Mulut Orang Berpuasa Kok Bau Ya, Ada Yang Tahu Kira-Kira Apa Penyebabnya?

Mulut Orang Berpuasa Kok Bau Ya?

Tidak hanya orang yang berpuasa saja yang mulutnya bau tapi orang yang bangun tidur pun mulutnya juga akan bau. Sebenarnya tidak hanya 2 aktivitas ini yang menyebabkan mulut bau namun pastinya setelah memakan makanan yang berbau mulut kita juga akan tertular bau. Misalnya nih, orang yang habis makan jengkol maka bau mulutnya juga berbau jengkol, orang yang makan ikan asin maka bau mulutnya akan berbau ikan asin, orang yang makan durian maka bau mulutnya akan berbau durian.




Orang berpuasa akan memiliki bau mulut yang khas sesuai kesehatan dan kebersihan gigi dan mulutnya. Oleh sebab itu disarankan bagi orang yang berpuasa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulutnya agar bakteri tidak berkembang sehingga menyebabkan bau mulut. Yakinlah... bau mulut itu sangat merusak konsentrasi dan menurunkan kadar kepedean kita loh.


Orang yang berpuasa cepat sekali bau mulut disebabkan karena mulut tidak melakukan aktifitas seperti makan ataupun berbicara. Jadi orang berpuasa mengapa cepat sekali bau mulut karena mereka banyak diamnya dan menyebabkan kadar air liur berkurang sehingga menyebabkan terjadinya bau mulut.

Penyebab lain bau mulut itu biasanya karena ada sisa makanan yang bersembunyi di balik gigi dan cara yang bisa membantu untuk mengangkat sisa makanan tersebut adalah dengan cara menggosok gigi. Oleh sebab itu, setelah sahur sangat dianjurkan untuk segera menggosok gigi agar bakteri tidak berkembang. 

Nggak mau kan kita menyiksa lawan bicara kita dengan bau mulut, walaupun lawan bicara kita juga sama-sama memiliki bau mulut masak tega sih kita memberikan hawa seperti itu pada mereka. Hahaha...




Bau mulut yang tidak enak umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Namun pada saat berpuasa bau mulut tersebut muncul karena terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri atau kebersihan gigi kurang.


Kita bisa memakai obat herbal yaitu dengan berkumur menggunakan rebusan daun sirih. Secara rutin setiap pagi dan malam. Daun sirih bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Mulut pastinya akan terjaga kebersihan dan kesehatannya. Namun jangan khawatir karena bau mulut orang yang berpuasa ternyata lebih harum. Ini dibuktikan dengan Hadist berikut :
Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk (H.R Bukhori dan H.R Muslim)
Yuk kita sama-sama menjaga kebersihan gigi dan mulut kita agar terhindar dari bau mulut saat berpuasa. Dan janganlah dengan berpuasa menjadi halangan bagi kita untuk beraktivitas. Mumpung bulan Ramadan perbanyaklah aktivitas yang positif karena segala perbuatan kita akan dilipatgandakan pahalanya.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)