Membuat Kastengel Tanpa Oven dan Mixer

Iseng deh jadinya bikin kue kering di bulan Ramadan. Sebelumnya saya sudah banyak belajar di YouTube bagaimana cara membuat kastengel tanpa oven dan juga tanpa mixer. Bahan dan alatnya mudah banget. Karena mudah saya eksekusi deh sambil menunggu pesanan online oven tangkring saya datang.

Cara membuat kastangel tanpa oven tanpa mixer


Alatnya cukup 2 saja yaitu teflon dan saringan panci saja. Kalau kompor sudah pasti itu harus ada. Hehehe...

Bahan membuat kastangel sih nggak ribet. Saya hanya menggunakan 5 bahan.

1. 350 gram tepung terigu kunci biru
2. 300 gram mentega blue band
3. 1 kotak keju chedar
4. Susu bubuk Dancow 2 sachet
5. Telur 1 butir, butuh kuningnya saja buat olesan

Cara membuatnya.

1. Campur mentega dan keju yang sudah diparut secukupnya. Kocok dengan garpu sampai benar-benar tercampur dan adonan menjadi sedikit encer.

2. Kemudian campurkan 2 sachet susu bubuk Dancow ke dalam adonan tersebut. Aduk kembali hingga tercampur rata menggunakan garpu.

3. Campur tepung terigu sedikit demi sedikit, kemudian aduk. Jika masih tampak terlalu lembek tambah lagi adonan tepung terigu hingga dirasa pas. 350 gram tepung terigu ini Insyaallah pas tapi lebih baik campur sedikit demi sedikit saja ya. Saya menggunakan tangan untuk mengaduk adonan ini agar bisa saya rasa apakah sudah pas atau belum komposisi kelembekannya.

Jika sudah dirasa pas, langkah selanjutnya adalah mencetak adonan tersebut. Bisa menggunakan cetakan kastangel atau bisa diukur dengan penggaris agar panjangnya sama.

Ini adonan kastangel saya yang asal potong aja, tampak tak beraturan kan. Jadi lebih baik memang menggunakan cetakan kastangel.


Cara membuat kastangel tanpa oven tanpa mixer

Kedua kalinya saya menggunakan cetakan kastangel karena kebetulan saya punya. Setelah selesai di cetak semua kemudian saya taburi keju secukupnya ke masing-masing kastangel setelah itu saya baluri dengan kuning telur yang sudah saya kocok. Membalurnya menggunakan kuas kecil khusus untuk kue kering ya, jangan kuas dinding. Hehehehe...

Cara membuat kastangel tanpa oven tanpa mixer



Cara membuat kastangel tanpa oven tanpa mixer

Nyalakan kompor dengan api kecil/sedang dibawah teflon. Setelah itu saringan diolesi dengan mentega dan letakkan satu persatu kastangel di atas saringan. Masukkan ke dalam teflon dan tutup. Tunggu kurang lebih 30 menit atau setelah kastangel kecoklatan.

Cara membuat kastangel tanpa oven tanpa mixer

Ini dia kastangel bikinan saya tanpa oven dan tanpa mixer. Hasilnya ternyata sama persis seperti kastangel pada umumnya. Enakkkk... anak saya aja doyan. Hehehe...

Cara membuat kastangel tanpa oven tanpa mixer

Cara membuat kastangel tanpa oven tanpa mixer

Alhamdulillah bikin kastangel tanpa oven dan tanpa mixer akhirnya berhasil juga di bulan Ramadan ini sambil ngabuburit.


Salam,
Dwi Puspita

2 comments:

  1. mba Dwiii... mamacih resepnya. Mau aku coba (nasib blm punya oven wkwkwk)

    ReplyDelete
  2. Wah, Makasih resepnya,mbaak. 😍
    Salam kenal yaa

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)