Resolusi Hijau 2015 : Resolusi Hijau untuk menyelamatkan Bumi

Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah setempat untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap hijau. Mulai dari penyuluhan hingga penerapannya sudah mereka lakukan namun sebagian dari masyarakat masih belum sadar akan pentingnya lingkungan yang hijau serta bersih disekitar mereka.

Salah satu taman perumahan yang ada di Surabaya (Dokumen Pribadi)

Taman Mayangkara, Surabaya (Dokumen Pribadi)

Sebenarnya untuk menciptakan lingkungan hijau kita tidak perlu jauh-jauh. Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa menanam pohon merepotkan diri sendiri karena harus mencari tanah kosong yang jauh dari tempat tinggal hanya untuk menanam pohon. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan resolusi hijau di tahun ini, pastinya resolusi hijau ini akan menyelamatkan bumi kita dari segala macam ancaman yang ada seperti global warming.

Pepohonan di sepanjang jalan perumahan, membuat sejuk dan segar yang melewatinya (Dokumen Pribadi)

Mulai dari diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita. Walau terkendala dengan lahan sempit perumahan tapi tak menyurutkan tekadku untuk membuat taman mini di rumah. Taman yang ada di belakang yang hanya berukuran 200 cm x 20 cm dan taman di depan rumah yang hanya 300 cm x 150 cm yang selalu aku rawat dan jaga setiap hari.
 
Taman belakang rumahku, uk. 200cm x 20cm (Dokumen Pribadi)

Taman depan rumahku, uk. 300cm x 150cm (Dokumen Pribadi)

Dengan adanya tanaman-tanaman ini bisa sedikit membantu untuk menyelamatkan bumi ini. Aku yakin dari kalian bisa juga melakukannya, memiliki ruangan hijau ditata sedemikian rupa dan memanfaatkan barang bekas yang sekiranya masih bisa dipakai. Contohnya seperti taman belakangku ini, dengan lahan yang sempit aku ingin memaksimalkan ruanganku dengan adanya taman terbuka agar udara bisa keluar masuk ke dalam rumahku.

Taman di salah satu Hotel di Surabaya (Dokumen Pribadi)

Di daerah perumahanku, setiap rumah memang diwajibkan menanam minimal satu pohon, terserah pohon apa saja. Ini dimaksudkan agar nantinya suasana perumahan terkesan hijau, tampak lebih asri, dan menghasilkan udara yang segar baik itu pagi maupun siang hari.

Aku menanam pohon mangga dan alpukat di depan rumah agar nantinya bisa menaungi rumahku dan bisa mengurangi panas matahari yang berlebih. Tidak hanya itu, dengan banyaknya pepohonan disekitar kita maka oksigen yang dihasilkan ditempat itupun akan lebih banyak. Tumbuhan/tanaman akan menghasilkan oksigen di siang hari dengan bantuan sinar matahari. Dengan melakukan cara ini kita sudah menyelamatkan bumi dan juga menyelamatkan hidup kita dari berbagai serangan penyakit karena udara kotor (polusi).
 
Aku dan pohon (Dokumen Pribadi)

Lain halnya dengan kampungku yang ada di Pulau Madura sana. Dikampungku memang tak terkendala lahan, lahan disana sangat luas. Jadi setiap rumah dikampungku memiliki lahan dengan aneka macam pohon. Seperti pohon mangga, pohon nangka, pohon belimbing, dan masih banyak pohon-pohon lain yang memang sengaja ditanam di lahan tersebut untuk memanfaatkan lahan tanah yang kosong dan memberikan manfaat lain seperti udara sejuk dan mengurangi panas matahari.
Lahan luas dengan banyaknya pepohonan dikampungku, Madura (Dokumen Pribadi)


Banyak cara untuk melestarikan daratan dan perairan yang menjadi sandaran bagi semua kehidupan dimuka bumi ini seperti program yang dijalankan oleh sebuah penggerak peduli lingkungan yaitu The Nature Conservancy Program Indonesia.  The Nature Conservancy Program Indonesia berupaya meningkatkan kesejahteraan Indonesia tanpa mengorbankan keberlanjutan alam bagi generasi saat ini dan mendatang dengan cara mendorong nilai penting alam, mempercepat transformasi di bidang konservasi dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan melalui serangkaian kegiatan pengelolaan kawasan lindung, konservasi spesies penting, dan pemberdayaan masyarakat. Dengan Misi melestarikan daratan dan perairan yang menjadi sandaran bagi semua kehidupan dan mempromosikan nilai alam dan membantu memicu perubahan transformasional dalam konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan sumberdaya alam untuk kepentingan manusia dan alam. Sedangkan visi The Nature Conservancy Program Indonesia adalah mewariskan kehidupan alam yang berkesinambungan bagi generasi mendatang. Sebuah Indonesia yang sejahtera tempat kebutuhan masyarakat dan keberlanjutan alam berada dalam keseimbangan untuk generasi sekarang dan akan datang.

 

Nah, untuk itu mari kita mulai dari diri kita sendiri, dari rumah kita dan lingkungan sekitar kita untuk menjaga alam sekitar agar tetap hijau. Cukup dengan menanam tanaman di pot-pot dan letakkan dengan rapi atau menanam 1-2 pohon didepan rumah, kita sudah menyelamatkan bumi. Yuk kita selamatkan bumi mulai sekarang dan bersahabatlah dengan lingkungan sekitar.

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)