Menu Buka Puasa Praktis Ala Keluarga Saya

Menu Buka Puasa Praktis Ala Keluarga Saya

Selama puasa hampir setiap hari saya memasak untuk berbuka dan sahur. Oh, nggak juga sih pernah sekali, dua kali, tiga kali saya beli sayur dan lauk yang sudah jadi. Soalnya pada waktu itu malas masak gara-gara suami nggak ngabisin masakan saya. Hahaha ...

Praktisnya memang beli sih, karena tinggal beli dan nggak repot masak dan langsung makan saja. Untuk harganya ya nggak selisih jauh kok dengan masak sendiri. Tapi... Tetap masak sendiri menjadi andalan keluarga karena bisa berkreasi menu sesuai selera.

Dan untuk menu buka puasa praktis ala saya adalah :

1. Kolak

Kolak isian utamanya bisa singkong, ubi, labu, pisang, dan kacang ijo. Tinggal mau pilih yang mana. Bisa cuma 1 isian atau lebih tambah mantap. Misalnya, kolak kacang ijo dan singkong, kacang ijo dan pisang, atau kombinasi lainnya.
Bahan yang saya pakai biasanya santan siap saji, gula merah, dan kadang saya campur dengan jahe, cengkeh, dan kayu manis agar rasanya tambah nikmat.


2. Minuman dingin seperti es timun jeruk nipis, es cao campur susu/kopi

Wohooo ...ini penting banget bagi saya yang dari siang sudah membayangkan minuman dingin dan saat diseruput nikmat sekali. 2 jenis minuman ini yang sering saya buat setiap akan berbuka. Kalau nggak es timun jeruk nipis ya es cao campur susu. Biasanya kalau nggak ada susu saya ganti dengan cappucino. Nikmat sekali, bikinnya pun sangat mudah kok nggak sampai 15 menit.


3. Sayuran

Sayuran ini penting banget buat saya loh. Intinya ada sayuran buat saya saat berbuka. Biasanya sayur yang saya masak adalah sayur bening (sayur bayam), sayur sop, sayur asam, lodeh, dan oseng jamur. Macam sayuran yang saya sebutkan tadi hampir dan sering saya masak untuk menu berbuka puasa maupun sahur.



4. Tahu, Tempe, Telor

Tak ada yang lebih praktis selain tahu goreng, tempe goreng, dan telur ceplok. Lauk sejuta umat yang murah namun tak murahan. Gizinya pun jangan diremehkan karena walaupun harganya terjangkau kualitas gizinya perlu diacungi jempol. Menu buka puasa yang sangat praktis dari yang lainnya.


Itu saja sih menu buka praktis ala saya, mungkin ada dari teman-teman yang buka puasanya hampir sama dengan saya nih setiap harinya.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)