Ide Kegiatan Positif Saat Puasa

Ide Kegiatan Positif Saat Puasa

Ide Kegiatan Positif Saat Puasa sebenarnya banyak loh, berhubung puasa tahun ini di rumah saja maka idenya kebanyakan kegiatan yang bisa dilakukan di rumah saja. Kegiatan apa saja sih yang bisa dilakukan saat puasa.




1. Beres-beres rumah

Sudah pasti. Rumah yang bersih pasti penghuninya akan betah tinggal didalamnya. Mulai dari pagi kegiatan ini saya lakukan. Selesai sahur dan sholat berjamaah Subuh bersama suami dan anak kemudian dilanjutkan mengaji beberapa lembar saya akan langsung beberes rumah. Mulai dari membuka jendela agar udara segar masuk kedalam rumah, menyapu, merapikan barang-barang yang berantakan, seperti mainan anak, buku yang tidak pada tempatnya. Selain itu beberes kamar tidur dari merapikan sprei, melipat selimut, dan menata bantal guling. Tak lupa jendela kamar dibuka agar udara segar masuk kedalam ruangan.

2. Berkebun

Berkebun adalah hobi saya. Walaupun hanya memiliki sisa tanah yang tak seberapa di depan rumah tapi sangat membantu sekali karena saya masih bisa menanam beberapa tanaman untuk menghiasi depan rumah agar terlihat ijo royo-royo. Biasanya saya berkreasi dengan sisa batang sayur, misal sayur kangkung. Saya mencoba menanam batangnya hingga tumbuh tunas baru hingga menjalar. Jika berhasil rasanya senang banget.




3. Bikin Kue Kering

Hobi baru gara-gara dirumah saja hampir 2 bulan. Pengen keterampilan baru yang bisa dinikmati sekeluarga dengan nyemil camilan favorit. Baru belajar bikin kue dan hasilnya seperti orang yang bener-bener baru belajar. Gagal... Hahaha... Tapi saya tak pantang menyerah karena saya akan terus belajar membuat kue kering demi anak-anak saya yang butuh camilan bikinan Mamanya.

4. Menjahit

Menjahit tanpa mesin jahit, bisa dong. Asalkan ada jarum dan benang insyaallah sudah bisa menjahit. Beberapa yang berhasil saya jahit menggunakan tangan selama dirumah saja diantaranya daster yang sobek, celana yang sobek, baju anak yang sobek, celana pendek suami yang sobek. Intinya saya menjahit kain-kain yang sobek agar bisa dipakai lagi dan bermanfaat. Hehehe...

5. Ngajak Anak Bikin Prakarya

Ngajak anak bikin prakarya sudah pasti. Biasanya saya menggunakan barang-barang bekas yang bisa disulap menjadi mainan yang disukai si anak. Contoh sederhana kertas koran yang disulap menjadi mainan pesawat, botol susu bekas yang disulap menjadi mobil-mobilan, dan masih banyak lainnya.


6. Ikutan Challenge ODOP Blogger Perempuan

Nah, yang terakhir saya ikutan ODOP dari Blogger Perempuan. Itung-itung curhat yang menjadi artikel untuk update blog setiap hari. Biar blognya nggak dikata banyak sarang laba-laba. Challenge ini sangat membantu sekali, selain mengasah kemampuan menulis pun kita secara bebas bisa menulis pengalaman pribadi apa yang terjadi saat ini.



Itulah 6 ide kegiatan positif saat puasa ala saya. Kalau ide teman-teman saat puasa apa saja nih?

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)