Fungsi Pemilihan Linear Bearing Sebagai Pendamping Mesin Produksi

Fungsi Pemilihan Linear Bearing Sebagai Pendamping Mesin Produksi


Dari berbagai jenis bearing yang ada dalam dunia otomotif, kali ini kita akan membahas mengenai linear bearing atau bantalan linear. Komponen ini sangat dibutuhkan dalam permesinan karena hampir semua mesin membutuhkannya. Hal ini karena dengan adanya bantalan ini berguna dalam mempermudah laju fungsi dari suatu mesin.




Itu semua terbukti dengan pengaplikasian dari bantalan ini. Hingga saat ini, bantalan tersebut banyak diaplikasikan pada berbagai bidang. Baik itu peralatan mesin untuk medis, mesin tekstil, mesin makanan, mesin cetak, instrumen, mesin otomotif, hingga mesin digital. Ini membuktikan betapa penting dan populernya bantalan ini.




Meskipun banyak mesin yang membutuhkan bantalan, tapi tidak semua bisa menggunakan jenis linear. Linear bearing hanya dirancang untuk peralatan yang memiliki gerakan bebas dalam satu arah atau secara lurus. Anda dapat melihatnya dalam kehidupan sehari hari seperti mesin fotokopi, mesin printer, dan lain-lain. Keunggulan batalan linear jika dibandingkan dengan jenis bearing lainnya ialah terletak di fungsi pemakaian. Karena unik dan tidak ditemukan fungsi ini pada fungsi bearing lain menjadikan bantalan linear lebih unggul. Lantas apa saja yang menjadi fungsi utama bantalan ini? Yuk intip penjelasannya.

Berkurangnya Segala Gesekan

Tidak jauh beda dengan fungsi bearing lainnya, adanya bantalan linear memnatu meminimalisir adanya gaya gesekan yang berlebihan. Jadi anda tidak perlu cemas apabila sewaktu-waktu mesin anda bocor atau rusak.

Mengurangi Terjadinya Kecacatan Pada Produk

Tujuan kita menggunakan mesin dalam kegiatan produksi salah satunya adalah agar kualitas dan bentuk produk tetap terjaga. Ini dilakukan demi kepuasan konsumen yang berlangganan. Namun bagaimana ketika produk yang dihasilkan ternyata cacat atau rusak? Tentunya semua produsen tidak menginginkannya. Oleh karena itu, salah satu upaya agar kualitas hasil produksi tetap terjaga ialah dengan menggunakan linear bearing agar risiko adanya kecacatan produk berkurang. Sehingga produsen tidak mengalami kerugian baik dalam proses produksi ataupun pengemasannya

Kecepatan Stabil

Berkaitan dengan gaya gesek, kecepatan mesin juga akan stabil. Hal ini lantaran gaya geseknya sudah dikontrol dengan bantalan linear. Jadi output yang dihasilkan ialah kecepatannya rerata, tidak lambat namun juga tidak cepat. Apakah mungkin jika sewaktu-waktu mesin anda tiba tiba berkecepatan lambat atau cepat meskipun sudah menggunakan bantalan linear? Jawabannya adalah YA sebab dapat disimpulkan bahwa ada kesalahan pada salah satu komponen mesin anda. Entah karena rusak atau ada masalah teknis yang mengganggunya.

Sesuai Dengan Kondisi Mesin Produk

Seiring berkembangnya teknologi pada setiap tahunnya membuat pasaran berlomba-lomba untuk menciptakan mesin-mesin baru. Munculnya beragam jenis mesin baru tersebut memicu permintaan bantalan linear yang beragam pula. Hal ini karena bantalan ini mampu menyesuaikan jenis mesin produk. Alhasil akan banyak pula seri bantalan linear yang dijual di pasaran. 

Demikian penjelasan mengenai linear bearing. Perlu anda tahu bahwa bahan baku untuk membuat bantalan ini ialah stainless steel yang sudah memiliki standar mutu internasional. Hal ini untuk menjamin kualitas dan mutu produk. Selain itu menggunakan bahan baku yang anti karat agar nantinya tidak mudah rusak atau membuat kinerja produksi menurun. 

Produksi mesin juga akan terganggu jika ada kontaminasi debu atau zat tertentu yang mampu merusak mesin. Anda juga dapat mempelajari jenis bearing lainnya seperti ball bearing, roller bearing, atau pillow block bearing.

Jika anda belum menemukan seri bantalan yang sesuai dengan mesin, kunjungilah Logam Makmur. Disana anda akan menemukan jenis bantalan yang anda cari. Jangan khawatir sebab kelengkapan dan kualitas produk dapat dipercaya. Jadi dipastikan anda akan pulang membawa barang yang anda butuhkan.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)