Serunya Acara Festival Teluk Ambon - Maluku

Haiiii...

Apa kabar teman-teman? kali ini saya akan bercerita tentang salah satu budaya Indonesia yang keren. Cerita kali ini pastinya akan membawa kalian larut dalam acaranya serta membayangkan pergi kesana dan bisa kesana. Mengapa? Karena tempat ini bener-bener keren loh.. dikelilingi lautan yang indah dengan pantai yang bersih dan eksotik... pasir putih dan daun nyiur yang melambai bikin siapapun betah di tempat ini.



Tidak hanya saya, tapi kalian juga pastinya akan terhipnotis berada di tempat ini.

Yesss... kali ini kita akan ke Ambon Maluku untuk mengetahui lebih jauh tentang tempat ini. Serunya lagi ada acara Festival Teluk Ambon yang berlangsung dari tanggal 18-20 Agustus 2018 kemarin. Wah... acaranya seru banget, rugi kalau kalian sampai ngelewatin acara yang sangat meriah ini.


Festival Teluk Ambon ini menjadi salah satu upaya Maluku untuk merealisasikan target 25.000 kunjungan wisman sepanjang tahun 2018, nah bagi kalian yang belum kesini yuk agendakan di tahun 2019 kita bisa melihat festivalnya secara langsung di Maluku.


Festival ini menjadi salah satu upaya Maluku untuk merealisasikan target 25.000 kunjungan wisman sepanjang tahun 2018. Untuk wisnus, targetnya mencapai 150.000 orang. Semoga tahun depan bisa semakin naik untuk kunjungan wismannya ya dan pastinya bisa mengangkat nama Indonesia ke mata dunia. Jadi, apakah kalian sudah mulai terhipnotis untuk bisa mengandekan ke tempat ini tahun 2019?

Oke deh, kita simak lagi serunya acara Festival Teluk Ambon ini.



Tenang saja, akses kesananya sudah mudah kok. Dari Jakarta hanya butuh perjalanan udara selama 3 jam 30 menit. Saya rasa tidak terlalu lama kita terbang di atas awan dan pastinya setelah sampai di Maluku kita bakalan terbayar dengan keindahan alam, budaya, dan pastinya kuliner. Bener-bener surga dunia menurut saya.


Nah, Festival Teluk Ambon yang berlangsung selama 3 hari ini mulai tanggal 18-20 Agustus 2018 akan menampilkan beragam parade seni budaya kepada masyarakat sekitar mapun wisatawan yang datang dari luar daerah termasuk wisatawan asing. Asyik banget kan ya pastinya melihat Festival Teluk Ambon ini yang hanya ada setahun sekali.


Oh ya, FYI Maluku ini memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata loh. Pemandangan alam yang sangat indah dengan pantai yang memukau. Pasir yang bersih dengan pemandangan pohon kelapa disepanjang bibir pantai. Tak salah jika kalian merencanakan liburan ke pulau ini bersama keluarga, teman, ataupun untuk tour kantor.




Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya bahwa Festival Teluk Ambon ini menjadi branding terbaik dari daerah Maluku. Festival ini sangat luar biasa karena akses menju Maluku sangat mudah. Amenitasnya juga lengkap dan terbaik. Dari Jakarta saja tidak lebih dari 4 jam perjalanan melalui udara, sedangkan jika dari Singapura menuju ke Ambon tidak lebih dari 8 jam. Bener-bener akses yang sangat mudah jika kalian ingin melihat Festival Teluk Ambon ini.


Festival yang luar biasa, karena selalu memanjakan siapapun. Bukan hanya sekadar menginspirasi dengan beragam parade seni budaya, tapi juga selalu ada kejutan yang menggembirakan. Semua jadi semakin menarik dengan beragam perlombaan dan hadiah besar yang ditawarkan. Pokoknya festival ini jangan sampai terlewatkan deh. Kalau perlu setiap tahun agendakan untuk bisa melihat Festival ini.

Agenda dari acara di Festival Teluk Ambon 2018 antara lain Pameran, Arumbae Manggurebe, Lomba Perahu Semang Laki-laki dan Perempuan, Lomba Tari Kreasi, juga suguhan seni. Wah banyak banget ya suguhan acaranya. Pasti deh betah berlama-lama buat menonton acara-demi acara. Saya yakin mereka yang mencintai budaya Indonesia tak akan bosan melihat Festival seperti ini.


Dalam pataka daerah Maluku, Arumbae menjadi simbol daerah yang di dalamnya terdapat lima orang sedang mendayung menghadapi tantangan lautan. Di bidang olahraga, Arumbae Manggurebe menjadi program pariwisata dan olah raga tahunan yang diselenggarakan di Teluk Ambon.

Kebiasaan papalele, babalu, maano, dan konsekuensi berlayar ke pulau lain, membuat laut dan arumbae sebagai simbol perjuangan ekonomi. Pela Gandong menjadi pandangan dunia orang Maluku, untuk terus menjaga tali persaudaraan. Pela adalah jalinan atau ikatan persatuan, sedangkan Gandong adalah saudara atau persaudaran.




Perahu Semang merupakan moda transportasi di sana. Hadiah tersebut masing-masing diberikan bagi peserta Lomba Perahu Semang Laki-Laki dan Perahu Semang Perempuan. Selain parade budaya, festival ini juga menyiapkan berbagai lomba. Dengan hadiah total mencapai ratusan juta rupiah. 



Lomba Perahu Semang menyediakan hadiah Rp 6 Juta. Untuk total hadiahnya mencapai ratusan juta. Wow... banyak banget ya. Slot hadiah terbesar akan diberikan untuk Lomba Arumbae Manggurebe. Jumlah hadiahnya mencapai Rp165 Juta. Jumlah Total hadiah yang ditawarkan dari semua perlombaan ini sangat menggiurkan loh. Tahu nggak jumlahnya mencapai Rp244,5 Juta. Wow... banyak banget ya. Pantesan saja para pesertanya juga banyak, tidak hanya pesertanya namun penontonnya juga sangat banyak.


Daya tarik seperti ini sangat bagus sekali menurut saya, mengadakan Festival yang rutin setiap tahun pastinya mengangkat budaya Indonesia. Serta dalam festival ini pun disuguhi atraksi yang memukau dari daerah tersebut. Benar-benar menghipnotis penonton untuk selalu kembali ke tempat ini.

Semoga dengan adanya Festival Teluk Ambon ini yang rutin setiap tahun akan memberikan peluang kepada masyarakat sekitar untuk mendapatkan income dan bisa dioptimalkan dengan baik oleh masyarakatnya. Selain mengangkat nama Indonesia ke mata dunia pun saya berharap agar masyarakat Ambon semakin makmur. Segala fasilitas disana lengkap dan akses kemana-mananya mudah.


Oh ya, masalah kuliner di Ambon itu endes banget. Kalau kesini wajib mencoba berbagai kuliner yang enak pastinya. Kalau saya pribadi nih suka kuliner yang berbau seafood, jadi kuliner di Ambon ini sangat cocok sekali bagi saya. Untuk masalah kuliner seafood memang tidak diragukan lagi karena memang Ambon dikelilingi oleh laut jadinya seafood lah yang menjadi primadona.




Kalian tidak perlu khawatir masalah penginapan selama berada di Ambon karena banyak sekali penginapan dari harga standart sampai harga penginapan yang mahal. Tentunya dengan fasilitas yang berbeda juga sesuai harganya. Penginapan ini tak jauh dari pusat kuliner, jadi nggak perlu bingung lagi jika ke Ambon karena kalian akan beber-bener di manja.


Salam,
Dwi Puspita

Keterangan: foto-foto di atas bukan milik pribadi

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)