5 Film Favorit, Jadul Tapi Tetap Dihati

Ngomongin film favorit saya, hemmm jadul-jadul semua sih. Tapi ada yang nggak jadul. Baru saya tonton di bioskop 3 tahun yang lalu bersama suami waktu masih berdua alias belum punya anak. Film lainnya yang saya suka jadul alias udah jaman baheula... ah biarin saja. Apa saja sih film favorit saya... jeng jeng jeng.




1. Speed
"Speed" adalah film bergenre Action yang dirilis tanggal 10 Juni 1994. Disutradarai oleh Jan de Bont. Dibintangi oleh Keanu Reeves, Dennis Hopper, dan Sandra Bullock. Film "Speed" menceritakan tentang Jack Traven (Keanu Reeves), seorang dari Departemen Kepolisian Los Angeles.

Ia berusaha menangkap Howard Payne, seorang ahli bahan peledak sekaligus pensiunan polisi yang tidak puas akan perlakuan rekannya pada masa baktinya sebagai polisi. Setelah Payne gagal meledakan sebuah lift, ia berhasil kabur, dan memasang bom di bus kota nomor 2525 yang kemudian dinaiki Traven. Payne juga meminta uang tebusan yang ia tunggu sebelum jam 11 siang.

Namun sayangnya, bom yang dipasang tersebut terlanjur aktif ketika bus sudah mencapai kecepatan 50 mil/jam sebelum Jack Traven menaikinya. Agar penumpang bus selamat, bus harus dikemudikan dengan kecepatan di atas 50 mil/jam tanpa menurunkan satupun penumpang bus. Karena Payne juga bisa menggunakan kamera yang terpasang pada bus tersebut untuk memantau situasi para penumpang bus.


Usaha Payne tetap gagal karena dia pun berhasil dikalahkan oleh Jack Traven saat berebut alat peledak di atas kereta api. Kepala Payne putus saat Jack Traven berusah melepaskan diri dan pyarrr... alat peledak bom pu selamat di tangan ack Traven.

Film ini seru banget menurut sayadan nggak ada bosannya untuk menonton berulang kali. Ya kali, kan ini film favorit saya.


2. Titanic
Titanic dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet sebagai sepasang anak muda yang saling jatuh cinta, Jack dan Rose. Mereka bertemu di atas kapal Titanic saat Rose berusaha bunuh diri dengan terjun dari kapal. Rose putus asa karena perjodohan yang diatur oleh ibunya untuk mempertahankan status sosial mereka. Sejak pertemuan dengan Jack, Rose merasa hidup kembali. Namun, kisah mereka berakhir dengan tenggelamnya kapal besar itu. Cinta memang butuh pengorbanan. Jack yang menyelamatkan Rose akhirnya tenggelam ke dasar samudera karena membeku. Sedangkan Rose selamat karena berada di atas sekoci.


3. Hachiko
Beneran bikin brebes mili saya kalau melihat film ini. Persahabat seorang anjing yang bernama Hachiko dengan tuannya. Bener-bener sahabat setia ini anjing.Pasti kalian tau kan film Hachiko (bukan yang versi Jepang tapi versi Amerika), ituloh kesetiaan seekor anjing pada majikannya. Pokoknya endingnya bikin aku menangis dan menghabiskan banyak tissue.

Tokoh utama dari film ini adalah Richard Gere yang berperan sebagai Parker Wilson seorang profesor seni di sebuah universitas di Amerika Serikat. Dan seekor anjing yang bernama Hachi, yang mana anjing ini nantinya menjadi teman setia dari tuannya.


Awal dari sebuah cerita adalah saat professor Parker Wilson pulang dari mengajar dan menemukan sebuah bungkusan kardus saat turun dari kereta. Setelah dibuka ternyata bungkusan itu adalah seekor anjing kecil, karena takut ada tuannya makanya professor Parker Wilson menitipkan anjing itu kepada salah satu penjaga kereta yang bertugas malam itu.

Namun keesokan harinya ternyata anjing itu masih belum ada yang mengambil dan akhirnya anjing kecil itu dibawa pulang dan dipelihara oleh sang professor. Anjing yang bernama Hachi itu kini menjadi sahabat, teman, dan keluarga dari professor Parker Wilson. Hingga anjing itu tumbuh dewasa di keluarga professor Parker Wilson dan aktifitas sehari-harinya adalah mengantar dan menjemput professor Parker Wilson ke stasiun. Setiap hari selalu rutinitas itu dilakukannya, hingga orang-orang disekitar stasiun sampai hafal dengan kebiasaan Hachi yang selalu mengantar dan menjemput tuannya dengan setia.

Istri dari professor Parker Wilson sempat cemburu melihat kedekatan sang suami dengan anjing kesayangannya itu, tapi rasa cemburunya akhirnya sirna setelah melihat kesetiaan Hachi yang sungguh besar kepada tuannya.

Dari sini aku sudah menangis dan merasakan kesetiaan seekor binatang kepada tuannya. Aku aja kalah sama Hachi, tidak setiap hari aku mengantarkan suamiku berangkat kerja sampai keluar pagar, kadang suamiku aja aku tinggal dengan kegiatan lainnya seperti memasak, nyapu, dan mencuci. Tapi...ini seekor anjing yang dengan setianya selalu mengantar dan menjemput tuannya dan kadang rela menunggu berjam-jam hanya untuk melihat tuannya keluar dari pintu stasiun.

Suatu hari saat professor Parker Wilson mengajar dikampus dan tak ada angin tak ada badai tiba-tiba penyakit jantung professor Parker Wilson kambuh dan akhirnya meninggal di kelas pada saat beliau mengajar. Dan seperti biasa Hachi selalu menunggu kepulangan tuannya di stasiun, hingga larut malam tuannya tak kunjung datang namun dia tetap menunggu dan menunggu.

Walaupun orang-orang yang ada di stasiun dan mengenal Hachi telah memberi tahu kalo tuannya tidak akan kembali lagi, tapi Hachi tetap setia menunggunya. Bener-bener seekor anjing yang setia, Hachi selalu menunggunya dan pada akhirnya dia benar-benar bertemu dengan tuannya setelah menunggunya kurang lebih 10 tahun di stasiun.

Cerita Hachi bener-bener membuat aku kebanjiran air mata, sungguh menginspirasi sekali. Memiliki kesetian yang sungguh luar biasa terhadap tuannya, orang yang sangat dicintainya. Akhirnya Hachi dimakamkan didekat makam tuannya, Hachi sudah bahagia sekarang karena sudah bisa berkumpul dengan tuannya dan tak akan ada yang memisahkan lagi.


4. Armageddon
Sebenarnya saya tertarik dengan film ini karena soundtrack lagu dari filmya "don't wanna close my eyes… I dont wanna fall asleep cause I need you babe… ". Dibintangi oleh Bruce Willis dan disutradarai oleh Michael Bay ini menghabiskan dana sekitar USD140 juta. Ceritanya berawal ketika bumi secara tiba-tiba kejatuhan hujan meteor dan menghantam salah satu pesawat luar angkasa milik NASA yang sedang memperbaiki salah satu satelit di luar sana.

Kemudian meteor lainnya merusak dan meluluhlantahkan beberapa kota USA. Meteor-meteor kecil itu ternyata hanyalah permulaan dari sebuah asteroid yang jauh lebih besar (seukuran kota Texas USA) yang sedang meluncur ke bumi dengan kecepatan 22.000 mil per jam dan akan sampai bumi 18 hari kemudian, yang diprediksikan akan menghancurkan bumi secara total alias kiamat. Dari semua strategi yang dirapatkan NASA, akhirnya mereka mengambil langkah untuk mengirim orang ke asteroid itu, kemudian mengebornya, dan memasukkan nuklir, dan meledakkannya sebelum terlalu dekat dengan bumi.

Berdasarkan data, NASA memanggil Harry Stemper yang diklaim sebagai pengebor terbaik. Harry menyanggupi dengan syarat ia membawa team nya sendiri. Mereka dilatih kilat oleh NASA dalam 2 minggu, dan kemudian berangkat menuju asteroid dengan 1 team Stemper dibagi dalam 2 pesawat. Mereka sempat mampir dulu di stasiun luar angkasa milik Rusia untuk isi bahan bakar, dan mereka ditumpangi penunggu satu-satunya stasiun itu, karena akhirnya sasiun itu meledak karena sesuatu.


Singkat cerita Harry akhirnya meninggal karena pada saat itu Harry menggantikan posisi AJ untuk meledakkan diri bersama asteroid itu. Pesawat lepas landas, dan Harry meledakkan asteroid dan dirinya sebelum terlalu dekat dengan bumi. Akhirnya bumi selamat. Seluruh penjuru bumi berteriak bahagia, kecuali satu orang yaitu Grace Stemper (anaknya Harry) yang berpacaran dengan AJ.


5. Cinderella
Kisah Cinderella dibuka dengan bagaimana Ella kecil hidup bahagia bersama dengan ayah dan ibunya di rumah yang sudah ditinggali selama beberapa generasi. Kehidupan bahagia mereka harus berakhir dengan meninggalnya sang ibu, dan Ella serta ayahnya pun harus menerima hal tersebut dan melanjutkan hidupnya. Tak lupa juga Ella mengingat pesan sang ibu agar tetap hidup dengan keberanian dan hati penuh kasih sayang.Selang beberapa tahun kemudian, sang ayah kemudian menikah lagi dengan Lady Tremaine yang memiliki dua orang puteri, otomatis menjadi ibu dan saudari tiri Ella. Tidak lama setelah pernikahan sang ayah dengan ibu tirinya, ayah Ella harus pergi untuk berbisnis ke luar kota, memaksa gadis ini pun harus tinggal bersama dengan sang ibu dan kedua saudari tirinya selama sang ayah pergi.

Malang bagi Ella ibu serta saudari tirinya memperlakukan Ella sebagai pembantu rumah.Dalam kesedihannya, Ella bertemu dengan Kit, seorang pemuda yang ia temui di hutan dan ia pun jatuh cinta pada pandangan pertama. Untuk bisa bertemu lagi, Ella bertekad untuk mengikuti pesta dansa istana, tetapi harapannya pupus ketika sang ibu tiri melarangnya dengan keras untuk datang ke pesta tersebut. Ella yang dilanda kesedihan itu pun bertemu dengan Peri Pelindungnya, yang membantu sang gadis abu untuk bisa pergi ke pesta dansa.


Cerita ini berakhir dengan bahagia karena pada akhirnya Ella menikah dengan sang pangeran. Dia pun memaafkan kelakuan jahat ibu tiri dan dua saudara tirinya. Betapa mulia hati Ella, dia membalas kejahatan dengan kebaikan.


Nah teman-teman itulah 5 film favorit saya. Nomor 5 nggak jadul ya karena baru tahn 2015. Sebenarnya versi Cinderella ini banyak sekali namun yang memikat hati saya versi Cinderella yang terbaru ini.

Salam,
Dwi Puspita

5 comments:

  1. Armageddon ==> salah satu film yang sepanjang-masa banget ^^

    ReplyDelete
  2. Waduh, sampai sekarang aku nggak bisa nggak merinding kalau nonton Titanic dan nggak nangis kalau nonton Armageddon dan Hachiko. Kalau cerita tentang hewan, apalagi anjing, gitu aku lemah banget :") Thank you for sharing!

    ReplyDelete
  3. Sama, Mbak. Saya dulu menonton Armageddon karena soundtracknya juga.

    ReplyDelete
  4. asikkk ada mas nunu sama aa leo :D
    aku belun lihat hachiko, takut baper

    ReplyDelete
  5. Cuma nomer 5 yang belum aku tonton, hampir semuanya ditonton lebih dari sekali, terutama film Armageddon sering banged diputar di TV dan nggak pernah bosen, tetep ajah ditonton lagi.

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)