Campor Lorjuk

Bagi kalian yang ingin melancong ke Kabupaten Pamekasan tidak perlu khawatir dengan makanan khas daerah yang ada disana. Karena berbagai pilihan menu makanan pun akan dengan mudahnya kita dapat. Pastinya para pelancong akan mencari menu yang berbeda yang belum pernah mereka jamah, tentunya kelezatanlah yang menjadi prioritas utama dalam memilih menu makanan. Kabupaten Pamekasan memiliki makanan khas daerah yang juga tak kalah lezatnya dari daerah lain. Namanya campor lorjuk, campor yang menjadi makanan khas di Kabupaten Pamekasan ini tergolong murah meriah. Hanya dengan 5-7ribu per mangkok kita bisa menikmati sajian lezat kaya protein ini.
 
Dokumen Pribadi


Lorjuk memiliki 18 asam amino sekitar 81% dari berat kering, diantaranya  aspartat, treonin, serin, glutamat, prolin, glisin, alanin, sistin, valin, metionin, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, lisin, histidin, triptofan dan arginin. Asam amino merupakan penyusun protein yang penting bagi proses pertumbuhan dan sumber energi mahluk hidup termasuk manusia. Lorjuk sendiri adalah hewan laut yang hidup di pasang surut pantai.

Dokumen Pribadi


Dengan bertabur lorjuk di atasnya dan dengan 5 irisan lontong sudah membuat perut kenyang, namun yang bikin kita nagih lagi hanya karena lorjuknya. Gimana nggak nagih, dengan rasa per gigitan yang aduhai itu bikin harga lorjuk perkilonya mahal. Jadi jangan heran jika mereka tergila-gila karena lorjuk, rasanya memang bener-bener endes banget.


Bumbu yang dipakaipun untuk meracik sajian lezat ini cukup sederhana. Bawang merah dan bawang putih pastinya harus ada dalam komposisi membuat bumbu ini. Kerepek kancor, kecambah goring, dan soun (bihun) pun menjadi pelengkapnya agar makanan tambah lebih berbobot. Bagi kalian yang doyan pedas, silahkan untuk menambah sambel sendiri ke kuahnya. Pasti lidahpun bergoyang dengan alunan lorjuk pergigitannya.

Dokumen Pribadi


Mau makan campor lorjuk? Ditemani deburan ombak? Datang aja ke Kabupaten Pamekasan :) Campor lorjuk akan siap menyambutmu.

Foto-foto di atas adalah dokumen pribadi penulis :)

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)