Taman Balai Kota Surabaya, Alternatif Liburan Untuk Keluarga

Bermain ke Taman Balai Kota Surabaya sebenarnya sudah pernah saya lakukan bersama teman kuliah saat saya masih kuliah dulu, tepatnya pada tahun 2007. Balai Kota memang identik sekali dengan tempat kerja atau tempat tugas Walikota Surabaya. Namun karena di Balai Kota Surabaya banyak sekali menyimpan sejarah terutama bangunannya yang memang peninggalan Belanda memberikan cerita sendiri jika kita sudah mengamati setiap sudut bangunan yang ada didalamnya.

Balai Kota Surabaya terletak di Jalan Taman Surya No. 1, yang mana gedung ini terletak di pertemuan antara jalan Walikota Mustajab dan Jalan Jaksa Agung Suprapto. Mudah sekali mendapatkan tempat ini, karena sudah terdapat tulisan yang besar dan sangat jelas di depan gedung balai kota ini. 



Saya mengetahui sejarah Balai Kota Surabaya saat mengikuti tour bis Heritage Track yang difasilitasi oleh House of Sampoerna. Bangunan yang sangat kokoh dan khas sekali dengan bangunan Belanda. Di dalam Balai Kota Surabaya atau lebih tepatnya di bawah tanahnya ternyata terdapat bunker.

Selain melihat barang-barang dan bangunan sejarah yang ada di dalam gedung Balai Kota pun kita dapat menikmati dan melihat taman dan air mancur yang ada didepannya. Seiring waktu Balai Kota Surabaya dijadikan tempat bermain dan berkumpul oleh warga Surabaya apalagi saat ini ada taman bermain air yang terletak di sepanjang trotoar di depan Balai Kota Surabaya.

Saya berkesempatan bisa bermain di Balai Kota Surabaya bersama anak dan suami saya. Balai Kota Surabaya ini memang di buka untuk semua masyarakat warga Kota Surabaya ataupun luar Kota Surabaya.

Malam Hari di Taman Balai Kota Surabaya


Saya datang ke Balai Kota Surabaya bersama keluarga saat weekend tiba, lebih tepatnya malam minggu. Penginapan kami waktu itu bersebelahan dengan Balai Kota Surabaya, jadi cukup jalan kaki saja sudah sampai. Penginapan yang dekat banget, mungkin kurang lebih 100 meter dari penginapan menuju Taman Balai Kota Surabaya.


Karena saya datang tepat malam Minggu, jadi suasana Taman Balai Kota Surabaya sangat ramai sekali dengan keluarga yang turut serta mengajak anak-anaknya. Taman Balai Kota Surabaya dengan warna-warni lampunya membuat malam terasa hidup. Kelakar para remaja dan senda gurau anak kecil semuanya menghiasi malam di Taman Balai Kota Surabaya ini.


Anak saya sendiri bahagia saat dia melihat air mancur yang tepat berada di tengah Taman Balai Kota Surabaya. Maunya nyebur ke dalam dan bermain air. Lampu warna warnipun menghiasi air mancur tersebut sehingga membuat anak-anak tertarik untuk bermain air tak terkecuali anak saya.


Dari kejauhan pula saya menyaksikan keindahan Kota Surabaya dengan lampu warna-warninya. Indah sekali ternyata Kota ini saat malam hari. Salah satu alasan saya mengapa saya suka sekali mengamati pemandangan/alam/ suasana kota di malam hari karena saya bisa melihat sisi gelap suatu tempat ditemani temaram lampu yang sangat indah.




Pagi Hari Di Taman Balai Kota Surabaya



Lanjut pagi harinya kami menuju Balai Kota Surabaya. Niatnya sih mau olahraga pagi walaupun hanya jalan kaki. Selain itu saya ingin mengajak anak saya bermain air di Taman Balai Kota Surabaya. Bermain air di Taman Balai Kota Surabaya gratis dan disana sudah banyak anak-anak lain yang basah kuyup bermain air.


Di halaman Balai Kota Surabaya saja sudah banyak yang melakukan aktifitas. Ada ibu-ibu yang entah dari komunitas mana melakukan senam pagi, ada juga kakak dan adik bermain badminton yang ditemani oleh Ayahnya. Sedangkan anak saya berlarian kesana kemari saat masuk halaman Balai Kota Surabaya. Mungkin anak saya bahagia melihat banyak orang dan anak seusianya yang bermain di tempat ini.



Lihat saja wajah anak saya yang sadar kamera saat saya mengambil momen menunggu air. Dia happy banget menunggu air yang secara tiba-tiba akan muncrat dari dasar trotoar. Tidak anak saya saja, suami saya juga happy saat air keluar dan tiba-tiba muncrat dari dasar trotoar. Hahaha... bahagia itu ternyata sangat sederhana.


Buat ibu-ibu yang mau mengajak anaknya bermain air di tempat ini jangan lupa bawa baju ganti dan minyak kayu putih, minyak telon atau apalah sebagai penghangat badan si kecil. Di khawatirkan mereka masuk angin karena main air terlalu lama. Kalau sebentar main airnya sih nggak apa-apa, tapi kalau anak saya main airnya lama banget sampai kulit jari-jarinya mengkerut.


Anak saya memang suka banget kalau disuruh main air, kadang sampai lupa daratan. Anehnya kalau di ajak mandi ke kamar mandi dia nggak mau. Hahaha... apa perlu saya buatkan taman seperti ini ya, tapiiii lahannya siapa yang akan saya gunakan mengingat taman depan rumah saya hanya sejengkal.





Karena sudah terlalu lama bermain air, segera saya ganti baju anak saya yang basah dengan baju ganti yang sudah saya siapkan sebelumnya. Tak lupa saya olesi minyak kayu putih ke badan, punggung, dan lehernya agar anak saya tidak masuk angin. Khawatir karena bermain air terlalu lama anak saya kedinginan, masuk angin dan sakit. Saya tidak berharap itu, semoga anak saya selalu sehat.


Balai Kota Surabaya 


Kini, di tangan ibu Tri Rismaharini, Walikota wanita pertama Surabaya, Balai Kota Surabaya menjadi asri. Halaman depan dari gedung Balai Kota ini telah dibuat taman-taman hijau dengan berbagai tanaman dan di tengah halaman depan terdapat air mancur. Di sepanjang trotoar disediakan kursi untuk para pejalan kaki.



Taman Balai Kota Surabaya ini bisa menjadi alternatif liburan keluarga. Dengan taman dan air mancur yang bisa menjadi hiburan tersendiri untuk anak-anak. Saya sangat merekomendasikan tempat ini sebagai tempat liburan untuk keluarga maupun komunitas.




Salam,
Dwi Puspita


No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)