Wisata Green Industry Semen Indonesia

Sungguh aku sangat bahagia mendengarkan kabar bahwa aku dan Tweety bisa ikut dalam acara Wisata Green Industry Semen Indonesia pada hari Minggu tanggal 13 Desember 2014. Selain karena ingin melihat pabrik semen secara langsung, pun disediakan akomodasi secara gratis pula dan berangkatnya bersama teman-teman blogger yang kece abiz.
 
 



PT. Semen Indonesia yang aku tahu adalah pabrik semen yang memiliki empat anak perusahaan diantaranya adalah PT. Semen Padang, PT. Semen Tonasa, PT. Semen Gresik, dan Thang Long Cement Vietnam. Semua perusahaan berkomitmen melaksanakan ISO 26000 yang berkaitan dengan aktivitas sosial yang parsial dan menopang dalam tujuh aspek diantaranya adalah tata kelola, hak asasi manusia, ketenagakerjaan, isu konsumen, praktik operasi, pengelolaan lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.


Sebelum aku berangkat ke acara Wisata Green Industry Semen Indonesia memang sengaja aku pelajari dan sekedar membaca info-info tentang PT. Semen Indonesia di internet. Siapa tahu nanti pas ada game seputar PT. Semen Indonesia aku bisa menjawab.
 
Aku berangkat dari gedung PT.Semen Indonesia yang ada di Gresik. Melihat megahnya gedung dan akupun mengitari setiap halamannya. Aku sungguh takjub dengan salah satu perusahaan BUMN ini. Walaupun dulu saat aku masih kuliah bermimpi bisa kerja di tempat ini dan ternyata Allah memberiku takdir bekerja di tempat lain.


Sambil menunggu para rombongan lain datang aku mengitari Warung Binaan PT. Semen Indonesia. Sesekali melihat orang-orang yang mampir untuk membeli makan atau sekedar duduk santai menikmati segelas kopi. 


Bis pun berangkat, kita semua mampir ke UKM Binaan PT. Semen Indonesia yang ada di Lamongan yaitu R & D Handicraft. Senang banget rasanya melihat kerajinan tangan yang unik dan bagus. Bahan-bahan dari enceng gondok, pelepah pisang, daun pisang, kain goni, dan masih banyak lainnya. Mupeng banget melihat beraneka ragam jenis kerajinan tangan itu. Inilah hasil kreasi tangan-tangan kreatif yang bisa mandiri dengan membangun usaha sendiri.




Kemudian kami semua melanjutkan perjalanan ke Tuban yaitu ke pabrik PT. Semen Indonesia yang ada disana. Di tengah perjalanan kami di hibur oleh Yuk Gresik dan Cak Tuban menjelaskan tentang profil PT. Semen Indonesia sendiri dan mengadakan game kecil-kecilan sesekali sambil melihat pohon-pohon turus yang disumbangkan oleh PT. Semen Indonesia sepanjang jalanan Lamongan-Babat, Babat-Tuban, Tuban-Merakurak, yang katanya sampai perbatasan Jawa Tengah.

"Perusahaan di resmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden Soekarno dengan nama PT. Semen Gresik dan pada tanggal 20 Desember 2012 berganti nama menjadi PT. Semen Indonesia"


Akhirnya perjalananpun sampai kurang lebih 2,5 jam. Melihat gedung PT. Semen Indonesia yang ada di Tuban kurang lebih sama dengan bangunan Gedung Semen Indonesia yang ada di Gresik. Dari situ kami diajak mengitari lokasi PT. Semen Indonesia yang ada di Tuban. Sesekali mata ini memandang takjub sambil mulut melongo ke jendela melihat bozem serta pemandangan indah di luar sana, ditambah lagi pepohonan yang menghijaukan mata kami. Hamparan sawah luas disebelahnya dan disebelahnya lagi terdapat embung yang lumayan cukup lebar.




Kamipun turun melihat daerah sekitar, sejuk sekaligus campur panas. Walau banyak pepohonan namun sinar matahari tak mau kalah untuk melewati celah-celah dari dedaunan untuk mengenai kulit kami. Benar-benar pemandangan yang sungguh luar biasa bak di luar negeri.



Bapak instruktur menjelaskan kepada semua rombongan tentang prinsip green industry ini. Beliau menjelaskan bahwa area bekas tambang diwujudkan dalam bentuk reklamasi dan merubah area bekas tambang menjadi sumber mata air dengan menampung air hujan dan mata air sekitar. Dampak positif dalam kegiatan reklamasi ini adalah penduduk sekitar bisa panen hingga 3 kali dalam setahun. Selain itu, hasil dari bekas lahan tambang bisa dijadikan kolam tambak ikan bagi warga sekitar atau bisa sebagai embung yang berfungsi untuk irigasi persawahan.




Tujuan kegiatan reklamasi sendiri adalah memperbaiki kerusakan ekosistem dari hasil tambang melalui pengembalian kesuburan tanah dan penanaman lahan dipermukaan. Selain itu menjaga lahan agar tidak labil, meningkatkan produktivitas hasil tambang, dan agar lahan lebih produktif. Dengan adanya reklamasi diharapkan dapat menghasilkan nilai tambah bagi lingkungan dan menciptakan keadaan yang jauh lebih baik dari lingkungan pasca eksploitasi pertambangan.



Setelah itu kami diajak keliling pabrik Semen Indonesia untuk melihat mesin-mesin produksi pembuatan semen dari jarak yang sangat dekat. Kemudian kami berhenti di Central Control Room Tuban 3 & 4, disana kita bisa melihat semua kegiatan dan ruangan para petugasnya. Kesempatan bertanya itu pula yang paling penting. Mulai dari cara dan perhitungan yang bagi kami sangat rumit, quality control yang benar-benar butuh ketelitian dan ketepatan data.






Lanjut setelah itu adalah acara inti, dimana kita mulai memasuki gedung dan mendapatkan sambutan hangat dari para panitia. Tak lupa makanan, minuman serta buah telah disajikan dengan rapinya di meja. Para peserta meja dan kursi yang telah disediakan untuk menikmati makanan dan minuman. Setelah itu presentasipun dimulai, beberapa nara sumber sudah siap untuk memaparkan masing-masing presentasinya.




Dari beberapa nara sumber yang paling berkesan adalah Bapak Heru, beliau memaparkan dengan sangat jelas dan detail. Yang awalnya mataku udah mengantuk nggak jadi ngantuk dari saking semangatnya mendengarkan penjelasan beliau. Inti dari presentasi Pak Heru adalah bahwa walaupun ini adalah Pabrik Semen namun pabrik semen ini bisa membantu dan bersahabat dengan warga apalagi alam sekitar.

Dipastikan masyarakat sekitar pabrik semen ini akan membantu setiap warganya, entah itu dalam hal pekerjaan maupun menjadi mitra binaan dari Semen Indonesia. Selain itu memberikan bantuan untuk anak sekolah baik itu bantuan tidak mampu ataupun beasiswa, adanya pengajian atau perkumpulan rutin dengan warga agar terjalin rasa persaudaraan satu sama lain, memberikan pekerjaan bagi warga yang sekiranya butuh pekerjaan dengan bertani yang lahannya telah disediakan oleh PT. Semen Indonesia.

Tak salah lagi jika tiap tahunnya panen sampe 3 kali, yang dulunya sebelum ada pabrik hanya sekali panen aja. Semen Indonesia benar-benar membantu masyarakat sekitar. Semoga dengan adanya pabrik Semen Indonesia yang ada di Rembang akan semakin meningkatkan kemajuan masyarakat Rembang.




Alhamdulillah acara Wisata Green Industry Semen Indonesia pun akhirnya selesai, aku mendapatkan hadiah karena ikutan live tweet nya #WGISemenIndonesia dan pastinya goody bag dari Semen Indonesia. Tak kalah pentingnya adalah mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sungguh tak bisa dibayar oleh apapun. Terima kasih Semen Indonesia, aku yakin kamu akan memikirkan nasib rakyat dan ingin memajukan daerah mereka.

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk kami semua bisa berpetualang di Pabrik Semen dengan hijaunya pepohonan :)


Foto-foto di atas adalah dokumen pribadi penulis :)

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)