Hal Yang Saya Rindukan Saat Buka Bersama Keluarga

Hal Yang Saya Rindukan Saat Buka Bersama Keluarga

Assalamualaikum sahabat Dwipita,
Alhamdulillah hari pertama puasa seneng banget rasanya. Walaupun saya nggak teraweh di Masjid karena alasan tertentu tapi saya bisa melaksanakan sholat Tarawih dan ditutup dengan sholat Witir 3 rokaat. Suatu pencapaian yang luar biasa bagi saya jika dibandingkan tahun lalu, karena awal Ramadhan saja saya tidak melaksanakan sholat Tarawih.


Alhamdulillah Allah masih sayang sama saya. Saya diberikan semangat yang luar biasa untuk tetap melaksanakan sholat Tarawih di rumah bersama anak saya. Sedangkan suami saya sholat Tarawihnya di masjid. Mungkin teman-teman ada yang bertanya mengapa saya nggak sholat Tarawih di masjid? Alasan saya adalah karena saya menjaga anak saya. Saya khawatir kalau saya paksakan sholat di masjid, anak saya malah mengganggu jamaah sholat. Soalnya anak saya nggak bisa diam dan pakai gedor-gedor pintu masjid. Waduh bisa-bisa saya di komplain sama jamaah yang lain.


Setelah sholat Tarawih dan Witir pun saya masih semangat membaca Alquran. Padahal setahun lalu kadang memilih langsung tidur atau nonton TV. Atau kadang langsung megang hape sambil sosmed-an. Kalau ingat tahun lalu... Ya Allah teramat banyak dosa dan perbuatan sia-sia saat Ramadhan tiba namun sekarang saya akan usahakan untuk lebih mendekatkan diri lagi.



Ngomongin puasa, hal yang bikin saya rindu adalah saat buka bersama keluarga. Waktu masih zaman ABG saya tinggal bersama mbah laki dan mbah perempuan di desa yang nyaman banget menurut saya. Bulan puasa adalah bulan yang saya rindukan mengingat kenangan buka bersama keluarga. Entahlah mengapa kenangan buka bersama keluarga itu masih tersimpan rapi di otak saya. Mungkin karena kenangan tersebut kenangan yang indah yang saya miliki bersama keluarga.

Jangan tanya ngabuburit saya kemana, karena ngabuburit saya waktu di desa hanya di teras rumah sambil sekali-kali jalan kaki sambil melihat sawah. Bersyukur banget setelah berkeluarga punya jadwal ngabuburit walau tak tiap hari. Ngabuburit asyik saya waktu itu di Masjid. Hehehe..


Menu hidangan buka puasa  bersama yang saya ingat adalah sate kerang. Sate kerang bikinan mbah perempuan. Saya memanggil sebutan emak untuk mbah perempuan saya. Beliau ibunya ibu saya, sejak kecil saya tinggal bersama mbah dan saudara perempuan ibu yang begitu dekat dengan saya. Biarlah kedekatan itu hanya saya yang tahu... Bagaimana damainya saya saat berada disampingnya. Saya memanggil saudara ibu dengan panggilan Lek.


Hal yang saya rindukan saat buka bersama keluarga di desa. Sambil duduk di teras rumah sambil mengamati pengendara sepeda maupun orang yang berjalan. Menunggu adzan Maghrib sambil bermain kartu ataupun nonton sinetron Ramadhan bersama Lek. Kenangan ABG saya yang berwarna apalagi saat bulan Ramadhan. Buka bersama yang kadang bikin saya tersiksa karena terlalu serakah menghabiskan makanan yang di meja. Akibatnya sholat Tarawih nggak konsen gara-gara perut yang penuh sesak dengan makanan.



Tapi ada momen buka bersama yang saya rindukan dan selalu saya kenang.

1. Momen buka bersama keluarga di desa sambil duduk di teras rumah. Sebelumnya sudah saya ceritakan di bagian atas.

2. Momen buka bersama teman-teman sekolah. Momen buka bersama ini sebenarnya sedikit mengingatkan saya bahwa ternyata masa putih abu-abu itu biasa aja menurut saya. Hahaha...

3. Momen buka bersama teman-teman kos di rumah kosan. Inilah yang sebenarnya juga saya rindukan selain buka bersama keluarga karena saat itu teman kos adalah keluarga saya. Kami sama-sama berada di perantauan demi mencari ilmu. 

4. Momen buka bersama keluarga kecil saya yaitu bersama suami dan anak saya. Sudah 4 kali Ramadhan saya merasakan puasa bersama anak saya sedangkan bersama suami sudah 8 kali Ramadhan.

Saya berharap di bulan Ramadhan tahun ini saya tetap istiqomah mengejar pahala puasa sebanyak-banyaknya.

Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Saya jadi kangen momen-momen ramadan pas kecil. seru banget soalnya selalu berkesan mulai dari nunggu beduk magrib, tarawih, malam lailatul qodar sampai kuliah shubuh

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)