Cara Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Agar Terhindar Dari Virus Covid-19

Cara Sederhana Yang Bisa Kita Lakukan Agar Terhindar Dari Virus Covid-19

Assalamualaikum, masih tentang curhatan saya mengenai pandemi korona. Selama #stayathome hampir 6 pekan dan jujur bikin saya sudah merasa bosan namun tetap harus dilakukan demi kebaikan bersama maka dari itu saya selalu menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari virus korona.


Menjaga kebersihan diri, keluarga, rumah, dan lingkungan sudah diingatkan berkali-kali pastinya. Tidak hanya seruan dari RT, RW namun juga kepala daerah masing-masing yang selalu mewanti-wanti masyarakat agar tetap hidup bersih.


Cara sederhana yang bisa kita lakukan antara lain :


1. Rajin cuci tangan

Nah ini dia yang sempat terlupakan. Jujur sebelum maraknya berita korona nih yang namanya cuci tangan jarang banget saya lakukan. Hahaha... Makan aja langsung comot dan hap padahal baru megang ini itu. Tau sendiri kan, pastinya banyak bakteri, virus, kuman yang nempel di tangan tapi saya tetap cuek aja. Tapiiii... setelah ada korona baru deh sadar bahwa cuci tangan penting banget. Sedikit-sedikit megang barang langsung deh cuci tangan. Pokoknya sekarang tangan lebih steril dan terjaga kebersihannya.

Cara cuci tangan yang baik sudah banyak di share di berbagai media sosial untuk membantu mengedukasi masyarakat tentang cara cuci tangan yang benar. Tinggal kita mengaplikasikannya saja sesuai dengan ilmu cuci tangan yang kita dapatkan. Pastinya memakai sabun agar kuman, bakteri, dan virus yang menempel di tangan mati.


2. Jangan meludah sembarangan

Penting banget, meludah jangan sembarangan. Bawa tisu, meludahlah di tisu tersebut kemudian tisu dibuang ke tempat sampah. Kalau di rumah tinggal lari ke kamar mandi atau buang di wastafel. Hal ini agar virus tidak menyebar kemana-mana.


3. Batuk atau bersin harus ditutup 

Menutup disini bukan memakai kedua telapak tangan. Usahakan membawa tisu dan lap dengan tisu tersebut kemudian buanglah tisu ke tempat sampah. Jika tidak memiliki tisu, lakukan cara seperti gambar di bawah ini.



4. Mandi minimal 2 kali sehari

Menjaga kebersihan badan sangat penting. Usahakan mandi minimal dua kali sehari dengan cara yang benar yaitu menggunakan sabun dan gosok gigi. Pastinya badan akan segar dan dijauhi oleh kuman, bakteri, dan virus.


5. Memakai masker

Masker menjadi hal wajib yang harus dipakai saat pandemi ini. Karena penularan yang cepat jika sudah berada di area muka seperti hidung, mulut, dan mata. Untuk itu penggunaan masker sangat diwajibkan bagi semua orang yang berada di luar rumah agar mengurangi tertularnya virus.



6. Berjemur

Nah kalau saya pribadi berjemur sekaligus olahraga. Biasanya saya akan berjemur diantara pukul 7-10 pagi tergantung waktu yang saya punya. Misal, saya bisanya jam 8 pagi maka waktu tersebut saya gunakan untuk jalan kaki, berkebun ataupun sambil menjemur pakaian yang sudah di cuci. Hal ini menurut saya lebih simpel dan efisien untuk melakukan aktivitas lainnya selama di rumah aja.



7. Makan-makanan yang bergizi

Penting banget mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, hal ini agar tubuh tetap sehat dan pastinya imun juga kuat. Selain itu konsumsi vitamin dan juga jamu-jamuan yang sudah banyak direkomendasikan oleh pakar kesehatan. 



8. Rajin ganti pakaian setiap kali datang dari luar

Rajinlah ganti pakaian apalagi setelah dari luar rumah. Masukkan pada mesin cuci dan segeralah dicuci. Kemudian dilanjutkan membilas seluruh badan dengan sabun sampai bersih.


9. Hindari kerumunan

Seperti kita ketahui masih banyak berita yang berseliweran tentang kerumunan orang-orang ini terlebih di warkop. Kebanyakan anak muda yang cuek dengan pandemi ini. Mereka tidak memikirkan keluarga mereka kalau seperti ini. Jadi, hindari kerumunan seperti di pasar, di warkop, atau di tempat umum lainnya.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Yuk kita lakukan bersama semua hal-hal sederhana di atas.


Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Nah, berkerumun ini nih, mba. Di tempat Ipeh, selama Ramadan malah tetap ramai berkerumun di satu tempat nyari takjil

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)