5 Tempat Makan Di Surabaya Yang Harus Kalian Coba

Ngomongin tempat makan yang asyik, aslinya sih saya bingung banget. Soalnya tempat makan yang pernah saya kunjungi enak-enak semuah, eh... nggak ding ada yang nggak enak dan kalau nggak enak biasanya bakalan nggak akan balik lagi. Nggak enak itu sih macam-macam, mulai rasanya yang nggak enak, penjualnya yang nggak enak alias judes, dan tempatnya yang nggak enak alias kotor dan jorok. Nah, kalau sudah temapat makan nggak enak seperti ini bakalan wasslam deh nggak balik lagi kesitu.


Ngomongin tempat makan, ini ada beberapa tempat makan yang asyique menurut saya. Selain selera saya pun rasanya enak dan of course tempatnya nyaman dan lumayan nyaman.

1. Rasa Inti Laut Asmarani Bandung di G-Walk

Tempat ini berada di kawasan kuliner G-Walk Citraland Surabaya Barat. Kawasan ini memang terkenal dengan surga kuliner, mulai dari kuliner Nusantara, Chinese, dan Barat. Barat mana? Barat Laut kali yak... hahaha bercanda. Pokoknya disini lengkap deh, mulai dari yang halal dan non halal, harganya pun pastinya bervariasi ya gaes.


Rasa Inti Laut Asmarani Bandung menjadi favorit karena saya ngefans banget dengan kepiting telor asinnya. Pas banget rasanya, dimakan sama nasi panas beh mantap banget. Saya aja sampe nambah 2 piring nasi. Hahaha... terus kek gini minta kurus.


2. Bakso Kotak Remaja Cak Budi

Dulunya tempat ini adalah tempat kulineran saya dan pak suami sebelum menikah. Kalau ada waktu luang biasanya saya mengajak pak suami untuk incip-incip bakso kenangan ini sekaligus mengingat kenangan indah dulu. Dulunya sih harganya 7ribu rupiah, belum ada gejolak harga BBM dan sembako. Pastinya harga akan mengikuti pergerakan inflasi ya gaes... mungkin sekarang sudah di atas 10 ribu nih harganya.


UD. Bakso Kotak Remaja yang telah diprakarsai cak Budi sejak tahun 2000 ini terletak di Jalan Golf No. 105 Jogoloyo Surabaya. Untuk menu makanan di tempat ini antara lain Bakso Bakar, Bakso Campur, Bakso Halus, Bakso BOM, lontong, Krupuk, Gorengan, Tahu, Mie Ayam, dan Soto. Sedangkan untuk minumannya antara lain Tea, Es Tea, Es Jeruk, Es Campur, Es Bumi Merah, Es Bumi Hijau, Es Bumi Hangus, Coca Cola, Fruit Tea, Sosro, dan Es Juice.



3. Bakso Rindu Malam Jalan Ciliwung

Letaknya di Jalan Ciliwung No. 123 Surabaya. Mudah sekali mendapatkan warung bakso ini karena lokasinya dekat dengan Mall Surabaya Town Square. Siapa yang nggak tau dengan mall Sutos sih? Pasti kalian warga Surabaya udah familiar banget kan dengan mall-mall di Surabaya.


Yang ngandok di warung ini terbilang banyak banget. La wong setiap kali mau mampir selalu aja ramai sampai nggak dapat tempat duduk. Warungnya biasa-biasa saja, hanya ada kipas angin yang membantu mengurangi rasa panas di dalam yang full dengan para penikmat bakso.

Sebenarnya baksonya bias-biasa saja kalau dilihat tapi rasa kuah dan baksonya setelah disruput bener-bener enak. Rasanya pas, nggak kebanyakan micin dan garam. Yah pokoknya pas deh, makanya banyak yang jatuh cinta dengan bakso Rindu Malam Jalan Ciliwung ini.


4. Penyetan Si Mbok

Sebenarnya Penyetan Si Mbok yang mesti saya andoki ini berada di Food Court, outlet resminya sendiri dimana juga nggak tahu. Maksudnya yang bukan di Food Court... Jadi setiap kali saya mampir di Kedai Si Mbok selalu aja di Food Court sebuah Mall.

Banyak pilihan menu di Kedai Si Mbok antara lain : Sup Mekah, Nasgor Anak, Nasgor Ikan Asin, Nasgor Mawut, Bihun Goreng, Mie Goreng, Mie Mampus Ibu Tiri Kuah/Goreng, Nasi Lodeh Ndower, Tahu campur, Gado-gado, Lontong Kupang Si Mbok, Nasi Sup Sayur Komplit, Nasi Rawon, Nasi Soto Madura, Nasi Gulai Si Mbok, Kikil Si Mbok, Nasi Bakmoy, Nasi Bebek Penyet Dower, Nasi Ayam Kampung Penyet, Nasi Empal Penyet, Nasi Baso Penyet, dan masih banyak lainnya.



Harganya... hemmm ya terbilang mahal lah kalo dibandingkan kaki lima. So far, saya suka sama penyetannya. Sambelnya pas banget pedesnya. Menu yang menjadi favorit saya adalah iga penyet dan pentol penyet. Daging iganya lembut banget dan nggak bikin slilitan. Enak deh pokoknya...


5. Sop Konro Perak Surabaya

Yang ini juara banget. Tempat makan favorit saya dan nggak ada bosannya untuk selalu mampir kulineran disini. Harganya super bersahabat karena konronya bener-bener endes dengan ukuran besar dengan daging yang super lembut. Bener-bener deh saya dibuat ketagihan dan melupakan kolesterol saya demi menikmati konro yang hits di Surabaya ini. Rasanya beh... jangan ditanya lagi. Enak, mantap, dan juara. 


Walau letaknya di ruko kawasan pelabuhan namun tempat ini selalu saja ramai dengan penikmat kuliner. Ruko dengan 3 lantai ini memiliki tempat yang asyik di lantai 2 dan 3 karena ber AC. Lantai bawah hanya untuk yang merokok atau tidak kebagian tempat duduk di lantai 2 dan 3. Siap-siap antri tempat duduk deh kalau mampir kesini...


Nah gimana nih 5 tempat makan di atas dan makanannya. Pasti enak ya, enak dilihat apalagi kalau dimakan pasti bikin ketagihan. Next, akan saya ceritakan kuliner asyik di Surabaya yang belum saya tulis karena Surabaya juga kaya dengan aneka kulinernya. 

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)