6 Kegiatan Ini Mengisi Waktu Saya Selama Ramadan

Mengisi waktu selama Ramadan ini penting banget loh, apalagi saya yang seharian dirumah bersama anak. Jujur, dirumah itu membosankan kalau saya nggak punya kegiatan dan sendirian. Beda dengan pak suami yang tiap hari kerja dan doi bisa mengisi waktunya dengan berbagai pekerjaan dan juga masih bisa ngobrol ngalor ngidul bersama temannya.

Saya harus senang dengan datangnya bulan Ramadhan ini karena segala perbuatan yang bernilai ibadah insyaallah pahalanya berlipat-lipat. Persiapan menyambut bulan Ramadhan pun harus dipersiapkan dari awal untuk menghormati bulan yang suci ini.



Alhamdulillah saya masih punya partner dirumah, yaitu anak lanang saya masih balita. Nggak kebayang kalau dia nanti sudah sekolah, pasti deh saya kesepian. Sepertinya program nambah anak harus segera terealisasi di tahun ini agar saya masih bisa menyibukkan diri. Hahaha...



Kira-kira tambah riweuh nggak ya kalau anak lebih dari 1? Kalau saya pribadi nih dengan hadirnya anak ditengah keluarga akan menambah bahagia, ramai, dan pastinya tambah kompak. Nggak tahu kalau pendapat Marimar seperti apa. Hehehe...


Terus, apa nih yang akan saya lakukan untuk mengisi waktu selama Ramadan.

1. Pertama saya akan mengaji dan menuntaskan membaca Al Qur'an di waktu Subuh dan Duha. Biasanya kegiatan ini hanya butuh 1 jam saja. Kalau tidak bisa mengaji di waktu Subuh dan Duha maka saya akan mengambil waktu diantara Duhur dan Ashar. Amalan di bulan puasa ini banyak banget loh sebenarnya tapi semuanya kembali ke diri kita, mampu nggak mengamalkannya.



2. Setelah itu saya akan mulai mengajak anak saya bermain. Entah bergurau, nonton tv, belajar mengaji, dan bikin prakarya. Kebanyakan sih bergurau di kasur uang berakhir tebak-tebakan dan kami pun tertidur bersama. Anak saya masih manja kalau mau tidur, minta dipeluk Mamanya.



3. Saya akan beberes rumah. Mulai dari merapikan tempat tidur. Cuci piring sisa piring kotor setelah sahur. Cuci baju dan langsung menjemurnya. Tak berhenti disitu karena saya akan melanjutkan menyapu dan mengepel lantai. Merapikan buku dan mainan anak saya yang berantakan di lantai. Melipat baju yang sudah kering dan siap dieksekusi ke dalam lemari. Kalau nggak capek biasanya saya akan melanjutkan menyiram tanaman tapi kalau udah nggak kelar maka jadwal siram tanaman di sore hari.



4. Menyiapkan bahan yang akan dimasak untuk persiapan buka puasa. Misalnya saya akan bikin dadar jagung makan jagung akan saya bersihkan, diiris pipilannya. Kemudian dicampur dengan beberapa bumbu yang nantinya siap untuk digoreng.

5. Kegiatan lainnya seperti sholat Sunnah Terawih nggak boleh terlewat kecuali bener-bener ada halangan. Ngaji sepertinya harus dan wajib demi tercapainya khatam 30 juz di bulan Ramadan ini.

6. Mantengin beberapa olshop yang recommended untuk melihat promo apa aja. Biasanya yang saya lihat kalau nggak baju ya kebutuhan rumah tangga. Tapi cuma banyak lihatnya daripada belinya.



Nah, itulah 6 kegiatan yang sering saya lakukan untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadhan. Semoga kegiatan yang saya lakukan bisa memberikan efek positif dan untuk masalah ibadah semoga bisa istiqomah dan ditingkatkan lagi. Amin...


Salam,
Dwi Puspita

1 comment:

  1. Anak lebih dari 1 itu ga semengerikan yang dibayangkan sih. Kebetulan jarak dengan kakak 5 tahun jadi kakanya udah ngerti meskipun sering perang rebutan sesuatu:)

    ReplyDelete

Yuk berkomentar :)