Ada Apa di Antara Jalan Ketabang Kali dan Jalan Yos Sudarso Surabaya?

Ada apa sih di Jalan Ketabang Kali dan Yos Sudarso kok sampai dibela-belain jalan kaki seperti turis buat eksplor tempat ini?
Jawabannya pasti ada donk karena setiap tempat punya keunikan masing-masing entah dari kuliner, nama jalan, maupun tempat wisatanya. Yang saya tahu, jalan Ketabang Kali ini punya kuliner yang melegenda yaitu kuliner pecelnya yang terkenal dengan nama Pecel Ketabang Kali. Selain itu Jalan Ketabang Kali punya taman bermain yang sayang sekali kalau dilewati. Kalau lewat jalan ini kalian harus mampir sebentar untuk mengulik ada apa sih sebenarnya di taman tersebut.


Nama tamannya Taman Prestasi, Taman Prestasi sudah pernah saya ulas sebelumnya di blog ini. Kalau belum pernah baca, silahkan baca lagi disini (Taman Prestasi).

Taman Prestasi yang terletak di Ketabang Kali ini memiliki taman bermain untuk anak-anak dan juga bisa dijadikan tempat berkumpulnya keluarga. Selain itu ada wisata perahu Kalimasnya juga loh. Karcisnya murah meriah dan kalian akan menikmati lampion bergelantungan yang membentang di sungai Kalimas dengan warna-warni yang sangat menarik.




Ketika saya mengambil gambar suami dan anak di trotoar jembatan, posisi saya sedang berada di Jalan Ketabang Kali sedangkan posisi suami dan anak saya berada di Jalan Yos Sudarso. Di sepanjang jalan Yos Sudarso kita juga akan mendapatkan kuliner es krim yang melegenda yaitu Zangrandi. Rasa es krimnya enak, yah pantas saja kalau harganya termasuk harga yang menengah ke atas. Itu menurut saya loh ya...


Selain itu di Jalan Yos Sudarso ada beberapa fasilitas umum dan tempat ibadah yang cukup terkenal. Perpustakaan Umum Kota Surabaya, Rumah Bahasa Surabaya, Balai Pemuda Surabaya, dan Gereja Maranatha yang tepat berada di sebelah utara Balai Kota Surabaya.

Balai Kota Surabaya sendiri sudah pernah saya ulas di blog saya. Saya mengajak anak saya bermain air disini, kalau malam minggu taman Balai Kota Surabaya ini ramai dengan para pengunjung yang membawa keluarganya.



Jika saya berdiri di trotoar jembatan ini, posisi saya berada di Jalan Yos Sudarso dan saya dapat melihat Monumen Panglima Besar Djenderal Soedirman dan Balai Kota Surabaya. Sebelumnya sudah saya tulis tentang Monumen Panglima Besar Djendral Soedirman di blog ini, yang mau baca disilahkan. 



Bangunan tinggi yang dilihat anak saya adalah Hotel Garden Palace yang pintu masuk menuju kawasan hotelnya dari arah Jalan Yos Sudaraso. Kapan-kapan bolehlah staycation dihotel itu bareng anak dan suami, semoga saja dalam keadaan sehat keluarga kami dan pastinya semoga ada rezeki yang berlimpah.


Anak saya yang memang suka melihat air sepertinya ingin sekali turun nyebur ke Kalimas. La wong disuruh turun aja nggak mau sampai dia berdiri di atas pembatas besi hanya untuk melihat kali. Saya kan takut, takut tiba-tiba anak saya kepleset dan jatuh ke sungai.

Tak jauh dari Jalan Ketabang Kali saya jalan kaki lagi ke arah selatan dan menemukan jalanan yang sangat sepi mirip seperti gang tapi bersih dan rapi dengan tanaman hijaunya. Asik buat foto-foto juga sih karena kanan kirinya terdapat pepohonan yang sangat rimbun.


Mungkin ini saja cerita saya jalan kaki hanya untuk mengamati Jalan Yos Sudarso dan Jalan Ketabang Kali. Saya akan melanjutkan perjalanan mencari kuliner murah meriah di Jalan Walikota Mustajab.


Salam,
Dwi Puspita


No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)