Mama, Apa itu Covid-19?

Mama, Apa itu Covid-19?

Pertanyaan ini muncul tiba-tiba saat saya berdiskusi dengan suami saya mengenai Covid-19. Mungkin anak umur 4 tahun ini nguping dari tadi percakapan orang tuanya. Sedikit linglung sih menjelaskan tentang Covid-19 ke anak usia PAUD dan tak menyangka pula dia bertanya akan hal ini.



Biasanya hal yang anak ini tanyakan tak jauh dari makanan binatang apa saja. Misal, "Ma, makanannya sapi apa?", "Ma, makanannya nyamuk apa?", "Ma, makanannya buaya apa?" dan seterusnya hingga kadang membuat mulut saya capek menjawab setiap deretan pertanyaannya. Hahaha...


Sebelumnya dia hanya mengerti akan kuman. Mungkin di sekolahnya sudah diajari oleh guru-gurunya. Jadi, setiap akan makan menggunakan tangan dia akan meminta untuk mencuci tangannya terlebih dahulu. Good job! Berarti pelajaran kebersihan di sekolahnya diserap dengan baik oleh anak ini. Hehehe... Ya sudah deh, tiap kali si anak selesai bermain selalu saya suruh cuci tangan agar kuman-kuman ditanggannya mati. Dia pun nurut dan sepertinya sudah menjadi kebiasaan selalu cuci tangan setelah bermain dari luar ataupun saat si anak mau makan.



Nah, kembali ke masalah Covid-19 yang ditanyakan oleh anak ini. Akhirnya saya mencari tahu berbagai informasi tentang penjelasan yang mudah dimengerti oleh anak kecil mengenai virus tersebut. Akhirnya saya menemukan versi pdf mengenai cerita Covid-19 ini yang ditulis oleh mbak Watiek Ideo. Covid-19 atau Korona bisa dijelaskan secara jelas pada anak-anak karena dibantu dengan ilustrasi gambar yang menarik loh.

Versinya macam-macam ada yang berbentuk pdf yang bisa di lihat di smartphone, laptop, komputer dan versi dalam bentuk buku cerita ukuran lumayan mini. Nah, saya pribadi mendapatkan penjelasan Covid-19 tersebut melalui forward pdf di WA komunitas. Ya sudah deh, akhirnya saya download dan menjelaskan kepada anak saya. Lumayan paham sih untuk anak umur 4 tahun dijelaskan tentang Covid-19, menurut si anak bentuknya menyerupai buah rambutan. Hahaha... Langsung deh saya tertawa, kok bisa ya dia berimajinasi seperti itu.

Apapun imajinasimu Nak tentang bentuk Covid-19 ini semoga semuanya segera berakhir. Semoga kita bisa hidup normal seperti biasa dan seperti sebelum-sebelumnya. Bisa jalan-jalan di luar bersama Ayah dan Mama, Ayah bisa berangkat kerja seperti biasanya, ke Masjid menunaikan sholat berjamaah, dan pastinya kuliner, hangout yang biasanya kita lakukan di akhir pekan.


Covid-19 ini memberikan kita pelajaran bahwa hidup sehat, bersih, dan sabar itu penting banget. Yuk sama-sama kita berdo'a kepada Allah semoga wabah ini segera berakhir.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)