Amalan Yang Bisa Kalian Kerjakan Di Bulan Puasa

Alhamdulillah... masih konsisten one day one juz pun demikian dengan one day one post. Masyaallah, rasanya senang sekali kalau sudah selesai ngaji 1 juz, semangat di awal dan harus semangat sampai akhir Ramadan. Apakah teman-teman juga masih semangat seperti saya? Target saya memang 30 juz harus kelar di bulan Ramadan ini, pun dengan challenge 30 hari blogpost saya. Semuanya memang butuh tantangan kok dan memang harus dipaksa.

Pernah saya ngerapel tulisan sampai 4 blogpost challenge Ramadan ini gegara banyak job. Ceileeee yang banyak job kali... 
Alhamdulillah ternyata bisa juga, walaupun semuanya berbau curhat yang geje ala keseharian saya. Terus, saya pun pernah ngerapel ngaji sampai 2 juz dalam sehari karena bayar hutang selama saya halangan. Pokoknya inti dari semuanya saya harus kelar 30 juz dan 30 post.

Di bulan piasa ini sebenarnya banyak sekali amalan yang bisa dikerjakan. Itung-itung menambah pundi-pundi pahala, kan selama bulan Ramadan segala perbuatan baik kita pahalanya berlipat ganda. So pasti mari kita kerjakan amalan itu dengan sungguh-sungguh.

Banyak sekali amalan yang bisa dikerjakan selama bulan Puasa untuk menambah pundi-pundi pahala, antara lain :

1. Membaca Al Qur'an

Membaca Al Qur'an bisa kita lakukan sebelum dan selesai sholat. Agar misi tercapai sehari 1 juz, maka hal yang bisa lakukan adalah 1 lembar sebelum sholat dan 1 lembar sesedah sholat. Sholat fardhu ada 5 kali, so kita bisa membaca Al Qur'an sebanyak 10 lembar dalam sehari alias 1 juz. 



2. Dari pada bengong, yuk menghafal surah-surah pendek

Nggak ada gunanya bengong, ngelamun, bersantai. Daripada bengong yuk sambil menghafal beberapa surah pendek, insyaallah sehari 1 surat pendek kelar juga kok. Surah pendek ini bisa kita dapatkan di juz 30. Pasti segala usaha akan dimudahkan ya gaes...

3. Berbagi takjil atau sedekah

Jika kita merasa mampu untuk berbagi maka lakukan. Berbagi di bulan Ramadan ini pahalanya akan berlipat ganda loh, dengan berbagi takjil contohnya. Kita bisa berbagi takjil di jalan, bisa berbagi takjil ke musholla atau masjid di tempat tinggal kita. Insyaallah apa yang kita berikan kepada mereka yang berpuasa akan mendapatkan ganjaran dari Allah. Ingat! Harus ikhlas yang berbaginya, bukan karena riya ingin dapat pengakuan dari manusia.



4. Bersih-bersih rumah sambil berdzikir

Karena saya mom stay at home, so pasti kerjaan saya banyak dirumahnya. Rumah adalah kantor bagi saya. Saya akan menulis sesuai permintaan klien maupun job yang datang menghampiri setelah pekerjaan itu beres maka saya akan segera beres-beres rumah. Beres-beres rumah adalah rutinitas yang setiap hari saya kerjakan baik di bulan Ramadan maupun bukan bulan Ramadan. Biar dapat pahala saat beberes rumah maka saya akan berdzikir semampu bibir saya berucap. Misal, Allahuakbar, Subhanallah, berkali-kali hingga bibir saya capek. Insyaallah... dengan berdzikir seperti itu hati saya tenang.



Oke deh, saya rasa 4 amalan di atas mudah banget untuk dikerjakan. Asalkan kita mampu dan ikhlas untuk mengerjakan segala amal perbuatan tersebut. Amal perbuatan baik yang kita kerjakan insyaallah tidak akan sia-sia selama kita ikhlas mengerjakannya dan berharap ridho dari Allah. Semoga puasa kita dan segala amal kita diterima oleh Allah. Amin.

Salam,
Dwi Puspita

No comments:

Post a comment

Yuk berkomentar :)