7 Tips Memilih Travel Umroh Yang Aman

Assalamualaikum sahabat Dwipita,

Alhamdulillah hari ini saya bahagia sekali, seorang sahabat lama tiba-tiba menghubungi saya by phone untuk kangen-kangenan. Selain itu dia juga minta do'a kepada saya agar perjalanan Umrohnya lancar beberapa bulan lagi bersama suami dan anak-anaknya. Dia ikut travel Umroh langganan keluarganya dengan Paket Umroh November. Saya sangat senang mendengar sahabat saya bisa berkunjung ke tanah suci dan saya pun balik minta do'a kepadanya semoga saya bisa berkunjung ke Baitullah juga bersama keluarga saya.



Umroh memang menjadi impian umat Islam untuk melihat langsung kiblat mereka. Pengalaman bahagia dari mereka yang sudah berpengalaman Umroh menjadi cambuk tersendiri bagi saya untuk selalu berdo'a kepada Allah agar bisa melihat Ka'bah secara langsung. Jangan pernah putus asa teruslah berdo'a karena kita tak tahu kapan do'a itu akan dikabulkan.

Ngomongin Umroh, pastinya kita juga harus jeli memilih Travel yang terpercaya. Berikut tips memilih travel Umroh atau Haji 

1. Travel Umroh dan Haji Harus Terdaftar Di Kementerian Agama

Untuk dapat terdaftar secara resmi di Kementerian Agama, Travel Umroh harus sudah terdaftar secara resmi di Kementrian Agama dan memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan dan memiliki surat-surat izin. Berikut surat-surat izin yang harus dimiliki Travel Umroh dan Haji :
  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • NPWP Perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • SK Menteri Kehakimah: Akta Pendirian Perusahaan
  • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Haji Khusus)
  • SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh)
  • Sertifikat Anggota Amphuri
  • Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI

2. Alamat Kantor Travel Harus Jelas

Sebelum kita tentukan akan memilih jasa travel yang mana, pastikan lakukan survei atau pengecekan kantor travel yang akan kita gunakan jasanya. Pastikan wujud kantornya ada dan bisa dipercaya. Jangan sekali dua kali mengeceknya untuk menghandiri kantor travel bodong. Jika kantornya sudah jelas, misal ada apa-apa kita bisa komplain langsung mendatangi kantornya.

3. Harga Murah Bukan Jaminan

Tetap waspada saat akan memilih travel yang menawarkan paket perjalanan ibadah Umroh atau Haji dengan harga yang murah, bahkan saking murahnya hingga tidak masuk akal. Namun, menawarkan fasilitas kelas satu selama perjalanan. Ada harga ada rupo, ingat selalu peribahasa ini. 

4. Rekam Jejak Travel Harus Bagus

Travel Umroh dan Haji yang baik dan dapat dipercaya pastinya memiliki rekam jejak yang bagus. Untuk melihat rekam jejak travel tersebut, kita dapat memperhatikan mulai tanggal didirikannya travel. Makin lama travel Umroh dan Haji didirikan, makin banyak pengalaman perusahaan tersebut dalam melayani jamaah.

Selanjutnya perhatikan sudah berapa kali travel menyelenggarakan perjalanan ibadah Umroh ataupun Haji. Semakin sering dan rutin perusahaan tersebut melakukan pemberangkatan jamaah, membuktikan bahwa travel tersebut mempunyai kredibilitas yang baik. Hal ini pastinya akan memberikan pelayanan yang memuaskan untuk perjalanan ibadah Umroh atau Haji.

5. Bertanyalah Kepada Yang Berpengalaman

Sebelum memilih dan menentukan travel Umroh dan Haji, ada baiknya bertanya kepada saudara atau teman yang pernah melakukan perjalanan ibadah Umroh dan Haji.

Tanyakan juga mengenai kepuasan fasilitas dan pelayanan yang diberikan jasa travel Umroh dan Haji tersebut


6. Fasilitas Yang Diberikan selama Ibadah Umroh/Haji dan Pembayaran Yang Jelas

Travel Umroh dan Haji yang baik pastinya akan terbuka mengenai fasilitas apa saja yang akan didapatkan dan fasilitas apa saja yang harus dibayar sendiri, karena tidak termasuk dalam fasilitas yang disediakan travel Umroh atau Haji.

Hal ini tentunya sebanding dengan harga yang harus kita bayarkan. Jadi pastikan kita memperhatikan fasilitas apa saja yang diberikan travel Umroh dan Haji tersebut agar kita tidak merasa kecewa nantinya.

Travel Umroh dan Haji yang resmi umumnya selalu menggunakan jasa perbankan untuk segala transaksi pembayaran. Pastikan travel Umroh dan Haji yang dipilih memiliki rekening atas nama perusahaan dan bukan atas nama pribadi. Berhati-hati jika menemui travel Umroh dan Haji yang meminta untuk melakukan pembayaran ke rekening pribadinya.


7. Adanya Pembimbing Ibadah Umroh Atau Haji

Pastikan travel yang dipilih telah menyediakan pembimbing ibadah Umroh atau Haji yang akan menemani selama perjalanan ibadah di Tanah Suci. Keberadaan pembimbing sangat penting bagi Jamaah. Dengan pembimbing yang selalu menemani maka kita tidak kesulitan saat beribadah terutama dalam mengarahkan kita dalam memenuhi rukun Umroh atau Haji, memandu saat kita berkunjung ke tempat wisata, bahkan pembimbing dapat menjadi penerjemah saat berkomunikasi dengan penduduk setempat. Intinya Pembimbing itu sangat kita butuhkan, apalagi kita belum berpengalaman Umroh atau Haji.



Tips diatas akan saya terapkan juga dalam mencari travel Umroh Promo suatu hari nanti. Keinginan ke Baitullah semakin menjadi dan semoga Allah memanggil saya danmkeluarga untuk melaksanakan ibadah ini. Ibadah yang sangat diimpikan oleh seluruh umat Islam yang bertaqwa.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)