Tips Hemat Lebaran Saat Pandemi

Hemat saat pandemi memang penting banget nih, apalagi mereka yang nggak punya tabungan, yang gajinya dipotong/separuh atau malah mereka yang di PHK. Walaupun mereka hemat, apa yang akan mereka gunakan untuk berhemat. Uang saja nggak ada apalagi bahan kebutuhan sehari-hari untuk makan. Ya Allah... Nggak kebayang deh yang di PHK, terus mereka nanti bagaimana ya. Walaupun saya tau semuanya Allah yang Maha Mengatur tapi saya masih kepikiran dengan mereka. Hiks...

Alhamdulillah, Allah masih memberikan rezekinya pada keluarga saya. Kantor tempat suami tinggal masih berbaik hati memberikan hak karyawan seutuhnya. Alhamdulillah...tak hentinya bibir ini mengucapkan lafadz itu.

Namun, saya nggak boleh senang berlebihan takutnya ada cerita lain bulan depan yang mana cerita korona belum selesai juga. Kalau cerita korona belum berhenti sampai akhir tahun, nggak tau lah saya apa yang akan terjadi. Hemat adalah solusi terbaik dalam kasus ini apalagi saat Lebaran.


Tips Hemat Lebaran saat Pandemi ala keluarga saya adalah :

  1. Skip beli baju baru karena masih ada baju lama yang layak pakai
  2. Tidak berlebihan belanja kebutuhan Lebaran, seperti beli kue kering dan jajanan lainnya.
  3. Jika ingin hemat, lebih baiknya membuat kue kering sendiri. Umek-umek sendiri di dapur.
  4. Catat segala pengeluaran belanja harian, kalau bisa belanja seperlunya saja. Insyaallah 10ribu perhari bisa kok. Dengan catatan lauknya tahu tempe dan sayur sop/ sayur bening/ sayur asam. Ini sih pengalaman saya bisa 10 ribu perhari.
  5. Di rumah saja memang lebih baik ternyata, mungkin pengeluaran hanya pada tagihan listrik dan internet. Hehehe...
Yah mungkin itu saja deh tips hemat saya saat Lebaran. Inipun saya nggak tahu mudik atau tidak. Mengapa? Curhatan saya bisa kalian bisa baca disini "Lebaran Dimana Tahun Ini".

Intinya selama Ramadan dan Lebaran ini saya nggak banyak ngeluarin duit untuk hangout seperti tahun lalu. Hangout ke Mall untuk cari baju baru dan ujug-ujug masih cari makan, beli barang inilah, itulah, dan semuanya melebihi budget. Hehehe

Saya berharap semoga Lebaran ini tetap bisa menyapa orang-orang tersayang baik secara online maupun offline.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)