gampang. Dengan penanaman kemampuan kognitif dasar, nilai, dan karakter terbukti menjadi kemampuan esensial yang akan berpengaruh pada perkembangan intelektual anak di masa depan. Jadi tidak secara instan ya, ada proses juga untuk sampai ke puncak tersebut.

Sebagai bagian dari masyarakat sosial, nilai dan karakter akan membantu anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berperilaku lebih baik dan sopan di kehidupan dan lingkungannya.

Ada bekal berharga untuk memproses informasi yang lebih kompleks di jenjang pendidikan selanjutnya yaitu kemampuan kognitif dasar yang dimiliki seorang anak. Tunggu dulu, tidak berhenti pada kemampuan mengingat informasi saja akan tetapi juga kemampuan berlogika, menalar, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan juga. Untuk itulah ZenCore hadir, pastinya untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dan bermanfaat.

Alasan Menggunakan Platform ZenCore

Beberapa alasan saya menggunakan platform ZenCore untuk anak saya karena bisa #mulaidarimanaaja materi yang nggak dipahami, termasuk dari hal yang paling dasar. Misal nih ya, anak saya belum mengerti apa itu bangun ruang. Sudah saya jelaskan namun tak paham juga, nah serahkan saja pada ZenCore, mungkin saja si anak lebih paham ketika diajari oleh tutor Zenius.

Meningkatkan kecerdasan otak dengan latihan soal di ZenCore

Tutornya juga sangat sabar dan jelas memberikan penjelasan. Terserah dari mana teman-teman mau mulai, kalian tetap akan bisa memahaman materi sampai akarnya. Pastinya para tutor akan membantu kalian dengan sabar hingga materi bisa kalian serap dengan baik.


Hal yang Disukai Anak dari ZenCore

Ada beberapa hal yang disukai anak saya dari ZenCore salah satunya adalah menjawab soal dengan kecepatan waktu. Walaupun sempat bikin deg-degan dengan jawaban salah atau benar tapi hal ini yang bikin seru loh. Kadang dia jerat-jerit sendiri melihat hasilnya. Kerennya lagi nih, teman-teman tak perlu khawatir dengan tingkat kesulitan soal karena soal-soal tersebut secara otomatis sudah diatur sesuai dengan kemampuan si anak.

Saya melihat anak saya semangat banget mengerjakan latihan soal pada platform ZenCore. Kini dia sudah mulai mengerti dengan bangun ruang yang dia dapatkan dari pembahasan tutor Zenius melalui platform ZenCore. Kebutuhan platform ZenCore yang berkaitan dengan anak sebenarnya masih perlu dikembangkan lagi. Mungkin seperti anak saya yang masih kelas 1 SD dia masih tertarik dengan penjelasan dengan gambar serta latihan soal yang penuh dengan gambar. Tapi saya mecoba melihat pembahasan serta latihan soal untuk kelas 7 hingga kelas 12 sudah sangat kompleks dan sangat membantu para siswa untuk belajar mandiri. Iseng-iseng saya mencoba latihan soal kelas 12 pada adik saya eh dianya malah penasaran dan ingin mendownload aplikasi Zenius di smartphonenya. 

Latihan soal seperti ini selain membuat anak cerdas pastinya juga dapat meningkatkan kemampuan otak dengan ZenCore. Di CorePractice, teman-teman bisa mendapatkan 153.000 pertanyaan yang siap mengasah kemampuan. Pertanyaan yang disediakan sudah disusun secara adaptive learning agar bisa menyesuaikan skill dan kecepatan kalian loh. Jika jawaban yang kalian dapatkan banyak benarnya, maka di akhir soal kalian akan mendapatkan overall score. Seperti score yang saya dapatkan saat mencoba latihan soal Verbal Logic ini.

ZenCore memberikan latihan soal untuk meningkatkan kecerdasan


Nah buat teman-teman, coba yuk push rank bareng teman sekelas, tetangga atau dengan saudaranya. Kira-kira score yang didapatkan teman-teman berapa nih? Ini saya baru nyoba CorePractice masih di level 1 dan beneran seru banget ya. Masih terus berusaha level berikutnya nih.

Para orang tua bisa mengajak anak-anaknya untuk latihan soal mulai dari kelas 1 hingga kelas 12. Seperti anak saya yang sekarang sedang asik dan semangat belajar serta latihan soal CorePracyice melalui platform ZenCore daei aplikasi Zenius.

ZenCore meningkatkan kemampuan otak untuk para siswa

Saya yakin platform ZenCore ini akan terus mengembangkan dirinya, dibuktikan dengan latihan soal tidak untuk kelas 1 sampai kelas 12. Latihan soal untuk STAN dan latihan soal untuk masuk UGM juga ada. Pastinya hal yang bisa dikembangkan kedepannya dengan ZenCore mungkin adalah modul belajar dan latihan soal untuk yang mau melanjutkan kuliah atau sekolah kedinasan. Jujur saya tertarik sekali karena bisa #mulaidarimanaaja. Bisa dikembangkan seperti latihan soal untuk soal-soal CPNS dan sekolah tinggi kedinasan dan universitas lainnya yang masuk peringkat 10 besar. Hal ini pastinya sangat membantu sekali untuk para lulusan kelas 12 saat akan melanjutkan jenjang pendidikannya.

Nah buat para siswa, orang tua atau pun guru bisa download aplikasi Zenius di Google Play ataupun App Store dan cobalah platform ZenCore yang bisa #mulaidarimanaaja. Semoga artikel ini membantu ya.

Salam,
Dwi Puspita

55 comments:

  1. Wah, aplikasi belajarnya lengkap ya. Dan yang penting, anak-anak senang belajar dengan aplikasi ini. Sangat memudahkan sekali pastinya..

    ReplyDelete
  2. adanya fitur ZenBot ini memudahkan anak dan orangtua dalam memahami materi pelajaran

    ReplyDelete
  3. Wah enak ya zencor bisa bantu nyelesaian soal kita, cukup difoto aja. Emang membantu banget nih buat anak-anak yang lagi daring.

    ReplyDelete
  4. Siap download aplikasi Zenius nih supaya anak bisa belajar lebih maksimal.
    Apalagi sistem PJJ masih diterapkan di beberapa daerah. Adanya aplikasi ini membantu banget

    ReplyDelete
  5. anak jaman sekarang canggih2 ya hahaa jaman aku dulu pertama pegang handphone bingung, anak sekarang kayaknya langsung paham dan ngulik fungsi2nya haaahaa

    ReplyDelete
  6. bagus juga nih sangat bermanfaat banget makasih infonya mbak bisa juga buat yang dewasa juga ya

    ReplyDelete
  7. Belajar tapi kayak berasa main game ya mba Dwi, apik banget tampilanya cartoon gitu jadi anak semangat banget nih. Zencore emang solusi banget di tengah pandemi

    ReplyDelete
  8. aku tertarik nih sama fitur zenbot, bisa membantu anak-anak memecahkan soal-soal terutama soal matematika

    ReplyDelete
  9. wah ada Zenbot, keren ih mbaaa Zenius. Kalau usia sd kelas 1 beneeer, masih suka yg banyak gambar dan cerita2 ya mba, anak aku kelas 2 sd juga sukaaaa. Zenius cara daftarnya gampil ya, nggak ribet jadinya pakbapak dan ibu langsung bisa dibantuin^^

    ReplyDelete
  10. zenius sekarang makin canggih ya mbak? dulu zaman adekku malah masih via website doang. belom ada aplikasinya

    ReplyDelete
  11. Ternyata fiturnya zenius kece2 ya mbak pantesan aja anak2 betah belajar pake ni. Apalagi anak2 sekarang kebanyakan gaya belajarnya visual dengan video2 menarik gini pasti membantu pemahaman belajar

    ReplyDelete
  12. Memang penting banget ya mencari metoda belajar yang menyenangkan supaya enggak bosan belajar di rumah...
    Jadi ingin coba zencore juga deh buat anak saya...

    ReplyDelete
  13. Aku save dlu nama aplikasi nya, nanti kalo anakku udah mau kelas 1 pasti berguna banget ini.. Makasi infonya mba

    ReplyDelete
  14. saya sudah download aplikasi Zenius ini mbak
    sudah mencoba fitur ZenCore juga
    anakku pun sudah mencoba
    seru katanya

    ReplyDelete
  15. Bagus yaa fitur ZenCore ini, bisa melatih daya ingat anak dan melatih kecerdasan anak. Wajib install nih

    ReplyDelete
  16. boleh banget ini buat belajar Mas Aiman selama dia isolasi di tempat karantina, nanti mau usulkan ke suami deh biar download. Belajarnya bisa santai kan kalau via zencore

    ReplyDelete
  17. Wah menarik untuk dicoba nih. Kebetulan Zinan sekarang baru masuk kelas 1 SD dan sekolahnya homeschooling. Jadi memang aku perlu siapkan latihan mandiri.

    ReplyDelete
  18. Wah serius latihan masuk STAN pun ada? Lumayan visioner ya. Kalau soal biaya bagaimanakah? Hehe, saya sedang membandingkan beberapa platform karena pengen nambah atmosfer belajar anak

    ReplyDelete
  19. Kalau fitur buat anak TK ada gak ya? Soalnya aku perhatiin anakku mulai bosen disuruh mengerjakan PR-nya. Siapa tahu lewat aplikasi gini, dia jadi lebih terhibur dan gak mudah bosan hehehe

    ReplyDelete
  20. PJJ yang dijalani anak-anak lumayan lama ya, kadang belajar online bikin anak-anak apalagi yang masih usia SD bosan, karena itu perlu trik agar anak-anak bisa belajar dengan semangat. Platform Zencore ini ternyata banyak fitur yang memang dirancang agar anak-anak semangat belajar ya setelah aku baca artikelnya. Mau cobain juga ah buat anakku yang SD, soalnya akhir-akhir ini semangat belajarnya semakin menurun.

    ReplyDelete
  21. Ngga cuma buat anak sekolah aja ya mba?
    Ada latihan soal buat tes CPNS sampai sekolah umum kedinasan juga? Lengkap banget

    Yang penting nih, pengen tahu trik mengerjakan soal matematika dengan cepat. Maatematika SD kelas 1 soalnya gimana mba?
    Sekalian melatih anak terbiasa mengerjakan soal dengan kecepatan waktu ya mba

    ReplyDelete
  22. Ternyata bisa untuk yang mau lanjut belajar di sekolah kedinasan atau CPNS juga ya, pasti banyak peminatnya.

    ReplyDelete
  23. Setelah membaca artikel ini aku fix berlangganan ka, kebetulan pas lagi ada promo hehehe. Lumayan buat anak-anak latihan dirumah.

    ReplyDelete
  24. Mau juga ah instal aplikasi ini agar anakku bisa ikut latihan soal-soal juga gitu.
    Trus kalau mengerjakan soal math yang sulit, bisa banget nih memanfaatkan fitur ZenBot yaa..

    ReplyDelete
  25. Super lengkap banget belajar menggunakan Zencore ini.
    Gak prlu khawatir karena belajarnya bener-bener berurutan dari dasar hingga ke tingkatan yang tertinggi yaa..

    ReplyDelete
  26. Kalo dulu adekku belajar di zenius, masih dalam bentuk web. kalo sekarang udah ada aplikasinya makin mudah

    ReplyDelete
  27. aku jadi pensaran buat coba juga zenius untuk anakku yang baru masuk sd nih mba, biar gak pegang hp dan main game atau nonton yt, belajar jadi lebih terarah yah dengan zencore

    ReplyDelete
  28. Pelajaran anak anak sekarang sulit sulit banget apalagi kelas 10,11,12 jadi bersyukur ada platform belajar online seperti Zencore ini yang memudahkan mereka belajar

    ReplyDelete
  29. Dengan banyak latihan soal di mana soal-soal tersebut secara otomatis sudah diatur sesuai dengan kemampuan si anak maka anak makin terasah kemampuannya. Bagus sekali inovasi Zencore dari Zenius ini.

    ReplyDelete
  30. wah sekarang enak banget ya ngajarin anak, ada banyak tempat belajar yang gak bikin bosen. Aku shared ah buat ponakan. Emak bapaknya suka bingung kalau ngajarin hee

    ReplyDelete
  31. Aplikasi ini sangat membantu banget ya mbak, terutama untuk emak-emak seperti kita. Karena Zencore sudah menyediakan fitur yang berisi pembahasan dari soal-soal yang tadi dikerjakan. Jadi, anak udah nggak perlu tanya-tanya lagi.

    ReplyDelete
  32. Salut banget karena Zencore bisa digunakan siapa saja.
    Kabarnya, ada materi mengenai logika juga yaa..yang biasa digunakan untuk tes CPNS?
    Ini asik banget yaa..

    ReplyDelete
  33. Fitur memecahkan soal yang sulit ini kayaknya bagus ini, karena anak-anak suka kesulitan kalau garap PR. Maklum kan sekolah daring juga terbatas, gak seperti saat online ya

    ReplyDelete
  34. Baca artikel ini aku jadi penasaran pengen nyobain download zencore deh, kayaknya sistem belajarnya seru banget, cocok buat anak-anak.

    ReplyDelete
  35. Aih iyaa, tidak terasa udah hampir 2 tahun aja. Eh terasa banget ding, terutama buat para orangtua yang mendampingi anak-anak belajar online di rumah. Mau ah, coba platform ZenCore juga, sekalian sayanya flashback sama soal-soal zaman sekolah dulu :) Plus soal tes masuk STAN, hiks gak lulus soalnya dulu. Eh malah tsurhat~

    ReplyDelete
  36. ZenCore ini oke bangeet yaaa mba untuk menjadi platform anak - anak berlatih dan belajar lebih banyak

    ReplyDelete
  37. Wih asyik banget ya belajar online dirumah bersama anak dengan aplikasi Zenius nya kak. Jadi pinging Cobain juga nih

    ReplyDelete
  38. jadinya anak-anak punya wahana untuk terus meningnkatkan kemampuan ya mba. meski belajar dari rumah dengan adanya zenius dan berbagai programnya orang tua juga jadi terbantu saat mendampingi anak belajar bersama. bagus ini programnya.

    ReplyDelete
  39. Artha Nugraha Jonar12 August 2021 at 06:22

    Zencore ini menurutku fitur yang keren. Karena kita bisa belajar sesuatu mulai dari dasar. Dengan kemampuan dasar, kita bisa belajar dan menguasai materi lebih lanjut.

    ReplyDelete
  40. Fitur ZanCore dari Zenius ini memang keren sekali ya, Mbak. Jadi tidak hanya untuk anak-anak, untuk orang tua juga bisa dalam mengasah otak. Saya dan krucil gantian seru-seruan. Makin naik level makin seru. Ada pembahasan soal yang salah juga. Jadi semakin paham dan mengerti.

    ReplyDelete
  41. Aku instal Zenius ini karena lagi nyari bimbel online untuk anakku. Video materinya asik-asik. Lebih asik lagi ada ZenCore yang "main-main tapi dapat ilmu dan makin cerdas".

    ReplyDelete
  42. Zenius emang termasuk aplikasi belajar yang asik banget ya dipakai di musim pandemi kayak sekarang, fitur-fiturnya gak ngebosenin dan materi-materinya juga lengkap, aku suka banget sama fitur ZenCore-nya. Rasanya seru bisa belajar dengan konsep kayak maen game hehe

    ReplyDelete
  43. Waah fitur Zencore pada aplikasi Zenius ini cocok untuk semua umur ya. Bisa untuk anak SD< SMP dan SMA. Jadi penasaran pengin unduh aplikasi Zenius buat anakku yang SMP dan SMA

    ReplyDelete
  44. Belajar pakai ZenCore emang cara jitu menghilangkan rasa bosan dalam belajar. Karna metode belajarnya dibalut seperti game yg harus naikin level dan score.

    ReplyDelete
  45. Paling gawat memang kalau anak sudah merasa jenuh alias bosan belajar. Senangnya ZenCore ngasih banyak permainan menyenangkan ya. Bisa belajar sambil bermain deh.

    ReplyDelete
  46. Paling gawat memang kalau anak sudah merasa jenuh alias bosan belajar. Senangnya ZenCore ngasih banyak permainan menyenangkan ya. Bisa belajar sambil bermain deh.

    ReplyDelete
  47. Paling menarik dari aplikasi Zenius ini adalah fitur yang bisa membantu kita menyelesaikan soal yang sulit. Jadi membantu banget saat mengerjakan PR atau mempersiapkan ulangan.

    ReplyDelete
  48. Beberapa hari terakhir ini saya banyak membaca terkait Zencore ini mba. Dan setelah saya lihat-lihat di halamannya langsung, memang mantap ini zencore milik Zenius ini karena terdapat fitur yang bisa melatih dan mengetahui kemampuan kita. Apalagi di jaman serba belajar online, pasti sangat bermanfaat zencore

    ReplyDelete
  49. Aplikasi Zenius ini paling tepat di tengah Pandemi begini, belajar makin seru di aplikasi Zenius

    ReplyDelete
  50. Ngga cuma anak anak kayanya ya yang ngerasa seru main zencore, akupun suka main zencore.. berasa ikutan cerdas cermat onlen.. hihihi

    ReplyDelete
  51. Asik banget emang kalo buka ZenCore, bikin lupa waktu karna keseruan ngulang pelajaran zaman sekolah

    ReplyDelete
  52. Zenius nih udah menemani masa-masa SMA-ku. seneng deh sekarang jadi tambah praktis dan gratis. aku pun lagi keranjingan Zencore, lumayan biar otak gak terlalu karatan XD

    ReplyDelete
  53. Ada solusi di tengah pandemi ya mba Dwi. Alhamdulillah anak-anak sangat terbantu kan demikian ortu dan guru semoga aplikasi nya banyak menebar manfaat aamiin

    ReplyDelete
  54. Jadi, selama pandemi gini, anak tetap bisa belajar dengan maksimal dengan bantuan platform belajar online seperti zenius ini ya bun. Wah, terima kasih sekali infonya.benar-benar sangat membantu

    ReplyDelete
  55. Wow! Ada latihan soal masuk STAN dan UGM juga! Makin ke depan makin banyak dan kaya fiturnya ya.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)