Yang Dirindu Saat Lebaran

Wah banyak sekali, kalau saya jambrengin pasti deh jadi lebih dari ribuan kata. Secara dong, Lebaran kali ini berbeda dari tahun kemarin. Lebaran kali ini aja nggak kepikiran buat beli baju baru karena yang terpenting kepentingan utama terpenuhi terlebih dahulu, seperti kebutuhan sehari-hari. Seperti beli beras, minyak goreng, telor, dan lauk serta sayur setiap hari untuk kami konsumsi. Pandemi ini benar-benar harus ekstra hemat walaupun terkadang ada saja rezeki yang datang dari arah tak terduga.



Lebaran, apa yang saya rindu?

1. Pastinya rindu pulang kampung. Biasanya tiap bulan atau dua bulan sekali pulang kampung sekarang tidak. Yang biasanya mudik di hari Lebaran sekarang tidak. Euforia pun sedikit berbeda dari tahun kemarin, walaupun saya tak tahu jalanan pulang ke kampung seperti apa. Apakah masih ramai atau tidak, apakah masih banyak pemudik dari luar kota yang juga menuju kampung halamannya saya belum tahu karena masih belum memantau keadaan jalanan seperti apa.

2. Kue kering bikinan ibu.
Setiap Lebaran ibu selalu bikin kue kering. Pastinya kue kering bikinan ibu akan berbeda dengan kue-kue atau jajanan lainnya. Tetap menjadi favorit adalah buatan tangan seorang ibu. Rasanya tak tertandingi. Ah jadi kangen makan kue kering Lebaran bikinan ibu nih.

3. Masakan bikinan ibu
Masakan ibu tiada duanya, rasanya bener-bener nikmat. Apalagi masakan Lebaran yang cuma bisa saya incip setahun sekali. Masakan ibu bikin kangen apalagi Lebaran ini bener-bener deh merindu Lebaran di kampung halaman.

4. Kumpul keluarga besar
Pastinya di hari raya semua keluarga besar akan berkumpul. Mereka yang merantau akan kembali ke kampung mereka untuk bertemu dengan orang tua atau para keluarga yang masih ada di tanah kelahiran. Kumpul keluarga besar ini memang terjadi setahun sekali setiap Lebaran. Hal yang sangat saya rindu saat Lebaran karena kapan lagi bisa berkumpul.

5. Silaturahmi ke kerabat, tetangga, dan teman-teman
Silaturahmi atau unjung-unjung ke rumah para saudara, kerabat, tetangga, dan teman-teman untuk mempererat tali persaudaraan. Biasanya kami lakukan setiap Lebaran. Euforia seperti ini memang benar-benar merasa membuat saya lebih dekat dengan mereka. Biasanya acara kumpul atau reuni kami lakukan dan inilah yang bikin saya kangen dengan Lebaran di kampung halaman.


Yang Dirindu Saat Lebaran banyak sekali, semoga Lebaran tahun ini memberikan banyak hikmah kepada saya bahwa Lebaran memang paling indah bisa berkumpul dengan seluruh keluarga.


Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)