Manfaat Mengikuti Try Out Online Gratis

Try Out Online Gratis Sangat Membantu

Saat ini adik saya sudah berada di tingkat akhir SMA, saya rasa dia sudah harus lebih serius dan tidak main-main lagi dalam belajar. Adik saya pun tidak hanya mengandalkan materi dari sekolahnya saja. Dia harus mencari sumber materi lain sebagai penunjang materi di sekolah. Baik pinjam diperpustakaan, beli buku, atau pinjam kepada kakak kelasnya.



Beberapa hal sudah mulai dia jalani diantaranya, mengikuti bimbel setelah pulang sekolah, membeli buku-buku materi dan soal-soal Try Out serta mencari-cari tambahan soal dari internet. Tapi entah mengapa kadang ada saja hal yang membuat dia merasa semua kegiatan yang sudah dia lakukan masih banyak kekurangannya, diantara sebagai berikut :

Halangan pergi ke bimbel

Kegiatan sekolah yang sangat padat kadang membuat waktu pulang sekolah adik saya juga tersita, maka beberapa kali dia tidak bisa datang ke bimbel. Begitu pula dengan cuaca saat ini yang sulit ditebak. Ketika siang hari di sekolah sangat panas tapi ketika dia ingin pergi ke bimbel di sore hari lalu turun hujan yang sangat lebat. Kadang walaupun sudah berada di bimbel lalu mengikuti kelas, dia merasa lelah dan mengantuk. Mungkin karena seharian sudah belajar di sekolah.

Try Out hanya beberapa kali

Bagi adik saya mengerjakan latihan soal-soal ujian seperti Try Out sangatlah efektif, karena pepatah yang mengatakan “bisa karena biasa” itu sangat benar. Menurut saya walaupun materi sebanyak apapun sudah kita kuasai, tapi kita tidak biasa dengan jenis soal itupun akan membuat kita membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakan soal. Maka saya rasa adik saya sangat membutuhkan banyak latihan soal.

Tetapi, Try Out di sekolah dan di bimbel waktu dan banyaknya sudah ditentukan, misalnya 3 sampai 4 kali sebelum ujian. Menurutnya Try Out berkala yang hanya dilakukan beberapa kali ini sangatlah kurang. Sedangkan jika dia mengerjakan sendiri dari buku-buku yang dia beli, dia merasa ketika pembahasan sepertinya dia butuh pembimbing dari orang yang lebih mengerti. Maka dia sangat membutuhkan Try Out yang lebih sering lagi dan pembahasan soal yang rinci.

Biaya tambahan untuk Try Out tambahan 

Beberapa bimbel atau sekolah lain kadang mengadakan Try Out yang pesertanya boleh diikuti oleh orang umum. Ya memang Ini lumayan membantu untuk adik saya mengikuti tambahan latihan soal, tapi kadang Try Out ini memerlukan biaya atau dipungut biaya. Dan kadang karena lokasinya yang jauh membuat dia mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi kesana. 

Lalu dia pun mencari-cari solusi terbaik untuknya yang sedang mencari tambahan latihan soal untuk ujian. Adik saya pun menemukan aplikasi bimbel online yaitu Ruangguru. Pertama kali adik saya mengetahui aplikasi ini adalah dari temannya, tapi dia belum minat untuk mencari, lalu ketika Ruangguru mengeluarkan iklan dengan Iqbal sebagai bintangnya.



Adik saya pun mulai mencari tahu dengan mendownload aplikasinya. Ternyata setelah dia download, di dalamnya ada yang dia cari yaitu try out online gratis. Kelebihan try out online gratis dari Ruangguru ini sangat banyak, diantaranya 

1. Tampilan seperti UNBK

Selain jenis soal bentuk soalnya pun dibuat serupa dengan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang sebenarnya

2. Pembahasan rinci

Kita dapat memahami hasil pengerjaan soal kita karena terdapat penjelasan yang rinci dan analisisnya berdasarkan topik, jadi kita bisa mengetahui topik materi apa yang harus kita tingkatkan lebih lanjut. 


Jujur semenjak adik saya mengenal aplikasi Ruangguru ini dan mengikuti try out online gratis disana dia lebih fleksibel dalam waktu untuk mengerjakan soal Try Out di mana pun dan kapan pun, selain itu karena gratis maka dia dapat menghemat biaya orang tua kami.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)